Procedure Text: Penjelasan & Contoh, UPDATE 2018!!!

Procedure Text - Pernahkah kalian memasak mie instant sendiri, apa langkah awalnya, rebus air hingga mendidih, masukan mie, tunggu hingga matang, tuang ke mangkuk, campurkan bumbu dan terakhir siap untuk disantap. Langkah-langkah atau instruksi dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang sering kita lakukan tersebut sebenarnya merupakan salah satu contoh penerapan dari Procedure Text. Tidak cuma pada saat membuat mie instant saja, banyak hal lain yang kita lakukan sebenarnya menggunakan penerapan procedure text.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini Belajar Bahasa Inggris akan mencoba menjelaskan apa itu procedure text, apa itu fungsinya, dan bagaimana cara membuatnya. Tentunya penjelasan mengenai procedure text saja tidak lah cukup, maka dari itu kami sempurnakan dengan adanya contoh untuk di pahami. Mari langsung saja baca penjelasan berikut.  Semoga bermanfaat. Check this out!!!



 Pernahkah kalian memasak mie instant sendiri Procedure Text: Penjelasan & Contoh, UPDATE 2018!!!
Procedure Text: Penjelasan & Contoh | http://www.IndoINT.us

A. Pengertian Procedure Text


Apa itu Procedure Text? Procedure Text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.


B. Tujuan Komunikatif Procedure Text


Tujuan Komunikatif dari Procedure Text adalaha memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang urut.


C. Generic Structure Procedure Text


Struktur kebahasaan dari Procedure Text terdiri dari 3 bagian, yaitu:


1. Aim/ Goal (Tujuan)

Pada struktur kebahasaan bagian pertama dari Procdeure Text ini berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan atau pengoprasian sesuatu.

2. Materials (Bahan-bahan)

Pada bagian ke-dua, Materials terdiri dari bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Tapi tidak semua Procedure Text menyertakan bagian materials, adakalanya sebuah Procedure Text tidak memiliki bagian materials.

Ada tiga jenis Procedural Text yang tidak menggunakan bagian materials, yaitu:

  • Procedural Text yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana cara melakukan instruksi secara manual. Contohnya : How to use the video game, the computer, the tape recorder, atau the fax, etc.
  • Procedural Text yang menginstruksikan bagaimana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan peraturanya. Contohnya : raod safety rules, atau video game rules, etc.
  • Procedural Text yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Contohnya How to live happily, atau How to secceed.

3. Steps (Langkah-langkah)
Pada bagian steps, berisi tentang langkah-langkah atau urutan-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang diuraikan pada bagian Aim/ Goal bisa tercapai. Langkah-langkah atau urutan-urutan tersebut haruslah urut dari yang pertama hingga terakhir. Untuk menunjukan urutan suatu tahapan, biasanya dalam membuat procedure text menggunakan adverbs seperti the first, the second, the third, the last, etc. dan menggunakan conjunctions seperti then, while, etc.

D. Ciri-ciri Procedure Text


Terdapat beberapa ciri kebahasaan dalam Procedure Text, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan pola kalimat imperative (perintah), misalnya, cut the carrots into pieces, put the sugar on the cup, boil the water, etc. 
  • Menggunakan action verbs, misalnya cut, put, boil, etc. 
  • Menggunakan conjunctions (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dsb. 
  • Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 hours, dsb. 
  • Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk menyatakan tahapan atau urutan, misalkan the first, the second, the third, the last, etc.
  • Menggunakan simple present.

E. Contoh Procedure Text


Berikut adalah contoh singkat procedure text beserta terjemahannya tentang cara menanami cabai.


How to Plant Chilies

Aim / Goal

Planting chilies is really easy. Not only easy, planting chilies is also useful to get fresh and hygienist chilies from our own garden. My mom plants several chili-plants in my house backyard. She thinks that planting chilies can save some money because the price of chilies in the market is so high. 

Martials

Before we plant chilies, we need to prepare several things such as chili seeds, small spade, compost, and vessels. After all tools and materials have been prepared, then we begin to plant some chilies.

Steps

First, get a handful of chili seeds. Make sure you have already dried it under the sunlight. Second, make small hole on the soil by using the small spade and put the seeds on it then close with soil. Make sure to put it on the open area. Next, wait for several day until it come out the sprout. Finally, take the sprout off the soil and put it on the vessel which full of soil and compost. The sprout will grow bigger and yield us some fresh chilies. Make sure to watering the plant regularly. 

Terjemahan:



Menanam cabai merupakan hal yang mudah dilakukan. Tidak hanya mudah, menanam cabai juga berguna untuk mendapatkan cabai yang masih segar dan heginis dari kebun kita sendiri. Ibu ku menanam beberapa pohon cabai di balakng rumah ku. Ibu ku pikir menanam cabai dan menghemat uang karena harga cabai di pasar sangatlah mahal. 

Sebelum kita menanam cabai, kita harus menyiapkan beberapah hal seperti biji cabai, skop kecil, pupuk kompos, dan pot. Setelah semua peralatan dan bahan-bahan telah disiapkan, kemudian kita mulai untuk menanam beberapa cabai.


Pertama, ambil segengam biji cabai. Pastikan kamu sudah mengeringkannya di bawah sinar matahari. Ke dua, buatlah lubah kecil di tanah dengan menggunakan skop kecil tadi dan letekan biji cabai itu di dalamnya kemudian tutup dengan tanah. Pastikan untuk menanamnya di lahan yang terbuka. Selanjutnya, tunggulah beberapa hari samapi keluar tunasnya. Terakhir, ambil lah tunas tersebut dan letakan ke dalam pot yang sudah berisi campuran tanah dan pupuk kompos. Tunas tersebut akan tumbuh menjadi besar dan akan menghasilkan beberapa cabai yang masih segar. Pastikan untuk selalu menyirami tanaman tersebut secara teratur.

Bagi sobat yang masih penasaran tentang procedure text dan ingin mencari contoh procedure text yang lainnya, berikut ini kami hadirkan beberapa contoh procedure text yang tentunya disertai juga dengan terjemahannya:



Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas tentang penjelasan dan contoh Procedure Text, semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

Referensi:
Sumber_1

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel