Apa Bedanya Descriptive Text dan Report Text?

Perbedaan Descriptive Text dan Report Text Descriptive dan report text merupakan dua jenis text yang tergolong kedalam teks description yaitu teks yang tujuan utamanya menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu, baik itu benda, hewan, tempat tumbuhan, atau apapun. Nah, seringkali, karena kedua teks tersebut hampir mirip, banyak siswa yang kesulitan membedakan mana yang descriptive text dan mana yang report text. Memang sih tidak banyak perbedaan diantara keduanya, tetapi mengetahui perbedaan akan membuat kita semakin paham tentang kedua jenis teks tersebut dan juga menghindari kita dalam membuat salah satu teks tersebut. Pada kesempatan kali ini akan menghadirkan penjelasan singkat mengenai perbedaan descriptive text dan report text. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Perbedaan Descriptive Text dan Report Text Apa Bedanya Descriptive Text dan Report Text?
Apa Bedanya Descriptive Text dan Report Text?

Seperti yang disebutkan di atas, antara descriptive text dan report text merupakan yang hampir mirip. Kedua teks tersebut memiliki tujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu. Dilihat dari generic structure dari keduannya juga tidak jauh beda. Descriptive text teridiri dari dua bagian yaitu identification dan description; sedangkan report text juga terdiri dari dua bagian yaitu general classification dan description. Dari segi ciri kebahasaan, kedua text tersebut juga tidak jauh beda. Baik descriptive text dan report text menggunakan present tense, linking verbs, dan adjective. Lalu, letak perbedaan diantara keduanya apa?

Perbedaan antara descriptive text dan report text terdapat pada deskripsi yang disajikan pada masing-masing text. Dijelaskan pada artikel sebelumnya (BACA: Penjelasan Descirptive Text), descriptive text dapat diartikan sebagai sebuah teks bahasa Inggris untuk mengggmbarkan seperti apa benda atau mahluk hidup yang kita deskripsikan, baik secara kenampakan, bau, suara, tekstur, jumlah, maupan sifat-sifatnya dari benda atau makhluk hidup tersebut. Artinya, deskripsi objek yang tertulis di descriptive text merupakan deskripsi yang diambil dari kenampakan, bau, suara, tekstur, jumlah, maupun sifat dari objek berdasarkan apa yang dilihat, didengar, dicium, dan dirasakan oleh si penulis.

Ketika kita ingin membuat descriptive text tentang Panda, misalkan, kita akan mengumpulkan informasi yang kita tahu tentang panda dari kenampakannya, bau, suara, tekstru, maupun sifat dari panda tersebut. Informasi tentang panda tersebut kita peroleh dari apa yang kita lihat, cium, dengar, maupun rasakan. Karena informasi yang disajikan pada deskripsi Panda tersebut berdasar pada apa yang kita tahu, deskripsi Panda di descriptive text pun tidak begitu spesifik hanya sebatas yang kita tahu saja. Perhatikan contoh berikut ini:

Pandas are bear-like animal which originally live in center and western part of China. Pandas have distinguish features that make them different other species of bear. Pandas have white thick fur which covers all of their body with black eyes patches, ears, nose, legs, shoulders, and arms. Those black marks make Pandas unique and different.

Like other species of bear, pandas have a big head, a short tail, rounded ears, and a long muzzle with a big nose. However, pandas’ diet is totally different with other species of bear; in which they prefer bamboos than others. Almost all of pandas’ diet consists of bamboos.

Contoh description dari descriptive text panda di atas hanya menyajikan informasi yang kita tahu tentang panda. Karena berdasarkan informasi yang kita tahu saja, deskripsi yang disajikan tidak terlalu dalam, hanya mencakup apa yang kita ketahui, yang mana pada contoh di atas hanya kenampakkan panda saja.

Dilain sisi, report text (BACA: Penjelasan Report Text)merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek (hidup/mati) dan fenomena-fenomena alam secara detail dan spesifik menurut penelitan atau observasi yang mendalam. Berbeda dengan descriptive text yang hanya menggambarkan objek dari informasi  yang kita tahu, report text manyajikan informasi secara detail dan specific menurut observasi atau penelitan yang mendalam. Untuk itu, ketika ingin membuat report text, terlebih dahulu kita mesti baca laporan penlitian atau observasi mendalam dari suatu objek. Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan deskripsi Panda versi descriptive text di atas dengan deskripsi Panda versi report text di bawah ini.

The Panda is a medium to large sized bear that like other species has a large head, short tail and a long muzzle with a large nose, which gives them an excellent sense of smell. The thick fur of the Panda is creamy-white in color with large patches of black on the limbs, shoulders, ears and nose, and distinctive black patches around their small eyes.

The Panda eats almost only bamboo and so has a number of physical adaptations to help with its consumption including an extension of their wrist bone which acts a bit like a thumb, allowing the Panda to grip onto bamboo stems. They also have large jaws with strong jaw muscles that along with their flat molars, allow the Panda to crush bamboo stems and leaves in order to extract the nutrients.

The Giant Panda is a solitary animal that occupies a territory marked with secretions from scent glands and scratch marks on trees. Male Giant Pandas roam home ranges more than double the size of a female's, with his territory overlapping those of several female Giant Pandas with which he holds breeding rights. Giant Pandas breed between March and May. After a gestation period that lasts for around five months, the female Giant Panda gives birth to one or two cubs in the base of a hollow tree or cave. Panda Bear cubs are very underdeveloped at birth measuring as little as 15cm and weighing only 100g.

Due to the large size and unique habitat of the Panda, adults have no natural predators within their cool, bamboo-filled world. Humans however are the biggest threat to Pandas in the Chinese mountains as they have hunted these remarkable animals for their unique fur. Although harsh punishments for poaching have now slowed hunting down, Pandas are under extreme threat from habitat loss in the form of deforestation for agricultures and residences.

Today, the Giant Panda is listed by the IUCN as being an animal species that is endangered in its natural environment and faces extinction in wild in the near future if more is not done to protect it. Although the Chinese government has created 33 Giant Panda reserves and more than 50% of its natural habitat is now protected by law, less than 1,500 individuals are thought to remain in the wild. . Extensive research continues to go into preventing the Giant Panda from becoming extinct but it simply cannot survive without its unique bamboo forests.

Dari Report Text Panda di atas, kita bisa melihat bahwa informasi yang disajikan lebih dalam daripada yang dideskripsikan di descriptive text. Pada deskripsi report text, si penulis menyajikan informasi mengenai bentuk fisik panda dan adapatsi yang mereka peroleh, sifat panda, bagaimana panda bereproduksi, serta ancaman panda yang tidak mungkin hanya diperoleh melalui apa yang diketahui penulis. Untuk menyajikan informasi yang lebih dalam tentang panda, si penulis mungkin melakukan observasi dan penelitian sendiri atau mungkin hanya membaca report penelitian orang lain saja.

Jadi kesimpulannya, perbedaan antara descriptive text dan report text terletak dari informasi yang disajikan. Descriptive text menyajikan informasi berdasarkan apa yang si penulis tahu dan biasanya infromasi yang disajikan tidak begitu dalam (surface level information). Sedangkan, report text manyajikan informasi berdasarkan dari hasil observasi dan penelitian dan umumnya informasi yang disajikan lebih mendalam dan specifik (deep level information).

Demikian penjelasan tentang Perbedaan Descriptive Text dan Report Text, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan dari artikel di atas, baik dari segi penulisan maupun penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share artikel di atas ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih… ^^English is Fun^^

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel