Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 5.0.0 Tahun 2016-2017 dan Panduan Cara Install Terbaru

Dalam kesempatan kali ini, saya akan bagikan postingan mengenai link download resmi aplikasi Dapodik versi 5.0.0 yang digunakan untuk input Data Pokok Pendidikan untuk periode semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.

Aplikasi Dapodik G5 Versi Baru 5.0.0 Tahun 2016/2017 bisa di download secara gratis melalui website resmi milik Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) di Alamat baru http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Aplikasi ini dikhususkan untuk satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) menggunakan aplikasi Dapodikmen versi baru yang telah di update databasenya dari 2.4.7 ke 2.5.3. 

Lalu, pertanyaannya bagaimana dengan TK/PAUD? link download terbaru aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas bisa dicek melalui alamat ini: http://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/. Semoga informasi ini cukup jelas bagi rekan operator sekolah.

Apa itu Dapodik?

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Operator dapodik adalah pejuang pendataan bagi sekolahnya sehingga memiliki tugas pokok dan fungsi dengan beban tanggung jawab yang cukup besar. Terutama jika operator tersebut merangkap sebagai guru, sangat luar biasa sekali menurut saya. Nah memasuki tahun ajaran baru 2016/2017 ada beberapa tugas baru untuk rekan operator sekolah yang kabarnya akan di kerjakan pada saat rilis aplikasi versi baru G5 yang berhubungan dengan surat edaran terbaru mendikbud tentang pelaksanaan awal tahun ajaran baru (download disini) salah satunya adalah "menginput tindak kekerasan di sekolah kedalam aplikasi dapodik".

Perlu diketahui Dapodik G5 atau versi 5.0.0 jadi acuan untuk Pencairan Dana BOS, Aneka Tunjangan, Bantuan Siswa Miskin (BSM), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan kebijakan lainnya, selain itu juga untuk Data Sarpras (rehabilitasi dan RKB), nah Khusus poin 4 saat ini sedang dilakukan verifikasi dan Validasi tingkat kerusakan sarpras di sekolah berbasis data Dapodik. Tim Verifikasi akan datang ke sekolah untuk membuktikan antara data Dapodik dengan realita, apakah sesuai atau tidak? Hasil verifikasi tersebut dijadikan bahan pertimbangan pemberian bantuan Rehabilitasi dan RKB dari Pemerintah Pusat.

Untuk tugas baru lainnya, silahkan baca Tugas baru operator sekolah pada aplikasi dapodik versi G5 DISINI

Kapan dapodik Versi G5 dirilis?

Jika anda seorang operator sekolah yang aktif di forum-forum atau grup-grup operator sekolah saya yakin pasti tahu, jawabannya, rilis aplikasi dapodikdas G5 "5.0.0 masih perkiraan) dan dapodikmen 2.5.3 tanggal 18 Juli 2016 atau pertengahan bulan Juli tahun 2016.

Namun kemungkinan besar masih bisa berubah, yang terpenting operator sekolah harus berkoordinasi dengan operator Dinas. Untuk saat ini nikmati saja liburan rekan-rekan, namun jangan meluluskan peserta didik kelas VI, IX dan XII juga input data peserta didik baru sebelum ada pemberitahuan resmi dari admin pusat. Selain itu untuk info batas akhir sinkronisasi terkait dengan pencairan tunjangan sertifikasi guru serta data lainnya adalah 30 juni 2016, lewat dari tanggal tersebut berarti anda telat.

Baiklah rekan-rekan pendidik, operator sekolah dan pembaca blog IndoINT, nampaknya sudah kepanjangan tulisan tentang dapodiknya sehingga lupa topik utama postingan ini adalah "Download Aplikasi Dapodik G5 Versi Baru 5.0.0", nah karena tema utamanya telah saya jelaskan diatas, jadi saya jelaskan secara singkat saja ya. Namun akan saya tambahkan juga sedikit tips tentang "cara Install Aplikasi Dapodik G5"

1. Panduan / Cara Download Aplikasi Dapodikdas 5.0.0 dan dapodikmen dan 2.5.3 Tahun 2016/2017

Maaf tulisan ini tidak bermaksud mengajari rekan-rekan master operator sekolah. Tujuannya hanya berbagi pengalaman saja, jadi kami mohon jangan salah paham, Oke lanjut lagi...

a.   Pastikan koneksi internet anda lancar
b.   Pilih waktu download saat rekan yang lain sedang tertidur.
c.   Bersihkan semua riwayat data browser anda, dari awal waktu, kami sarankan menggunakan Google Chrome.
d.   Menuju link resmi unduhan installer aplikasi Disini
e.   Jika link diatas macet karena server down, kami sarankan menggunakan link alternatif download DISINI
f.    Pilih salah satu installer sesuai kebutuhan, tombol download hijau (SD/SMP), sedangkan Biru (SMA/SMK),
g.   gambar cara Download Aplikasi Dapodik G5 Versi Baru 5.0.0 Tahun 2016/2017
Sumber gambar : http://www.IndoINT.com
2. Panduan / Cara Install Aplikasi Dapodikdas 5.0.0 dan dapodikmen dan 2.5.3 Tahun 2016/2017

a.   Uninstall aplikasi versi lama di laptop anda
b.   Jika antivirus anda AVG, AVIRA, SMADAV maka non aktifkan terlebih dahulu
c.   Pastikan laptop anda dalam keadaan sehat walafiat
d.   Hapus riwayat data prefill dapodik lama yang sebelumnya di download di laptop anda
e.   Download data prefill terbaru, caranya klik prefill, pada halaman generate prefill, masukkan kode registrasi sekolah anda, saya sarankan yang terbaru minta dengan operator dinas (jika ada) kalau tidak ada berarti masih yang lama
f.    Klik tombol Generate.
g.   gambar cara generate prefill dapodik terbaru
h.   Simpan file prefill tadi di Folder C/Prefill_dapodik
i.    Jika laptop baru, silahkan buat folder baru
j.    gambar letak folder prefill dapodik
k.   Putuskan koneksi internet, (bukan pacar anda)
l.    Install aplikasi yang tadi sudah di download, sampai selesai
m.  Berikutnya lakukan registrasi, mengapa? Untuk dapat login ke aplikasi, operator diminta untuk registrasi kembali. Setelah proses installasi selesai pengguna tidak diarahkan ke halaman login melainkan langsung ke halaman registrasi untuk melakukan registrasi operator
n.   registrasikan sesuai akun dapodik anda dengan memasukkan email dan password dapodik. Semoga berhasil
o.   Jangan lupa download panduan Install Aplikasi Dapodik G5.Pdf


Nah berdasarkan pengalaman ternyata masih banyak masalah gagal install aplikasi dapodikdas dengan beberapa kasus seperti kode registrasi tidak ditemukan, prefill tidak ditemukan, dan sebagainya, solusi dari permasalahan tersebut adalah Sebagai berikut

1.   Jika kode registrasi tidak ditemukan, maka lakukan cek apakah kode reg yang anda input sudah benar, jika sudah benar namun masih gagal, ulangi langkah-langkah install dari awal, kalau masih gagal segera hubungi operator dinas

2.   Jika Prefill tidak ditemukan, maka solusinya, pertama cek apakah file aplikasi terunduh dengan sempurna (lihat ukuran Mb aplikasi), kedua pastikan ukuran prefill yang diunduh bukan 1 kb,

Demikian tentang Cara Download dan Install Aplikasi Dapodik G5 Versi Baru 5.0.0 Tahun 2016/2017. Semoga bermanfaat, lebih dan kurang kami mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam satu data berkualitas!.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel