Download Installer Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Tahun 2016-2017 Versi Terbaru

DAPODIK Adalah data pokok semua jenis dan jenjang pendidikan yang meliputi data lembaga/satuan pendidikan, data pendidik dan tenaga kependidikan, data peserta didik dan data substansi pendidikan.

PAUD adalah layanan pendidikan bagi anak usia dini (3-6) tahun dalam bentuk taman kanak-kanak, kelompok bermain, taman penitipan anak, dan satuan PAUD sejenis lainnya.

Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) adalah layanan pendidikan bagi masyarakat usia 15 tahun ke atas dalam bentuk kursus dan pelatihan, pendidikan kesetaraan, pendidikan keaksaraan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pengarusutamaan gender, pendidikan keayahbundaan yang dilaksanakan oleh PKBM, TBM, Rumah Pintar, kelompok belajar dan satuan pendidikan nonformal lainnya.

NPSN (Nomor Pokok Sekolah/Satuan Pendidikan Nasional) Adalah nomor referensi lembaga/satuan pendidikan yang bersifat unik, berisi 8 digit nomor pokok sekolah/ satuan pendidikan yang bersangkutan. Untuk PAUDNI, selain NPSN, juga diberlakukan nomor pengelolaan berupa nomor referensi satuan pendidikan/lembaga nonformal.

Data yang akurat dan mudah diakses sangat dibutuhkan pemangku kebijakan untuk dijadikan sebagai dasar utama pembuatan keputusan.

Oleh karena itu, data pendidikan yang disediakan setiap satuan kerja harus diklarifi kasi kesahihan, relevansi dan keterbaruannya, serta mudah diakses.

Dalam upaya menyediakan data yang lengkap, akurat, dan guna memperoleh data yang relasional dan longitudinal tentang pendidikan, terutama di lingkungan Diretorat Jenderal PAUDNI, maka upaya penyatuan data yang saat ini dimiliki dan yang akan diperoleh setiap satuan kerja perlu diwadahi dalam sebuah sistem pendataan yang dikenal dengan Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

Download aplikasi Dapodik PAUD Dikmas versi terbaru semester 1 tahun pelajaran 2016/2017, setelah dirilis resmi nantinya dapat diunduh langsung pada tautan berikut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel