Latihan Soal dan Jawaban PAT Geografi Kelas 11 SMA 2020 K13
Monday, July 15, 2019
Hai sobat, kembali lagi dengan admin soal prediksi.com. Pada kesempatan kali ini admijn akan memberikan Contoh latihan Soal UKK/PAT Geografi Kelas 11 SMA kurikulum 2013 terbaru 2020 semester 2. Atau yang bisa sobat sebut dengan PAS/UAS semester 2 geografi.
Tapi untuk istilah yang paling benar adalah PAT, terutama untuk sobat yang materinya mengacu pada kurikulum 2013.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah ujian terakhir untuk sobat yang berada di pertengahan dan awal SMA. Dengan materi yang mencakup keseluruhan hal yang pernah sobat pelajari di semester 2 ini.
Geografi ini sendiri materi PAT yang akan keluar adalah kebudayaan, letak geografi indonesia, kekayaan alam indonesia, dan lain sebagainya. .
Tapi untuk istilah yang paling benar adalah PAT, terutama untuk sobat yang materinya mengacu pada kurikulum 2013.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah ujian terakhir untuk sobat yang berada di pertengahan dan awal SMA. Dengan materi yang mencakup keseluruhan hal yang pernah sobat pelajari di semester 2 ini.
Geografi ini sendiri materi PAT yang akan keluar adalah kebudayaan, letak geografi indonesia, kekayaan alam indonesia, dan lain sebagainya. .
Latihan Soal dan Jawaban PAT Geografi Kelas 11 SMA 2020 K13
Jumlah keseluruhan soal PAT geografi kelas 11 ini adalah 50 butir soal dengan kunci jawaban lengkap yang berada tepat di bawahnya. Dengan tambahan file PDF yang bisa sobat download secara gratis, admin harap bisa digunakan sebaik - baiknya untuk sobat sekalian. Terima kasih...
Latihan Soal dan Jawaban PAT Geografi Kelas 11 SMA 2020 K13, DOWNLOAD
Baiklah, langsung saja berikut ini adalah Latihan Soal dan Jawaban PAT Geografi Kelas 11 SMA 2020 K13. Selamat mengerjakan....
1. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai pengertian . . . .
A. Jiwa
B. Akal
C. Perasaan
D. Hari
E. Nurani
1. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai pengertian . . . .
A. Jiwa
B. Akal
C. Perasaan
D. Hari
E. Nurani
Jawaban : B
2. Perhatikan pernyataan di bawah ini:
1. Keadaan geografi Indonesia
2. Keterbukaan terhadap dunia luar
3. Kondisi geologis Indonesia
4. Agama
5. Topografi di Indonesia
Dari pernyataan di atas faktor penyebab keanekaragaman di Indonesia adalah . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 2, 5
E. 3, 4, 5
2. Perhatikan pernyataan di bawah ini:
1. Keadaan geografi Indonesia
2. Keterbukaan terhadap dunia luar
3. Kondisi geologis Indonesia
4. Agama
5. Topografi di Indonesia
Dari pernyataan di atas faktor penyebab keanekaragaman di Indonesia adalah . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 2, 5
E. 3, 4, 5
Jawaban : C
3. Rumah tradisional Indonesia di dominasi oleh bangunan berbahan dasar kayu. Kondisi tersebut merupakan salah satu contoh keanekaragaman Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor . . . .
A. Keadaan geografis
B. Letak geografis Indonesia
C. Wilayah kepulauan Indonesia
D. Fisik Indonesia
E. Geologi Indonesia
3. Rumah tradisional Indonesia di dominasi oleh bangunan berbahan dasar kayu. Kondisi tersebut merupakan salah satu contoh keanekaragaman Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor . . . .
A. Keadaan geografis
B. Letak geografis Indonesia
C. Wilayah kepulauan Indonesia
D. Fisik Indonesia
E. Geologi Indonesia
Jawaban : A
4. Perhatikan peta di bawah ini!
4. Perhatikan peta di bawah ini!
Daerah yang diarsir merupakan wilayah kebudayaan . . . .
A. Batak
B. Minangkabau
C. Mandailing
D. Bugis-Makasar
E. Pidie
B. Minangkabau
C. Mandailing
D. Bugis-Makasar
E. Pidie
Jawaban : D
5. Tarian tradisional Seudati berasal dari . . . .
A. Bali
B. Jawa
C. Aceh
D. Batak
E. Bugis
5. Tarian tradisional Seudati berasal dari . . . .
A. Bali
B. Jawa
C. Aceh
D. Batak
E. Bugis
Jawaban : C
6. Gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana bernilai baik yang tertanam dan diikuti anggota masyarakat disebut ....
A. Norma daerah
B. Aturan daerah
C. Budaya lokal
D. Kebudayaan lokal
E. Kearifan lokal
6. Gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana bernilai baik yang tertanam dan diikuti anggota masyarakat disebut ....
A. Norma daerah
B. Aturan daerah
C. Budaya lokal
D. Kebudayaan lokal
E. Kearifan lokal
Jawaban : E
7. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Mampu bertahan terhadap budaya luar
2. Mempunyai kemampuan mengendalikan
3. Unsur-unsur budaya luar tidak terakomodasi
4. Membentuk arah pada perkembangan budaya
5. Unsur budaya luar tidak terintegrasi ke dalam budaya asli
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri kearifan lokal adalah . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 3, 4, 5
7. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Mampu bertahan terhadap budaya luar
2. Mempunyai kemampuan mengendalikan
3. Unsur-unsur budaya luar tidak terakomodasi
4. Membentuk arah pada perkembangan budaya
5. Unsur budaya luar tidak terintegrasi ke dalam budaya asli
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri kearifan lokal adalah . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 3, 4, 5
Jawaban : B
8. “Rumah Gadang” merupakan contoh dari kearifan lokal yang berada pada daerah atau wilayah . . . .
8. “Rumah Gadang” merupakan contoh dari kearifan lokal yang berada pada daerah atau wilayah . . . .
A. Minangkabau
B. Bugis
C. Makasar
D. Aceh
E. Batak
B. Bugis
C. Makasar
D. Aceh
E. Batak
Jawaban : A
9. Masyarakat Kasepuhan Cebedug mengklasifikasikan hutan menjadi Leuweng Geledegan, Sampalan, Titipan yang salah satunya merupakan hutan yang tidak boleh diganggu.
Dari pernyataan tersebut kearifan lokal mempunyai fungsi . . . .
A. Sebagai petuah dan kepercayaan
B. Etika dan moral
C. Sebagai konservasi dan pelestarian
D. Mampu mengendalikan SDA
E. Mengembangkan sumber dengan manusia
9. Masyarakat Kasepuhan Cebedug mengklasifikasikan hutan menjadi Leuweng Geledegan, Sampalan, Titipan yang salah satunya merupakan hutan yang tidak boleh diganggu.
Dari pernyataan tersebut kearifan lokal mempunyai fungsi . . . .
A. Sebagai petuah dan kepercayaan
B. Etika dan moral
C. Sebagai konservasi dan pelestarian
D. Mampu mengendalikan SDA
E. Mengembangkan sumber dengan manusia
Jawaban : C
10. Suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek-aspeknya ke dalam satu kesatuan yang utuh dan yang lebih besar, seolah-olah manusia hidup tanpa sekat. Merupakan pengertian . . . .
A. Interaksi
B. modernisasi
C. Akulturasi
D. Globalisasi
E. Amalgamasi
10. Suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek-aspeknya ke dalam satu kesatuan yang utuh dan yang lebih besar, seolah-olah manusia hidup tanpa sekat. Merupakan pengertian . . . .
A. Interaksi
B. modernisasi
C. Akulturasi
D. Globalisasi
E. Amalgamasi
Jawaban : D
11. Perhatikan tabel berikut!
11. Perhatikan tabel berikut!
Pernyataan yang menunjukkan dampak negatif interaksi global terhadap budaya nasional adalah . . . .
