Latihan Soal UN | Menyimpulkan Isi Tersirat dalam Cerpen/Fabel
Friday, January 13, 2017
Isi tersirat dalam cerpen/fabel adalah nilai atau makna yang tersembunyi di dalam teks. Isi tersirat tersebut akan diketahui ketika selesai dibaca. Isi tersirat dalam teks cerpen/fabel seperti nilai moral, nilai sosial, nilai pendidikan, dll.
Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat dalam Cerpen/Fabel
1. Bacalah teks berikut!
Tiba-tiba aku terkenang masa laluku. Masa dua tahun yang lalu. Saat itu aku mempunyai seorang sahabat, seorang bocah sebayaku, yang bernama Adiet. Saat itu kakiku masih mampu tegak berdiri. Masih mampu berlari cepat. Aku belum lumpuh seperti sekarang ini.
Adiet yang baik, ia selalu mengajak aku ke mana pun ia pergi. Misalnya, saat ia piknik bersama ayah, ibu, dan seorang adiknya.
“Besok kami akan ke Cibodas kau mau ikut, San?” Ajak Adiet.
‘Besok?” aku seakan berpikir. Kulirik ibu yang saat itu berada di antara kami. Ibu tersenyum, tetapi hatiku bimbang.
Nilai moral yang terdapat pada teks tesebut adalah ....
A. Seorang sahabat senantiasa setia kawan.
B. Kita tidak pernah melupakan masa lalu.
C. Jangan memaksakan kehendak kepada teman.
D. Seseoang anak meminta izin pada ibu/orang tua.
2. Bacalah teks berikut!
Kira-kira seratus meter kakiku tersandung, lalu jatuh. Beberapa orang yang kebetulan ada di pinggir jalan mula-mula hanya menengokku. Tapi ketika aku tak bisa bangun, mereka datang menolongku. Bagaikan salah seorang dari keluargaku, mereka dudukkan aku.
Nilai moral yang terdapat pada teks tesebut adalah ....
A. menghargai orang lain
B. tolong-menolong
C. teguh pendirian
D. tidak peduli
3. Bacalah teks berikut!
Pagi-pagi Durahim dan kawan-kawannya sudah berkumpul di depan kawasan pengolahan bata. Mereka menunggu pemilik pabrik membuka pintu. Durahim bermain gendang dengan memukuli meja kayu reot di gardu itu. Ujang berjoget seirama gendang sambil menyanyi lagu dangdut. Mereka, para pengolah bata merasa terhibur walau hanya seperti itu.
Nilai sosial pada teks tersebut adalah ...
A. mencari hiburan dengan cara sederhana
B. bernyanyi untuk mencari kepuasan
C. bermain gendang menunjukkan kegemaran
D. menunggu pemilik pabrik sambil bergoyang
4. Bacalah teks berikut!
Pagi ini aku datang lebih awal di sekolah. Kucari Fauzi di kelas, tetapi dia tidak ada. Sampai lima menit sebelum bel masuk, Fauzi belum datang.
Bu Santi sudah datang dan mengabsen kami. Tak lama kemudian Fauzi datang.
“Selamat pagi Bu,” ucap Fauzi saat memasuki ruang. “ Selamat pagi juga, mengapa kamu terlambat lagi?” tanya Bu Santi.
“Saya tertidur Bu,” jawab Fauzi.
“Sudah sana ke tempat dudukmu dan keluarkan tugasmu!” Perintah Bu Santi.
Fauzi ternyata tidak mengerjakan lagi tugas yang diberikan Bu Santi. Bu Santi akhirnya memberi hukuman pada Fauzi.
Amanat yang terdapat dalam teks cerita tersebut adalah ...
A. Datanglah ke sekolah pagi-pagi sekali.
B. Jangan mau dihukum guru di pagi hari.
C. Ucapkan selamat pagi pada semua guru.
D. Taatilah perintah guru.
5. Bacalah teks berikut!
“Jika aku mendengar engkau berbicara tadi, seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu, “ kata Isye. “Akan tetapi, timbul keraguan lagi padaaku, apakah itu semua tidak permainan kata-kata saja padamu, lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba telah jadi kaya raya begini. Rasanya seakan menjijikkan orang-orang muda ikut tidak tahu apakah meski kulaporkan enkau , yon?”
Suyono terdiam menatap malam di depan kaca mobil. Dalam pikirannya timbul pengakuan “Enkau benar Is, engkau tahu aku, aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa, aku pun sudah kehilangan pengangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.
Amanat yang terdapat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hendaklah mengenal diri sendiri!
B. Hendaklah mengenal diri orang lain!
C. Hendaklah memperkaya diri sendiri!
D. Jangan berprasangka buruk pada orang lain!
Sumber http://basindon.blogspot.com/
Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat dalam Cerpen/Fabel
1. Bacalah teks berikut!
Tiba-tiba aku terkenang masa laluku. Masa dua tahun yang lalu. Saat itu aku mempunyai seorang sahabat, seorang bocah sebayaku, yang bernama Adiet. Saat itu kakiku masih mampu tegak berdiri. Masih mampu berlari cepat. Aku belum lumpuh seperti sekarang ini.
Adiet yang baik, ia selalu mengajak aku ke mana pun ia pergi. Misalnya, saat ia piknik bersama ayah, ibu, dan seorang adiknya.
“Besok kami akan ke Cibodas kau mau ikut, San?” Ajak Adiet.
‘Besok?” aku seakan berpikir. Kulirik ibu yang saat itu berada di antara kami. Ibu tersenyum, tetapi hatiku bimbang.
Nilai moral yang terdapat pada teks tesebut adalah ....
A. Seorang sahabat senantiasa setia kawan.
B. Kita tidak pernah melupakan masa lalu.
C. Jangan memaksakan kehendak kepada teman.
D. Seseoang anak meminta izin pada ibu/orang tua.
2. Bacalah teks berikut!
Kira-kira seratus meter kakiku tersandung, lalu jatuh. Beberapa orang yang kebetulan ada di pinggir jalan mula-mula hanya menengokku. Tapi ketika aku tak bisa bangun, mereka datang menolongku. Bagaikan salah seorang dari keluargaku, mereka dudukkan aku.
Nilai moral yang terdapat pada teks tesebut adalah ....
A. menghargai orang lain
B. tolong-menolong
C. teguh pendirian
D. tidak peduli
3. Bacalah teks berikut!
Pagi-pagi Durahim dan kawan-kawannya sudah berkumpul di depan kawasan pengolahan bata. Mereka menunggu pemilik pabrik membuka pintu. Durahim bermain gendang dengan memukuli meja kayu reot di gardu itu. Ujang berjoget seirama gendang sambil menyanyi lagu dangdut. Mereka, para pengolah bata merasa terhibur walau hanya seperti itu.
Nilai sosial pada teks tersebut adalah ...
A. mencari hiburan dengan cara sederhana
B. bernyanyi untuk mencari kepuasan
C. bermain gendang menunjukkan kegemaran
D. menunggu pemilik pabrik sambil bergoyang
4. Bacalah teks berikut!
Pagi ini aku datang lebih awal di sekolah. Kucari Fauzi di kelas, tetapi dia tidak ada. Sampai lima menit sebelum bel masuk, Fauzi belum datang.
Bu Santi sudah datang dan mengabsen kami. Tak lama kemudian Fauzi datang.
“Selamat pagi Bu,” ucap Fauzi saat memasuki ruang. “ Selamat pagi juga, mengapa kamu terlambat lagi?” tanya Bu Santi.
“Saya tertidur Bu,” jawab Fauzi.
“Sudah sana ke tempat dudukmu dan keluarkan tugasmu!” Perintah Bu Santi.
Fauzi ternyata tidak mengerjakan lagi tugas yang diberikan Bu Santi. Bu Santi akhirnya memberi hukuman pada Fauzi.
Amanat yang terdapat dalam teks cerita tersebut adalah ...
A. Datanglah ke sekolah pagi-pagi sekali.
B. Jangan mau dihukum guru di pagi hari.
C. Ucapkan selamat pagi pada semua guru.
D. Taatilah perintah guru.
5. Bacalah teks berikut!
“Jika aku mendengar engkau berbicara tadi, seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu, “ kata Isye. “Akan tetapi, timbul keraguan lagi padaaku, apakah itu semua tidak permainan kata-kata saja padamu, lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba telah jadi kaya raya begini. Rasanya seakan menjijikkan orang-orang muda ikut tidak tahu apakah meski kulaporkan enkau , yon?”
Suyono terdiam menatap malam di depan kaca mobil. Dalam pikirannya timbul pengakuan “Enkau benar Is, engkau tahu aku, aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa, aku pun sudah kehilangan pengangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.
Amanat yang terdapat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hendaklah mengenal diri sendiri!
B. Hendaklah mengenal diri orang lain!
C. Hendaklah memperkaya diri sendiri!
D. Jangan berprasangka buruk pada orang lain!