Soal dan Kunci Jawaban USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2019

Soal dan Kunci Jawaban USBN Administrasi Perkantoran Tahun  Soal dan Kunci Jawaban USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2019
1. Untuk menjaga supaya paper shredder tidak cepat rusak, kita harus meyakinkan bahwa ...
a. tidak ada paper clip yang terselip diantara kertas
b. ukuran pemotong telah benar
c. isi dokumen telah benar
d. jumlah kebutuhan dokumen benar
e. urutan halaman telah benar

2. Langkah untuk mengurutkan data dari besar ke kecil, adalah ...
a. block range yang dikehendaki, klik data, klik sort, pilih ascending
b. block range yang dikehendaki, klik data, klik sort, pilih descending
c. block range yang dikehendaki, klik sort, klik data, pilih descending
d. block range yang dikehendaki, klik sort, klik data, pilih ascending
e. block range yang dikehendaki, pilih ascending, klik data, klik sort

3. Agar audience tetap fokus pada pada saat presentasi maka slide persentasi harus dirancang semenarik mungkin salah satunya dengan memainkan halaman slide tersebut. Langkah memainkannya ...
a. file – slide show – from begining
b. file – slide show – from current slide
c. file – slide show – custom slide show
d. Pilih slide – slide show – from current slide
e. Pilih Slide – slide show – from beginingcustom slide

4. Klasifikasi surat masuk yang diberikan tenaga administrasi kantor untuk pimpinan terdiri dari ...
a. kilat, sedang, dan biasa
b. Rahasia, tidak rahasia, dan biasa
c. Segera, penting, dan informasi
d. Penting, biasa, dan tidak penting
e. Confidential,terbuka, dan tertutup

5. Penggalan alinea pembuka isi surat sebagai jawaban surat yang masuk adalah ...
a. kami informasikan bahwa saat ini pesanan kami
b. sehubungan dengan adanya penambahan pesanan kami.
c. kami tertarik dengan iklan Saudara di harian
d. surat saudara tentang nomor tertanggal telah kami terima dengan baik
e. saat ini pesanan kami telah

6. Folder yang harus disiapkan bila perusahaan ingin menerapkan sistem nomor terminal digit adalah sebanyak ...
a. 10 buah
b. 26 buah
c. 100 buah
d. 365 buah
e. 1.000 buah

7. Untuk mengetahui kelayakan arsip untuk disimpan atau tidak dipertahankan , dapat dilihat dari ...
a. Angka pemakaian arsip
b. Angka kecermatan arsip
c. Jadwal retensi arsip
d. Daftar pertelaan arsip
e. Penyusutan arsip

8. Bila dalam satu periode jumlah arsip yang diminta ada 1.000 tetapi yang dapat ditemukan hanya 850, sementara total arsip yang disimpan ada 15.000 buah,  persentasi angka kecermatan  arsip adalah ...
a. 0,6 %
b. 1,2 %
c. 1,5 %
d. 6,7 %
e. 15 %

9. Menu mailings adalah menu perintah yang berhubungan dengan ...
a. Surat menyurat
b. Tampilan di komputer
c. Tampilan di kertas cetak
d. Mail merge
e. Main document

10. Jika penulisan rumus pada aplikasi pengolah angka sudah benar  tetapi pada layar muncul berupa #, hal tersebut menandakan ...
a. Terdapat data yang salah
b. Terdapat data yang kosong
c. Kolom sel kurang lebar
d. Baris sel kurang lebar
e. Data tidak dapat diolah

11. Dalam mengoperasikan computer, langkah yang dilakukan untuk membatalkan satu tahap pekerjaan adalah dengan menekan tombol,…
a. Esc
b. End
c. Undo
d. Delete
e. Backspace

12. Dalam program pengolah angka, perintah yang berhubungan dengan  proofing, comments, dan change dapat ditemui pada menu,...
a. Home
b. Insert
c. Formulas
d. Review
e. Data

13. Pada kotak dialog print terdapat  menu printer  name yang berisi tentang,…
a. Nama, jenis dan nama printer yang digunakan
b. Pilihan all, current page dan page
c. Jumlah salinan
d. Jumlah halaman yang akan dicetak
e. Page halaman yang akan diprint

14. Berikut yang merupakan langkah-langkah menyimpan  file yang telah dibuat adalah,...
a. File ˃ open
b. File ˃ save
c. File ˃ New
d. File ˃ Print
e. File ˃ send

15. Surat yang berisi tentang perdagangan dan dibuat oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk dikirim kepada para pelanggan termasuk jenis surat,...
a. Dinas
b. Niaga
c. Dagang
d. Pribadi
e. Penawaran