A. A1, B1, dan B2
B. A1, B2, dan B3
C. A2, B1, dan B3
D. A2, B2, dan B3
E. A3, B1, dan B2
A. A1, B1, dan B2
B. A1, B2, dan B3
C. A2, B1, dan B3
D. A2, B2, dan B3
E. A3, B1, dan B2
Jawaban : C
12. Suatu proses bertemunya dua kebudayaan berbeda yang melebur menjadi satu dan menghasilkan kebudayana baru, tetapi tidak menghilangkan sifat kebudayaan asli, disebut . .. .
A. Globalisasi
B. Modernisasi
C. Akulturasi
D. Amalgamasi
E. Internalisasi
A. Globalisasi
B. Modernisasi
C. Akulturasi
D. Amalgamasi
E. Internalisasi
Jawaban : C
13. Adanya perkembangan teknologi internet merupakan hasil dari interaksi global. Apabila tidak diikuti oleh meningakatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia maka akan terjadi kesenjangan budaya yang disebut . . . .
A. Asimilasi
B. Akulturasi
C. Local wisdom
D. Cultural Lag
E. Cultural Shock
13. Adanya perkembangan teknologi internet merupakan hasil dari interaksi global. Apabila tidak diikuti oleh meningakatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia maka akan terjadi kesenjangan budaya yang disebut . . . .
A. Asimilasi
B. Akulturasi
C. Local wisdom
D. Cultural Lag
E. Cultural Shock
Jawaban : D
14. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Aktivitas manusia
2. Ide manusia
3. Sistem pengetahuan
4. Organisasi sosial
5. Mata pencaharian
Unsur-unsur kebudayaan terdapat pada nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 4
D. 3, 4, 5
E. 2, 3, 5
14. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Aktivitas manusia
2. Ide manusia
3. Sistem pengetahuan
4. Organisasi sosial
5. Mata pencaharian
Unsur-unsur kebudayaan terdapat pada nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 4
D. 3, 4, 5
E. 2, 3, 5
Jawaban : D
15. Kebudayaan suku Bajo berbeda dengan kebudayaan suku Dayak dikarenakan pengaruh . . . .
A. Letak kepulauan
B. Letak geologis
C. Letak geografis
D. Posisi strategis
E. Letak strategis
15. Kebudayaan suku Bajo berbeda dengan kebudayaan suku Dayak dikarenakan pengaruh . . . .
A. Letak kepulauan
B. Letak geologis
C. Letak geografis
D. Posisi strategis
E. Letak strategis
Jawaban : C
16. Indikator kegiatan pertanian berkelanjutan adalah . . . .
A. Budidaya berbagai jenis tanaman secara alami
B. Meningkatkan produksi pertanian
C. Menghasilkan pangan dengan kualitas tinggi
D. Penerapan teknologi pertanian
E. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup
16. Indikator kegiatan pertanian berkelanjutan adalah . . . .
A. Budidaya berbagai jenis tanaman secara alami
B. Meningkatkan produksi pertanian
C. Menghasilkan pangan dengan kualitas tinggi
D. Penerapan teknologi pertanian
E. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup
Jawaban : A
17. Salah satu permasalahan lingkungan hidup yang melatarbelakangi kegiatan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan adalah . . . .
A. Pendapatan negara meningkat karena kegiatan impor bahan bakar minyak
B. Permintaan bahan – bahan pokok oleh masyarakat meningkat
C. Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pertambangan kurang memadai
D. Kualitas SDM menurun sehingga mengurangi jumlah tenaga kerja ferdial
E. Kualitas lahan bahan tambang menurun karena tidak ada rahabilitasi bahan
17. Salah satu permasalahan lingkungan hidup yang melatarbelakangi kegiatan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan adalah . . . .
A. Pendapatan negara meningkat karena kegiatan impor bahan bakar minyak
B. Permintaan bahan – bahan pokok oleh masyarakat meningkat
C. Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pertambangan kurang memadai
D. Kualitas SDM menurun sehingga mengurangi jumlah tenaga kerja ferdial
E. Kualitas lahan bahan tambang menurun karena tidak ada rahabilitasi bahan
Jawaban : E
18. Kegiatan pariwisata yang dalam pengembangan bekerja sama dengan bidang pertanian adalah pariwisata jenis . . . .
A. Ekowisata
B. Paket wisata
C. Wisata berkelanjutan
D. Agrowisata
E. Taman wisata alam
18. Kegiatan pariwisata yang dalam pengembangan bekerja sama dengan bidang pertanian adalah pariwisata jenis . . . .
A. Ekowisata
B. Paket wisata
C. Wisata berkelanjutan
D. Agrowisata
E. Taman wisata alam
Jawaban : D
19. Kawasan suaka alam yang mempunyai ke khasan tumbuhan, satwa, tata lingkungan dan ekosistem tertentu disebut . . . .
A. Cagar alam
B. Suaka margasatwa
C. Taman nasional
D. Agrowisata
E. Taman hutan raya
19. Kawasan suaka alam yang mempunyai ke khasan tumbuhan, satwa, tata lingkungan dan ekosistem tertentu disebut . . . .
A. Cagar alam
B. Suaka margasatwa
C. Taman nasional
D. Agrowisata
E. Taman hutan raya
Jawaban : A
20. Dokumentasi yang berisi telaah secara cermat terhadap dampak penting dari suatu rencana kegiatan disebut . . . .
A. AMDAL
B. ANDAL
C. KA-ANDAL
D. RKL
E. RPL
20. Dokumentasi yang berisi telaah secara cermat terhadap dampak penting dari suatu rencana kegiatan disebut . . . .
A. AMDAL
B. ANDAL
C. KA-ANDAL
D. RKL
E. RPL
Jawaban : B
21. Suatu dokumen yang berisi tentang ruang lingkup serta kedalaman kajian ANDAL disebut . . . .
A. AMDAL
B. RKL
C. RPL
D. KA-ANDAL
E. RKL-RPL
21. Suatu dokumen yang berisi tentang ruang lingkup serta kedalaman kajian ANDAL disebut . . . .
A. AMDAL
B. RKL
C. RPL
D. KA-ANDAL
E. RKL-RPL
Jawaban : D
22. Rencana pemantauan lingkungan (RPL) adalah . . . .
A. Dokumen yang berisi kedalaman kajian AMDAL
B. Dokumen yang berisi telaah secara cermat terhadap dampak penting suatu kegiatan
C. Dokumen yang memuat upaya-upaya untuk mencegah, mengendalikan dan menanggulangi dampak penting lingkungan
D. Dokumen yang memuat program – program pemantuan untuk melihat perubahan lingkungan
E. Dokumen yang berisi kegiatan perindustrian
22. Rencana pemantauan lingkungan (RPL) adalah . . . .
A. Dokumen yang berisi kedalaman kajian AMDAL
B. Dokumen yang berisi telaah secara cermat terhadap dampak penting suatu kegiatan
C. Dokumen yang memuat upaya-upaya untuk mencegah, mengendalikan dan menanggulangi dampak penting lingkungan
D. Dokumen yang memuat program – program pemantuan untuk melihat perubahan lingkungan
E. Dokumen yang berisi kegiatan perindustrian
Jawaban : D
23. Perhatikan gambar di bawah ini!
23. Perhatikan gambar di bawah ini!
AMDAL harus diterapkan dalam kegiatan pada gambar di atas karena . . . .
A. Industri batubara mampu menyerap banyak tenaga kerja di kawasan sekitar tambang
B. Pengusahaan batubara dikuasai perusahaan asing yang memiliki teknologi penambangan modern
C. Industri batubara harus menerapkan kegiatan eksplorasi untuk menentukan kawasan tambang
D. Tambang baru bara merupakan kegiatan yang memerlukan banyak tenaga kerja
E. Batu bara merupakan sumber daya alam tidak terbarukan dan memiliki nilai strategi bagi Indonesia
A. Industri batubara mampu menyerap banyak tenaga kerja di kawasan sekitar tambang
B. Pengusahaan batubara dikuasai perusahaan asing yang memiliki teknologi penambangan modern
C. Industri batubara harus menerapkan kegiatan eksplorasi untuk menentukan kawasan tambang
D. Tambang baru bara merupakan kegiatan yang memerlukan banyak tenaga kerja
E. Batu bara merupakan sumber daya alam tidak terbarukan dan memiliki nilai strategi bagi Indonesia
Jawaban : C
24. Perhatikan kriteria berikut!
1. Keterbukaan informasi dampak kepada masyarakat
2. Menghitung jumlah manusia yang terkena dampak
3. Menentukan komponen lingkungan hidup yang terkena dampak
4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah
5. Menentukan bahaya atau tidaknya kegiatan sesuai sifat komulatif
Kriteria yang digunakan untuk mengukur lingkungan akibat kegiatan industri skala besar ditunjukkan olehnomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
24. Perhatikan kriteria berikut!
1. Keterbukaan informasi dampak kepada masyarakat
2. Menghitung jumlah manusia yang terkena dampak
3. Menentukan komponen lingkungan hidup yang terkena dampak
4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah
5. Menentukan bahaya atau tidaknya kegiatan sesuai sifat komulatif
Kriteria yang digunakan untuk mengukur lingkungan akibat kegiatan industri skala besar ditunjukkan olehnomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
Jawaban : E
25. Perhatikan kegiatan pembangunan berikut!
1. Pembuatan jalan atau jembatan
2. Pembukaan lahan hutan
3. Peningkatan kualitas pangan
4. Alih fungsi lahan di daerah resapan
5. Kegiatan ekspor komiditas laut
Aktivitas yang memerlukan penilaian AMDAL ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
25. Perhatikan kegiatan pembangunan berikut!
1. Pembuatan jalan atau jembatan
2. Pembukaan lahan hutan
3. Peningkatan kualitas pangan
4. Alih fungsi lahan di daerah resapan
5. Kegiatan ekspor komiditas laut
Aktivitas yang memerlukan penilaian AMDAL ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
Jawaban : B
26. Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan kegiatan pertanian berkelanjutan adalah . . . .
26. Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan kegiatan pertanian berkelanjutan adalah . . . .
Jawaban : E
27. Suatu sistem tata guna lahan yang penanaman dimana tanaman semusim maupun tanaman tahunan ditanam bersama atau dalam rotasi membentuk suatu tajuk yang berlapis, sehingga sangat efektif untuk melindungi tanah dari hempasan air hujan, merupakan pengertian dari . . . .
A. Agroforestri
B. Agrowisata
C. Agroindustri
D. Agroguna
E. Tumpangsari
Jawaban : A
28. Undang-Undang Republik Indonesia yang menjelaskan kebijkan dalam kegiatan ekspor mineral dan batubara terdapat pada nomor ....
A. 1 tahun 2009
B. 2 tahun 2009
C. 4 tahun 2009
D. 10 tahun 2009
E. 12 tahun 2009
28. Undang-Undang Republik Indonesia yang menjelaskan kebijkan dalam kegiatan ekspor mineral dan batubara terdapat pada nomor ....
A. 1 tahun 2009
B. 2 tahun 2009
C. 4 tahun 2009
D. 10 tahun 2009
E. 12 tahun 2009
Jawaban : C
29. Industri rumah tangga adalah industri yang mempunyai jumlah tenaga kerja berjumlah . . . .
A. 1-4
B. 5-9
C. 10-15
D. Lebih dari 20
E. Lebih dari 100
29. Industri rumah tangga adalah industri yang mempunyai jumlah tenaga kerja berjumlah . . . .
A. 1-4
B. 5-9
C. 10-15
D. Lebih dari 20
E. Lebih dari 100
Jawaban : A
30. Pernyataan atau klaim yang menunjukkan aspek lingkungan suatu produk atau jasa adalah pengertian dari . . . .
A. Konservasi
B. Ekoesfesientri
C. Agroforestri
D. Ekolabel
E. Ekologi
30. Pernyataan atau klaim yang menunjukkan aspek lingkungan suatu produk atau jasa adalah pengertian dari . . . .
A. Konservasi
B. Ekoesfesientri
C. Agroforestri
D. Ekolabel
E. Ekologi
Jawaban : D
31. Logo yang mencerminkan bahwa suatu produk dapat di daur ulang dan dapat terurai di lingkungan adalah . . . .
A. Ekolabel
B. LEI
C. Swadeklarasi
D. Ekologi
E. Ekoefesiensi
31. Logo yang mencerminkan bahwa suatu produk dapat di daur ulang dan dapat terurai di lingkungan adalah . . . .
A. Ekolabel
B. LEI
C. Swadeklarasi
D. Ekologi
E. Ekoefesiensi
Jawaban : C
32. Sertifikasi ekolabel pertama kali dilakukan di Jerman tahun 1977. Program ini dikenal dengan nama . . . .
A. Blue Angel Program
B. Green Angel Program
C. Black Angel Program
D. Red Angel Program
E. Yellow Angel Program
32. Sertifikasi ekolabel pertama kali dilakukan di Jerman tahun 1977. Program ini dikenal dengan nama . . . .
A. Blue Angel Program
B. Green Angel Program
C. Black Angel Program
D. Red Angel Program
E. Yellow Angel Program
Jawaban : A
33. Alur penerbitan sertifikat ekolabel yang benar yaitu . . . .
A. Kegiatan ekolabel dapat diberikan oleh perusahaan melalui materi lingkungan hidup
B. Ekolabel dapat diberikan perusahaan setelah produk menembus pasar modal
C. Pemberian ekolabel dapat diberikan kepada perusahaan yang telah mengikuti kelayakan uji AMDAL
D. Penerbitan ekolabel diberikan kepada perusahaan yang belum lulus AMDAL
E. Penerbitan sertifikasi ekolabel berdasarkan atas penilaian produk yang memberi dampak lingkungan yang relatif lebih kecil
33. Alur penerbitan sertifikat ekolabel yang benar yaitu . . . .
A. Kegiatan ekolabel dapat diberikan oleh perusahaan melalui materi lingkungan hidup
B. Ekolabel dapat diberikan perusahaan setelah produk menembus pasar modal
C. Pemberian ekolabel dapat diberikan kepada perusahaan yang telah mengikuti kelayakan uji AMDAL
D. Penerbitan ekolabel diberikan kepada perusahaan yang belum lulus AMDAL
E. Penerbitan sertifikasi ekolabel berdasarkan atas penilaian produk yang memberi dampak lingkungan yang relatif lebih kecil
Jawaban : E
34. Di Palembang Sumatra Selatan, produk batik tidak hanya berbentuk pakaian, tetapi juga bentuk kerajinan tangan, pengembangan produk ini sesuai dengan prinsip . . . .
A. Akulturasi budaya
B. Ekonomi kreatif
C. Kearifan lokal
D. Interaksi global
E. Sebaran budaya
34. Di Palembang Sumatra Selatan, produk batik tidak hanya berbentuk pakaian, tetapi juga bentuk kerajinan tangan, pengembangan produk ini sesuai dengan prinsip . . . .
A. Akulturasi budaya
B. Ekonomi kreatif
C. Kearifan lokal
D. Interaksi global
E. Sebaran budaya
Jawaban : B
35. Semua organisme yang mampu menyediakan atau mensintesis makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun disebut . . . .
A. Biotik
B. Abiotik
C. Produsen
D. Konsumen
E. Dekomposer
35. Semua organisme yang mampu menyediakan atau mensintesis makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun disebut . . . .
A. Biotik
B. Abiotik
C. Produsen
D. Konsumen
E. Dekomposer
Jawaban : C
36. Interaksi antara unsur penyusun biotik dan lingkungan abiotik yang menyebabkan terbentuknya aliran energi disebut . . . .
A. Rantai makanan
B. Jaring-jaring makanan
C. Piramida makanan
D. Aliran energi
E. Dekomposisi
36. Interaksi antara unsur penyusun biotik dan lingkungan abiotik yang menyebabkan terbentuknya aliran energi disebut . . . .
A. Rantai makanan
B. Jaring-jaring makanan
C. Piramida makanan
D. Aliran energi
E. Dekomposisi
Jawaban : A
37. Perhatikan gambar di bawah ini!
Yang merupakan konsumen tingkat 2 adalah . . . .
37. Perhatikan gambar di bawah ini!
Yang merupakan konsumen tingkat 2 adalah . . . .
Jawaban : D
38. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Siklus oksigen
2. Siklus nitrogen
3. Siklus phospor
4. Siklus hidrogen
5. Siklus sulfur
6. Siklus karbon
7. Siklus air
Siklus biogeokimia adalah . . . .
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 2, 3, 4, 5, 6
C. 1, 2, 3, 5, 6
D. 3, 4, 5, 6, 7
E. 1, 3, 4, 6, 7
Jawaban : C
39. Pada proses dekomposisi terjadi penguraian materi anorganik oleh mikroorganisme tanpa disertai oksigen berlangsung lambat dan menimbulkan bau tidak sedap disebut . . . .
A. Aerob
B. Anaerob
C. Dekomposer
D. Herbivora
E. Karnivora
39. Pada proses dekomposisi terjadi penguraian materi anorganik oleh mikroorganisme tanpa disertai oksigen berlangsung lambat dan menimbulkan bau tidak sedap disebut . . . .
A. Aerob
B. Anaerob
C. Dekomposer
D. Herbivora
E. Karnivora
Jawaban : B
40. Hujan yang mengandung nitrogen masuk ke dalam tanah disebut . . . .
A. Perkolasi
B. Infiltrasi nitrogen
C. Denitrifikasi nitrogen
D. Amonifikasi nitrogen
E. Fiksasi nitrogen
40. Hujan yang mengandung nitrogen masuk ke dalam tanah disebut . . . .
A. Perkolasi
B. Infiltrasi nitrogen
C. Denitrifikasi nitrogen
D. Amonifikasi nitrogen
E. Fiksasi nitrogen
Jawaban : E
41. Dibawah ini adalah unsur-unsur abiotik yang tidakdapatmenyususnekosistemadalah . . .
A. Tanah
B. Meja
C. Suhu udara
D. Air
E. Iklim
41. Dibawah ini adalah unsur-unsur abiotik yang tidakdapatmenyususnekosistemadalah . . .
A. Tanah
B. Meja
C. Suhu udara
D. Air
E. Iklim
Jawaban : B
42. Salah satu contoh kreativitas manusia dalam melakukan upacara adat tradisional yang dilakukan dengan cara membakar jenazah orang yang sudah meninggal merupakan contoh . . . .
A. Kualitas lingkungan
B. Kualitas budaya
C. Ritual budaya
D. Mutu budaya
E. Aspek budaya
42. Salah satu contoh kreativitas manusia dalam melakukan upacara adat tradisional yang dilakukan dengan cara membakar jenazah orang yang sudah meninggal merupakan contoh . . . .
A. Kualitas lingkungan
B. Kualitas budaya
C. Ritual budaya
D. Mutu budaya
E. Aspek budaya
Jawaban : B
43. Ukuran batas atas kadar yang diperkenankan bagi zat atau bahan pencemaran yang terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup atau benda lainnya merupakan pengertian . . . .
A. Mutu lingkungan
B. Kualitas budaya
C. Kualitas biofisik lingkungan
D. Baku mutu lingkungan hidup
E. Kualitas lingkungan hidup
43. Ukuran batas atas kadar yang diperkenankan bagi zat atau bahan pencemaran yang terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup atau benda lainnya merupakan pengertian . . . .
A. Mutu lingkungan
B. Kualitas budaya
C. Kualitas biofisik lingkungan
D. Baku mutu lingkungan hidup
E. Kualitas lingkungan hidup
Jawaban : D
44. Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 82 tahun 2001 tentang klasifikasi mutu air maka air yang digunakan untuk air baku, air minum terdapat pada . . . .
A. Golongan A
B. Golongan B
C. Golongan C
D. Golongan D
44. Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 82 tahun 2001 tentang klasifikasi mutu air maka air yang digunakan untuk air baku, air minum terdapat pada . . . .
A. Golongan A
B. Golongan B
C. Golongan C
D. Golongan D
E. Golongan E
Jawaban : A
45. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Keruh
2. Tidak berwarna
3. Berasa
4. Kesadahan tinggi /mengandung ion
5. PH diatas 8,5
Dari pernyataan diatas ciri-ciri air tercemar terdapat pada nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 5
C. 1, 3, 4
D. 1, 2, 4
E. 3, 4, 5
45. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Keruh
2. Tidak berwarna
3. Berasa
4. Kesadahan tinggi /mengandung ion
5. PH diatas 8,5
Dari pernyataan diatas ciri-ciri air tercemar terdapat pada nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 5
C. 1, 3, 4
D. 1, 2, 4
E. 3, 4, 5
Jawaban : C
46. Batas kadar yang diperbolehkan bagi bahan pencemar yang terdapat di udara dalam menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup merupakan baku mutu . . . .
A. Udara emisi
B. Lingkungan hidup
C. Limbah
D. Ambien
E. Limbah cair kawasan industri
46. Batas kadar yang diperbolehkan bagi bahan pencemar yang terdapat di udara dalam menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup merupakan baku mutu . . . .
A. Udara emisi
B. Lingkungan hidup
C. Limbah
D. Ambien
E. Limbah cair kawasan industri
Jawaban : D
47. Perhatikan tindakan-tindakan berikut!
1. Pemberantasan hama dengan obat semprot
2. Penggiatan prokasih
3. Pemilihan sampah berdasarkan jenisnya
4. Penanaman pohon di pinggir jalan
5. Penggunaan AC sebagai penyejuk ruangan
Dari tindakan diatas yang merupakan program pelestarian lingkungan adalah nomor . . . .
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
47. Perhatikan tindakan-tindakan berikut!
1. Pemberantasan hama dengan obat semprot
2. Penggiatan prokasih
3. Pemilihan sampah berdasarkan jenisnya
4. Penanaman pohon di pinggir jalan
5. Penggunaan AC sebagai penyejuk ruangan
Dari tindakan diatas yang merupakan program pelestarian lingkungan adalah nomor . . . .
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
Jawaban : C
48. Topik pembahasan KTT Bumi di Rio de Jeneiro Brazil pada tahun 1992 yaitu . . . .
A. Pemanfaatan hutan
B. Pembangunan berkelanjutan
C. Pemanfaatan tenaga kerja
D. Pengurangan indeks pembangunan manusia
E. Pemanfaatan teknologi maju
48. Topik pembahasan KTT Bumi di Rio de Jeneiro Brazil pada tahun 1992 yaitu . . . .
A. Pemanfaatan hutan
B. Pembangunan berkelanjutan
C. Pemanfaatan tenaga kerja
D. Pengurangan indeks pembangunan manusia
E. Pemanfaatan teknologi maju
Jawaban : B
49. Pemanfaatan limbah kardus menjadi dompet, tempat pensil atau kotak kacamata mampu meningkatkan nilai ekonomis barang bekas. Contoh tersebut sesuai dengan prinsip . . . .
A. Treatment
B. Source reduction
C. Recycling
D. Reuse
E. Reduce
49. Pemanfaatan limbah kardus menjadi dompet, tempat pensil atau kotak kacamata mampu meningkatkan nilai ekonomis barang bekas. Contoh tersebut sesuai dengan prinsip . . . .
A. Treatment
B. Source reduction
C. Recycling
D. Reuse
E. Reduce
Jawaban : D
50. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Pemberian subsidi terus menerus pada pemanfaatan bahan bakar fosil
2. Penyediaan kebutuhan dasar manusia secara seimbang
3. Pengelolaan lingkungan secara baik
4. Membiarkan parameter berkualitas lingkungan melebih ambang batas
5. Upaya peningkatan kesejahteraan penduduk
Peningkatkan kualitas manusia secara berkelanjutan dapat diupayakan melalui ilustrasi nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
50. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Pemberian subsidi terus menerus pada pemanfaatan bahan bakar fosil
2. Penyediaan kebutuhan dasar manusia secara seimbang
3. Pengelolaan lingkungan secara baik
4. Membiarkan parameter berkualitas lingkungan melebih ambang batas
5. Upaya peningkatan kesejahteraan penduduk
Peningkatkan kualitas manusia secara berkelanjutan dapat diupayakan melalui ilustrasi nomor . . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
Jawaban : D
Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Jawaban PAT Geografi Kelas 11 SMA 2020 K13. Semoga bermanfaat..