KISI-KISI USBN SMA/MA 2017 MAPEL ANTROPOLOGI
Wednesday, March 1, 2017
Di bawah ini adalah tabel KISI-KISI USBN SMA/MA 2017 MAPEL ANTROPOLOGI Kurikulum 2013.
Anda dapat mendownloadnya langsung jika tidak ingin membaca di halaman ini.
DOWNLOAD KISI-KISI USBN 2017 MAPEL ANTROPOLOGI DISINI
Sumber http://www.informasiguru.com/
Anda dapat mendownloadnya langsung jika tidak ingin membaca di halaman ini.
DOWNLOAD KISI-KISI USBN 2017 MAPEL ANTROPOLOGI DISINI
Level Kognitif | Konsep dasar, Kajian Antropologi | Kajian budaya | Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan | Iptek dan globalisasi | Penelitian Kualitatif dan Etnografi |
---|---|---|---|---|---|
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membandingkan Menjelaskan | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang : - konsep dasar antropologi - kajian antropologi - manfaat antropologi | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - wujud budaya, Unsur-unsur budaya, nilai-nilai budaya, keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan/ seni, | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - Bahasa - Dialek - Tradisi lisan - keragaman bahasa/dialek/tradisi lisan | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - Iptek dan globalisasi | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - Stdudi etnografi tentang kesamaan dan kergaman budaya, bahasa, dialek dan tradisi lisan - Metode penelitian kualitatif |
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - Stdudi etnografi tentang kesamaan dan kergaman budaya, bahasa, dialek dan tradisi lisan - Metode penelitian kualitatif | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - Manfaat antropologi dalam mengkaji kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa - kajian antropologi dalam bentuk perilaku menyimpang atau subkebudayaan menyimpang di masyarakat | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - Budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, dan hubungan antarbudaya - Internalisasi nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk kepribadian dan karakter - Gejala melemahnya nilai-nilai budaya tradisional dalam masyarakat - Sikap/toleransi terhadap keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan - Dampak perilaku keagamaan - Dampak potensi seni | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - Peran budaya, bahasa, dialek dan tradisi lisan di Nusantara dalam membangun masyarakat multikultur - Keragaman bahasa/ dialek/tradisi lisan - Pemetaan bahasa/ dialek/tradisi lisan - Penyebaran bahasa, dialek dan tradisi lisan | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - Strategi dalam mempertahankan nilai-nilai budaya di tengah-tengah globalisasi - Perubahan sosial budaya dalam masyarakat multikultural di tengah perkembangan iptek dan globalisasi | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - Rancangan penelitian sederhana budaya lokal, budaya nasional, pengaruh budaya asing dan hubunga antar budaya - Melaksanakan penelitian etnografi - Mengkomunikasikan hasil penelitian etnografi |
Penalaran Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual Memecahkan masalah | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - Konsep-konsep dasar antropologi dalam memahami kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang : - Keterkaiatan antarbudaya lokal, budaya nasional dan budaya asing - Kesetaraan dan perubahan sosial dalam masyarakat multikultural | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang:- Keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek dan tradisi lisan di Nusantara - Persamaan dan Perbedaan bahasa/ dialek /tradisi lisan di masyarakat setempat | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - Masalah terkait dengan kesetaraan dan perubahan sosial budaya dalam masyarakat multikultural - Masalah sosial budaya sebagai pengaruh perkembangan iptek dan globalisasi | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - Penelitian etnografi - Mengolah hasil studi etnogarafi |