16. Berat mesin ±70 kg kecepatan menyalin 15-25 lembar permenit, merupakan ciri-ciri…
a. Mesin fotocopy besar
b. Mesin fotocopy sedang   
c. Risograph
d. Mesin fotocopy kecil
e. Mesin Stensil

17. Perhatikan penggalan  surat berikut  : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 Pada hari Rabu mendatang, kami akan mengirimkan pesanan Saudara dengan     menggunakan truk Nopol B 1234XY, yang kami perkirakan akan sampai di tempat saudara paling lambat dua hari berikutnya.
Mengingat barang-barang tersebut sangat rentan mengalami kerusakan/pecah, kami mohon setelah barang tersebut sampai Saudara segera memberi informasi kepada kami.
.......................................................................................................................................................................................................................................
Surat yang dikirim sebagai balasan atas surat tersebut adalah,....
a. Permintaan penawaran
b. Klaim
c. Pembayaran
d. Pemberitahuan pengiriman barang
e. Jawaban pengiriman barang


18. Prosedur pengurusan surat masuk dalam sistem buku agenda adalah ....
a. Penerimaan – pencatatan – pengarahan – penyimpanan – penyampaian
b. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyampaian – penyimpanan
c. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyampaian – penyimpanan
d. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – penyampaian – pengarahan – penyimpanan
e. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan – penyampaian – penyimpanan


19. Ciri khas penulisan surat bentuk resmi adalah,....
a. Penulisan dimulai dari pinggir kiri
b. Alamat dalam ditulis disebelah kanan, di bawah tanggal surat
c. Tidak menggunakan nama kota
d. Alamat dalam ditulis di sebelah kiri setelah nomor surat
e. Setiap alinea menjorok lima spasi


20. Langkah yang harus dilakukan sebelum dokumen asli didistribusikan ke beberapa orang menggunakan buku ekspedisi intern adalah,...
a. Dibubuhi disposisi
b. Dicatat dalam buku agenda
c. Dicatat dalam buku ekspedisi
d. Digandakan sejumlah orang yang akan dituju
e. Digandakan sejumlah orang yang akan dituju ditambah 1   

21. Prosedur pengurusan surat dalam sistem buku agenda adalah.........
a. Penerimaan-pencatatan-pengerahan-penyortiran-penyampaian-penyimpanan
b. Pengiriman-pencatatan-penyortiran-pengarahan-penyampaian-penyimpanan
c. Penerimaan-pencatatan-penyortiran-pengarahan-penyampaian-penyimpanan
d. Penerimaan-penyortiran-pencatatan-penyampaian-pengarahan-penyimpanan
e. Penerimaan-penyortiran-pencatatan-pengarahan-penyampaian-penyimpanan

22. Sistem pemyimpanan arsip yang susunannya berdasarkan kode nomor sebagai pengganti nama orang atau badan dinamakan….

a. Sistem Alphabetic
b. Sistem subject
c. Sistem kronologis
d. Sistem numeric
e. Sistem wilayah

23. Prosedur pengurusan surat masukdengan menggunakan buku agenda adalah,...

a. Penerimaan- pencatatan – penyotiran – pengarahan – penyimpanan
b. Penerimaan – penyotiran –pencatatan – pengarahan – penyimpanan
c. Penerimaan – pengarahan – pencatatan – penyimpanan – penyotiran
d. Penerimaan – pencatatan – penyotiran – pengarahan – penyimpanan
e. Penyotiran – pencatatan – penyimpanan – penerimaan- penyimpanan


24. Jika sistem penimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan tahun , bulan dan tanggal arsip dibuat, maka penyimpanan arsip tersebut menggunakan sistem, ...
a. Sistem tanggal
b. Sistem masalah
c. Sistem nomor
d. Sistem  abjad
e. Sistem wilayah

25. Tempat penyimpanan arsip yang penggunaannya memerlukan alat bantu adalah,...
a. Stopmap folio
b. Map snelhecter dan guide
c. Ordner dan map snelhecter
d. Box file dan ordner
e. Ordner dan stopmap folio

26. Sistem kearsipan yang tepat diterapkan pada perusahaan perbankan adalah,…
a. Abjad
b. Tanggal
c. Wilayah
d. Nomor
e. Subyek

27. Jika surat yang akan dikirim melalui email sudah tersimpan di dalam file, langkah pengirimannya adalah,…
a. Klik attachment – double klik nama file – klik attachment lagi
b. Klik attachment – browsing file – double klik nama file
c. Klik attachment – ketik nama file
d. Buka file – klik attachment
e. Buka file – double kik attachment

28. Presentasi secara langsung antara presenter dan audiens yang saling berjauhan denganbanyuan teknologi komunikasi disebut,…
a. Teleconference
b. Presentasi absolute
c. Presentasi tidak langsung
d. Presentasi normal
e. Presentasi mutlak

29. Kumpulan beberapa tabel yang saling berhubungan harus mempunyai suatu field yang sama disebut juga sebagai,.....
a. Print out
b. Kunci data
c. Software
d. Primary key
e. Koneksi internet


30. Presentasi yang telah diketik akan disimpan baik ke dalam flashdisk atau hardisk dengan perintah,...
a. File – save
b. Edit – open
c. File – new
d. File – open
e. Edit – copy

31. Perintah shortcut keyboard untuk membuat jarak tulisan menjadi satu setengah spasi pada ms. Word, setelah semua area terseleksi adalah,…
a. Ctrl  + P
b. Ctrl + 1
c. Ctrl + 5
d. Ctrl +1,5
e. Ctrl + 2

32. Langkah untuk membuat folder baru pada windows explore adalah,...
a. Double klik –New folder
b. Klik kanan – New folder
c. Klik kanan – Rename
d. Drag File ke New folder
e. Klik kanan – Delete

33. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan tombol keybord,...
a. Ctrl +B
b. Ctrl + P
c. Ctrl +C
d. Ctrl + V
e. Ctrl + S

34. Diketahui dana awal untuk setiap periode adalah Rp. 5.000.000,- dan pengeluaran selama satu periode adalah Rp. 3.780.000,-. Pada periode yang akan datang, jumlah pengisian dana awal periode yang harus ada pada kas kecil jika perusahaan menggunakan metode imprest (dana tetap) adalah ...
a. Rp. 8.780.000,-
b. Rp. 6.780.000,-
c. Rp. 5.000.000,-
d. Rp. 3.780.000,-
e. Rp. 1.220.000,-

35. Data type pada Ms. Access yang digunakan khusus untuk menampilkan type mata uang adalah,...
a. Number
b. Currency
c. Next
d. OLE  Objek
e. Money

36. Cermati penulisan alamat surat berikut :
“ Kepada Yth : Yth. Sdr. Nindya Kaloka
Jln. Lembah Griya Blok B. No. 13
Jakarta Timur”
Perbaikan penulisan alamat tersebut yang tepat adalah,….
a. Kepada Yth. Sdr. Nindya Kaloka
Jln Lembah Griya Blok B No. 13
Jakarta timur
b. Yth:  Sdr. Nindya Kaloka
Jln Lembah Griya Blok B No. 13
Jakarta Timur
c. Yth. Sdr. Nindya Kaloka
Jln. Lembah Griya Blok B No. 13
Jakarta Timur
d. Yth, Sdr. Nindya Kaloka
Jln.Lembah Griya Blok B No. 13
Jakarta Timur
e. Kepada Yth. Sdr.: Nindya kaloka
Jln. Lembah Griya Blok B No. 13
Jakarta Timur

37. Atas perhatian warga masyarakat Yogjakarta dan sekitarnya, kami ucapkan terima kasih.Penggalan surat dinas tersebut merupakan bagian unsur,…
a. Pembuka surat
b. Isi surat
c. Penutup surat
d. Lampiran
e. Alinea pembuka


38. Untuk merapikan dan menyatukan lembaran-lembaran dokumen (50 lembaran) menjadi satu kesatuan dokumen menggunakan alat,…
a. Stapler
b. Stapler remover
c. Perforator
d. Binder
e. Binding  mancine

39. Perawatan arsip rusak yang disebabkan terkena lumpur basah akibat kebanjiran, dapat dilakukan dengan cara,..
a. Dijemur di terikmatahari
b. Dijemur ditempat kering
c. Di Lap dengan kain basah
d. Dikeringkan dengan oven
e. Disemprot cairan kimia

40. Tanggal, salam penutup, serta nama dan jabatan penanda tangan ditempatkandi bagian kanan surat.Sedangkan nomor, alamat tujuan, salam pembuka, lampiran, dan hal (perihal) ditempatkan pada margin kiri.  Dengan demikian, surat ditulis dalam bentuk,..
a. Lurus penuh
b. Lurus
c. Indeted
d. Hanging paragraph
e. Indonesia lama

Kunci Jawaban USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2019


NO
KUNCI
NO
KUNCI
NO
KUNCI
NO
KUNCI
1
A
11
C
21
E
31
B
2
B
12
C
22
D
32
B
3
D
13
A
23
B
33
E
4
C
14
B
24
A
34
D
5
D
15
B
25
C
35
B
6
E
16
B
26
D
36
C
7
C
17
D
27
B
37
C
8
B
18
E
28
A
38
B
9
D
19
B
29
B
39
C
10
C
20
D
30
A
40
B

Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel