Proses Seleksi dan Daftar Ulang Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2016/2017

A. Seleksi Berkas

Panitia Pelaksana Tingkat Pusat melaksanakan seleksi berkas dengan meneliti pemenuhan persyaratan dan memeriksa data online.Selanjutnya, pendaftar yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes seleksi akan ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Pendaftar yang lolos seleksi berkas diumumkan di website Kementerian Agama (www.kemenag.go.id), website MAN Insan Cendekia Serpong (www.ic.sch.id), website MAN Insan Cendekia Gorontalo (www.icg.sch.id), website MAN Insan Cendekia Jambi (www.icjambi.sch.id), MAN Insan Cendekia Aceh Timur (www.icat.sch.id), MAN Insan Cendekia Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan (www.insancendekiaoki.sch.id), MAN Insan Cendekia Siak, Riau (www.icsiak.sch.id), MAN Insan Cendekia Paser, Kalimantan Timur (www.icpaser.sch.id), MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan (www.icp.sch.id), MAN Insan Cendekia Bangka Tengah (www.icbabel.sch.id).


B. Pelaksanaan Seleksi

1. Materi Seleksi

Materi seleksi calon peserta didik baru MAN Insan Cendekia meliputi:
Umum : Tes Potensi Belajar (TPB), Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam.
Khusus : Peminatan IPA meliputi Fisika dan Biologi.
Peminatan IPS meliputi Geografi, Ekonomi, Sejarah.

2. Tempat Seleksi

Seleksi peserta didik baru MAN Insan Cendekia dilaksanakan di tempat yang diusulkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi tersebut minimal 30 pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi berkas.

Jika dalam suatu lokasi tes yang lolos seleksi berkas dan berhak mengikuti seleksi tertulis kurang dari 30 orang, maka mereka diarahkan untuk mengikuti ujian di lokasi terdekat yang di tentukan panitia, kecuali di provinsi-provinsi yang terdapat MAN IC. Tempat dan alamat lokasi tes akan diberitahukan kepada peserta melalui pengumuman di website.

3. Waktu Seleksi

Pelaksanaan tes seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia

hanya dilaksanakan 1 (satu) kali dan serentak disemua lokasi tes pada:
Hari,Tanggal : Sabtu, 14 Mei 2016
Waktu : 07.30 waktu setempat s.d. selesai

C. Pengolahan Hasil Tes

1. Standar Kelulusan

Peserta tes dinyatakan lulus apabila:

a. Lulus dari satuan pendidikan MTs/SMP;
b. Memiliki skor tes potensi belajar tidak;kurang dari batas minimal yang telah ditetapkan;
c. Memiliki skor tes akademik masih berada pada batas nilai passing grade yang ditetapkan;
d. Lulus dari tes kesehatan yang meliputi:
1) bebas narkoba, dan
2) bebas dari penyakit menular (hepatitis, TBC, menular berbahaya) yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah.

2. Penentuan Kelulusan

Penentuan kelulusan peserta didik baru MAN Insan Cendekia menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

D. Pengumuman Kelulusan

Berdasarkan rapat kelulusan calon peserta didik baru, akan ditetapkan calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus dan sebagai cadangan. Penetapan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di MAN Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo serta di website.

E. Pendaftaran Ulang

Bagi peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi harus segera melaksanakan proses daftar ulang dengan melengkapi berkas daftar ulang yang telah disiapkan panitia.

Penyerahan berkas daftar ulang dapat dilaksanakan secara langsung atau mengirimkannya ke MAN Insan Cendekia masing-masing. Salah satu berkas yang wajib dilengkapi dalam proses daftar ulang adalah rekam medis hasil tes kesehatan calon peserta didik baru sebagai bahan seleksi tes kesehatan. Jika sampai batas waktu yang ditentukan calon peserta didik b a r u yang lulus tidak melakukan daftar ulang, dianggap mengundurkan diri.

Posisi calon peserta didik yang mengundurkan diri tersebut selanjutnya digantikan calon peserta didik yang berada pada posisi cadangan berdasarkan nomor urut. 

Sumber : Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2016/2017


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel