Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik


Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner. Fotografi seperti ini tentu saja menjadikan berbagai produk atau makanan tertentu sebagai objek utama. Diperlukan teknik terbaik untuk membuat hasil foto dari kuliner ini terlihat menarik. Semakin menarik hasil foto dari objek utama itu biasanya akan membuat orang lain tertarik untuk mencoba makanan itu. Hal ini sering diterapkan untuk seluruh foto yang diposting di Instagram maupun sosial media lainnya. Agar mendapatkan hasil foto makanan yang mengesankan tentu saja anda harus menguasai beberapa teknik fotografi untuk kuliner.

7 teknik fotografi untuk kuliner yang bisa dicoba dengan mudah

Anda memiliki banyak peluang untuk memaksimalkan teknik mudah agar foto kuliner terlihat menarik. Teknik ini bisa diterapkan pada banyak produk kuliner seperti makanan, minuman dan lainnya. Biasanya teknik ini digunakan beberapa resto atau pemilik produk kuliner untuk diposting di berbagai sosial media. Biasanya beberapa fotografer profesional akan menggunakan kamera sederhana untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Namun, anda juga bisa melibatkan perlengkapan fotografi dengan spesifikasi tinggi agar hasil foto yang diinginkan terlihat maksimal. Berikut ini ada 7 teknik fotografi untuk kuliner yang bisa dicoba dengan sangat mudah, seperti:

1. Pemanfaatan cahaya dengan ideal

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Cahaya memang menjadi salah satu bagian elemen yang sangat dibutuhkan pada penerapan teknik fotografi untuk kuliner. Komposisi pencahayaan yang ideal tentu saja akan disesuaikan dengan konsep foto dan objek utama yang akan diambil. Hal ini dianggap akan memberikan pengaruh sangat besar terhadap hasil foto yang anda inginkan. Selain itu, anda juga harus yakin bahwa pencahayaan itu juga sesuai dengan penyesuaian dari fitur yang terdapat pada kamera.

Pencahayaan yang netral menjadi salah satu bagian penting untuk mendapatkan foto terbaik. Bahkan, anda juga bisa menggunakan berbagai jenis kamera seperti dslr, pocket bahkan kamera dari smartphone. Keseimbangan pencahayaan yang baik akan mengurangi distorsi bayangan. Salah satu teknik yang bisa anda terapkan adalah dengan mengambil pencahayaan dari sisi samping.

2. Pilih objek kuliner yang menarik

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Objek utama memang memiliki pengaruh sangat besar terhadap hasil foto yang anda inginkan. Cobalah menggunakan objek kuliner yang memiliki tampilan menarik. Anda bisa mengambil beberapa pilihan objek seperti minuman dengan tampilan unik atau makanan yang memiliki komposisi warna cukup banyak. Ukuran dari objek utama seperti ini juga mempengaruhi anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Objek kuliner yang terdiri dari makanan atau minuman tentu saja tidak harus terlihat sangat mahal. Bahkan, anda juga bisa mengambil gambar dari telur yang digoreng dengan komposisi warna kuning dan putih dengan sangat sempurna. Tampilan seperti ini bisa menjadi contoh dari objek yang anda butuhkan. Semakin baik tampilan dari objek kuliner itu tentu saja anda akan semakin mudah mengambil momen terbaik.

3. Gunakan sudut pandang yang baik

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Inspirasi dari teknik fotografi untuk kuliner lainnya yang bisa anda terapkan dengan menggunakan sudut pandang terbaik. Cara seperti ini tentu saja akan memberikan kemudahan pada tampilan objek utama. Detail angle yang menarik biasanya lebih mudah mempengaruhi orang lain untuk mencoba produk kuliner itu. Anda bisa menggunakan banyak sudut pandang berbeda agar mudah membandingkan berbagai rekomendasi foto.

Sudut pandang dari objek utama yang digunakan biasanya melibatkan beberapa elemen. Pencahayaan, bayangan, ukuran objek hingga pola warna yang diambil harus anda pertimbangkan. Anda harus tahu bahwa perhitungan sudut dari setiap sisi dari objek kuliner itu akan memudahkan anda mendapatkan konsep tiga dimensi. Beberapa pilihan sudut yang bisa anda gunakan seperti 10 derajat hingga 45 derajat. Masing-masing dari angle ini akan menampilan detail foto yang berbeda.

4. Segera bidik objek kuliner dengan cepat

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Metode penyajian dari objek kuliner seperti makanan dan minuman tertentu biasanya dilakukan dengan cepat. Momen seperti ini harus dibidik dengan segera. Apalagi ada beberapa sisi dari makanan atau minuman itu yang memang akan berubah dalam waktu cukup cepat. Anda harus mengambil momen itu dengan menggunakan teknik angle yang berbeda. Selain itu, gunakan berbagai komposisi agar makanan terlihat sangat mengesankan. Biasanya beberapa fotografer profesional akan menggunakan efek tambahan seperti kapas untuk mendapatkan efek asap hingga minyak zaitun agar makanan atau minuman terlihat mengkilap.

5. Coba fokus pada detail objek utama

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Pada objek kuliner anda akan mendapatkan berbagai pilihan titik fokus. Hal ini mungkin akan membuat sebagian dari anda terlihat sangat bingung untuk menentukan titik fokus ideal. Selain itu, cobalah untuk menentukan batas titik fokus ideal pada foto ini. Konsep ideal yang bisa anda pertimbangkan biasanya hanya menggunakan 3 titik fokus saja. Pola seperti ini tentu saja harus diintegrasikan dengan berbagai komposisi.

Masing-masing dari objek kuliner seperti makanan tertentu biasanya memiliki titik fokus berbeda. Ukuran dari objek makanan itu juga akan mempengaruhi anda untuk menentukan titik fokus terbaik. Beberapa saran dari fotografer profesional biasanya menggunakan sisi terluar dari objek makanan, hiasan makanan hingga bagian dari tengah makanan. Cara seperti ini untuk mendapatkan kolaborasi titik fokus yang tidak terlalu berlebihan. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan komposisi warna dan pencahayaan agar mengurangi distorsi.

6. Gunakan latar dengan konsep netral

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Teknik lain untuk mendapatkan hasil foto kuliner yang menakjubkan adalah penggunaan background. Anda harus melibatkan background netral untuk membuat tampilan dari objek utama terlihat mengesankan. Apalagi konsep netral yang digunakan tentu saja memberikan pengaruh terhadap warna asli dari objek utama. Biasanya background netral ini bisa anda dapatkan dengan menggunakan kertas atau kain putih. Selain itu, pilihan lain dari background ini juga bisa melibatkan warna lain agar objek utama bisa terlihat sangat menarik.

Untuk menerapkan integrasi ideal pada seluruh bagian background tentu saja anda akan membutuhkan pencahayaan yang tidak berlebihan. Cara seperti ini bisa anda gunakan agar hasil dari foto makanan atau minuman terlihat baru dan segar. Jarak antara background dan objek utama sebaiknya tidak terlalu dekat.

7. Terapkan editing untuk foto kuliner

 Saat ini sudah mulai berkembang fotografi yang mengambil konsep kuliner Inspirasi teknik fotografi untuk kuliner agar terlihat menarik
Editing memang diperlukan untuk mendapatkan hasil akhir dari foto kuliner. Bahkan, beberapa perangkat foto seperti dslr hingga smartphone juga sudah dilengkapi dengan fitur editing. Konsep editing yang sebenarnya dibutuhkan adalah menghapus seluruh distorsi di beberapa bagian dari objek utama. Bahkan, editing juga bisa melakukan perubahan warna dari beberapa sisi.
Hal yang harus anda ingat adalah terapkan editing yang sewajarnya. Anda bisa menggunakan beberapa software editing foto yang membuat hasil terlihat menarik. Tambahkan juga beberapa efek yang memberikan tampil mengesankan dari objek foto itu. Editing yang diterapkan untuk objek kuliner seperti ini kadang-kadang akan mempengaruhi kualitas resolusi saat anda posting di sosial media.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel