40 Soal Tema 3 Kelas 5 Subtema 2 (Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh) + Jawaban
Monday, July 1, 2019
Download contoh latihan soal tema 3 kelas 5 subtema 2 tentang pentingnya makanan sehat bagi tubuh dan kunci jawaban. Pada kali ini, kami akan melanjutkan latihan soal tematik kelas 5 SD MI, yaitu tematik tema 3 tentang Makanan Sehat.
Sebenarnya kami sudah pernah membagikan latihan soal tema 3 (untuk pembelajaran pertama dan kedua). Nah, dalam latihan soal ini, kami melanjutkan artikel tersebut. Jadi, akan kami sampaikan latihan soal tema 3 subtema 2 pembelajaran ketiga dan keempat. Bagi yang belum membuka atau membaca soal tematik kelas 5 yang sebelumnya sudah kami bagikan, silahkan buka : 35 Soal Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 (Makanan Sehat) & Kunci Jawaban. Dan soal selanjutnya : Soal Tema 3 Kelas 5 Semester 1 & Jawaban (Kurikulum 2013 Revisi)
Sama seperti soal sebelumnya, dalam soal ini, kami juga sudah menyediakan pembahasan dan kunci jawaban soal tematik tema 3. Anda dapat melihat kunci jawaban soal dengan sangat mudah, yaitu sudah kami sediakan pada akhir artikel. Tinggal lihat saja. Harapan kami dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan tematik kelas 5 yang ada pada artikel ini.
Semoga saja tidak ada kunci jawaban yang salah. Namun, jika memang ada kunci jawaban yang salah, mohon hubungi kami melalui kolom komentar yang tertera. Silahkan masukkan soal nomor berapa yang salah. Akan lebih sangat membatu kami jika anda juga menunjukkan jawaban yang benar. Nanti akan kami perbaiki secepatnya.
Nah, bagi yang sudah merasa cocok dengan soal tematik kelas 5 SD MI ini, anda dapat mendownload soal tematik dengan cara yang juga mudah. Klik saja TOMBOL LINK DOWNLOAD, maka anda akan diarahkan ke halaman download. Ikuti saja petunjuk yang disediakan.
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 2. Semoga saja soal dan jawaban tematik kelas 5 SD MI ini bermanfaat untuk para pembaca. Silahkan latihan soal ini digunakan dalam kebutuhan pendidikan, mulai dari soal Ulangan Harian, Latihan soal UTS/ UAS.
A. toko
B. swalayan
C. pasar
D. mall
2. Pembeli biasanya menggunakan barang yang dibeli untuk kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini pembeli berperan sebagal …
A. konsumen
B. konsumsi
C. produsen
D. distributor
3. Penjual melakukan kegiatan ekonomi menjual produk kepada pembeli. Dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan penjual termasuk kegiatan …
A. distributor
B. distribusi
C. produksi
D. konsumsi
4. Keuntungan yang didapat oleh penjual dari hasil penjualannya berupa ...
A. rugi
B. upah
C. gaji
D. laba
5. Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan ….
A. keahlian
B. kebiasaan
C. norma
D. adat istiadat
6. Barang yang dijual oleh penjual di pasar dihasilkan oleh …
A. distributor
B. konsumen
C. produsen
D. produksi
7. Tujuan adanya adat istiadat dalam masyarakat adalah …
A. menambah keragaman budaya bangsa
B. mengatur tata tertib dalam masyarakat
C. sebagai ciri khas suku bangsa
D. sumber kebudayaan yang khas
8. Sisingaan merupakan tradisi arak-arakan anak yang akan dikhitan yang berasal dari …
A. Tasikmalaya
B. Garut
C. Sumedang
D. Subang
9. Mengapa adat istiadat di Jawa Tengan dan Jawa Timur memiliki kesamaan?
A. satu keturunan bangsa
B. warga masyarakatnya sama
C. wilayahnya berdekatan
D. satu keturunan nenek moyang
10. Adat Palang Pintu pada acara pemikahan merupakan kebudayaan yang berasal dari …
A. Jawa
B. Sunda
C. Betawi
D. Minangkabau
11. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar itu menunjukkan peristiwa di …
A. kantor
B. pasar
C. supermarket
D. koperasi
12. Di pasar terdapat 2 kelompok orang yaitu …
A. pembeli dan pencari barang
B. penjual dan pedagang
C. pedagang dan pembeli
D. pembeli dan kuli panggul
13. Di pasar terdapat perbedaan seperti ....
A. warna pakaian
B. jenis ukuran pakaian
C. jenis barang dangangan
D. kendaraan
14. Sekalipun dalam kehidupan terdapat perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan. Akan tetapi, kita harus dapat …
A. tidak perlu saling membantu dan tidak perlu bekerja sama
B. tidak perlu saling membantu dan bekerja sama
C. saling membantu dan bekerjasama
D. saling membantu dan tidak perlu bekerja sama
15. Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti …
A. banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain
B. berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan
C. perbedaan tujuan
D. perbedaan dan keanekaragaman
16. Menurut pendapatku, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk …
A. memenuhi kebutuhan hidup lingkungan
B. memenuhi kebutuhan hidup bersama
C. memenuhi kebutuhan hidup saya
D. memenuhi kebutuhan hidup beberapa orang
17. Perhatikan gambar berikul ini! Kedua gambar di atas bercerita tentang …
A. upaya manusia dalam sebuah pembangunan budaya
B. upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial
C. upaya manusia dalam sebuah pembangunan
D. upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya
18. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar itu menunjukkan kesenian dan budaya dari daerah ...
A. Pulau Kalimantan
B. Pulau Sumatera
C. Pulau Jawa
D. Pulau Papua
19. Penggunaan …. Adalah salah contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.
A. bahasa Indonesia
B. bahasa Jawa
C. bahasa Sumatera
D. bahasa Sunda
20. lklan memang harus dibuat …
A. bagus
B. sederhana
C. menarik
D. besar
21. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar itu menunjukkan adanya …
A. peringatan
B. pemberitahuan
C. pengumuman
D. iklan
22. Infused water atau spawater atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan …
A. air mineral
B. air sehat
C. air putih
D. air infus
23. Perhatikan iklan berikut!
Iklan tersebut termasuk jenis iklan media …
A. radio
B. elektronik
C. cetak
D. televisi
24. Berdasarkan kepentingannya, iklan tersebut termasuk iklan …
A. pemerintah
B. sosial
C. komersil
D. kesehalan
25. Pesan yang tersirat dari iklan tersebut yaitu …
A. Bangsa Indonesia memiliki budaya
B. Hidup rukun cerminan budaya
C. Hidup rukun seperti dalam cermin
D. Rakyat Indonesia harus hidup rukun
26. Gambar iklan tersebut menunjukkan warga sedang …
A. bekerja
B. bergotong royong
C. menjaga kerukunan
D. menjalin kebersamaan
27. Dibawah ini yang bukan termasuk gangguan pada sistem pencernaan yaitu …
a. mag
b. disentri
c. sambelit
d. polip
28. “Hidup Rukun Cermin Budaya Bangsa Indonesia”. Kata cermin pada kalimat tersebut artinya ….
A. menjelaskan
B. lensa
C. kaca
D. menunjukkan
29. Iklan dapat ditayangkan melalui media cetak maupun elektronik. Berikut yang tidak termasuk contoh media elektronik yaitu ....
a. radio
b. buletin
c. televisi
d. internet
30. Bagi penderita diare, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah ....
a. mengonsumsi makanan dan minuman yang pahit
b. minum susu atau minuman berenergi
c. makan makanan yang banyak mengandung gula
d. mengonsumsi larutan garam dan gula
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pembangunan Sosial?
3. Bagaimana sifat dari adat istiadat yang berlaku di suatu masyarakat di daerah tertentu?
4. Sebutkan 3 cara menjaga kerukunan di sekolah
5. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Jawa!
6. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Sumatera!
7. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Kalimantan!
8. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Sulawesi!
9. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Bali!
10. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Papua!
1. Pasar adalah tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli
2. Pembangunan sosial adalah aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial
3. Adat istiadat sifatnya mengatur masyarakat dan dianut secara turun temurun dari generasi ke generasi
4. tidak melanggar peraturan, tidak berkelahi, tidak membeda-bedakan teman
5. Sekaten, Tedak Sinten
6. Mangongal Holi, Ngobeng, Nganggung
7. Aruh Baharain, Maccera Tasi, Mandi Tian Mandaring
8. Mappali, Angngirang, Ammateang
9. Ngaben, Melasti, Omed-omedan
10. Tradisi Potong Jari, Pesta Batu Bakar, Tradisi Mumi
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 7 B 13 C 19 A 25 D
2 A 8 D 14 C 20 C 26 B
3 B 9 C 15 B 21 D 27 D
4 D 10 C 16 B 22 B 28 B
5 D 11 B 17 D 23 C 29 A
6 C 12 B 18 D 24 B 30 C
Orang lain juga membuka :
1. Soal Tema 3 Kelas 5 Semester 1 & Jawaban (Kurikulum 2013 Revisi)
2. 35 Soal Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 (Makanan Sehat) & Kunci Jawaban
Demikian kumpulan contoh latihan soal tema 3 kelas 5 (Makanan Sehat) Subtema 2 (Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh) beserta kunci jawaban dan pembahasan soal. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini untuk mendownload contoh soal tematik kelas 5 SD MI di atas. Sumber https://www.muttaqin.id/
Sebenarnya kami sudah pernah membagikan latihan soal tema 3 (untuk pembelajaran pertama dan kedua). Nah, dalam latihan soal ini, kami melanjutkan artikel tersebut. Jadi, akan kami sampaikan latihan soal tema 3 subtema 2 pembelajaran ketiga dan keempat. Bagi yang belum membuka atau membaca soal tematik kelas 5 yang sebelumnya sudah kami bagikan, silahkan buka : 35 Soal Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 (Makanan Sehat) & Kunci Jawaban. Dan soal selanjutnya : Soal Tema 3 Kelas 5 Semester 1 & Jawaban (Kurikulum 2013 Revisi)
Soal Kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 2
Dalam soal yang sebelumnya latihan soal yang kami bagikan terdiri dari 3 jenis soal, yaitu soal pilihan ganda (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian. Sedangkan dalam soal ini, kami hanya membagikan 2 jenis soal saja, yaitu soal pilihan ganda dan soal essay saja. Jumlah soal yang ada pada artikel ini juga lebih banyak, yaitu ada 40 soal tematik kelas 5 SD MI yang kami bagikan.Sama seperti soal sebelumnya, dalam soal ini, kami juga sudah menyediakan pembahasan dan kunci jawaban soal tematik tema 3. Anda dapat melihat kunci jawaban soal dengan sangat mudah, yaitu sudah kami sediakan pada akhir artikel. Tinggal lihat saja. Harapan kami dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan tematik kelas 5 yang ada pada artikel ini.
Semoga saja tidak ada kunci jawaban yang salah. Namun, jika memang ada kunci jawaban yang salah, mohon hubungi kami melalui kolom komentar yang tertera. Silahkan masukkan soal nomor berapa yang salah. Akan lebih sangat membatu kami jika anda juga menunjukkan jawaban yang benar. Nanti akan kami perbaiki secepatnya.
Nah, bagi yang sudah merasa cocok dengan soal tematik kelas 5 SD MI ini, anda dapat mendownload soal tematik dengan cara yang juga mudah. Klik saja TOMBOL LINK DOWNLOAD, maka anda akan diarahkan ke halaman download. Ikuti saja petunjuk yang disediakan.
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal kelas 5 Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 2. Semoga saja soal dan jawaban tematik kelas 5 SD MI ini bermanfaat untuk para pembaca. Silahkan latihan soal ini digunakan dalam kebutuhan pendidikan, mulai dari soal Ulangan Harian, Latihan soal UTS/ UAS.
Soal Pilihan Ganda Subtema 2 (Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh)
1. Tempat terjadinya kegiatan jual beli disebut …A. toko
B. swalayan
C. pasar
D. mall
2. Pembeli biasanya menggunakan barang yang dibeli untuk kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini pembeli berperan sebagal …
A. konsumen
B. konsumsi
C. produsen
D. distributor
3. Penjual melakukan kegiatan ekonomi menjual produk kepada pembeli. Dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan penjual termasuk kegiatan …
A. distributor
B. distribusi
C. produksi
D. konsumsi
4. Keuntungan yang didapat oleh penjual dari hasil penjualannya berupa ...
A. rugi
B. upah
C. gaji
D. laba
5. Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan ….
A. keahlian
B. kebiasaan
C. norma
D. adat istiadat
6. Barang yang dijual oleh penjual di pasar dihasilkan oleh …
A. distributor
B. konsumen
C. produsen
D. produksi
7. Tujuan adanya adat istiadat dalam masyarakat adalah …
A. menambah keragaman budaya bangsa
B. mengatur tata tertib dalam masyarakat
C. sebagai ciri khas suku bangsa
D. sumber kebudayaan yang khas
8. Sisingaan merupakan tradisi arak-arakan anak yang akan dikhitan yang berasal dari …
A. Tasikmalaya
B. Garut
C. Sumedang
D. Subang
9. Mengapa adat istiadat di Jawa Tengan dan Jawa Timur memiliki kesamaan?
A. satu keturunan bangsa
B. warga masyarakatnya sama
C. wilayahnya berdekatan
D. satu keturunan nenek moyang
A. Jawa
B. Sunda
C. Betawi
D. Minangkabau
11. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar itu menunjukkan peristiwa di …
A. kantor
B. pasar
C. supermarket
D. koperasi
12. Di pasar terdapat 2 kelompok orang yaitu …
A. pembeli dan pencari barang
B. penjual dan pedagang
C. pedagang dan pembeli
D. pembeli dan kuli panggul
13. Di pasar terdapat perbedaan seperti ....
A. warna pakaian
B. jenis ukuran pakaian
C. jenis barang dangangan
D. kendaraan
14. Sekalipun dalam kehidupan terdapat perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan. Akan tetapi, kita harus dapat …
A. tidak perlu saling membantu dan tidak perlu bekerja sama
B. tidak perlu saling membantu dan bekerja sama
C. saling membantu dan bekerjasama
D. saling membantu dan tidak perlu bekerja sama
15. Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti …
A. banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain
B. berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan
C. perbedaan tujuan
D. perbedaan dan keanekaragaman
16. Menurut pendapatku, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk …
A. memenuhi kebutuhan hidup lingkungan
B. memenuhi kebutuhan hidup bersama
C. memenuhi kebutuhan hidup saya
D. memenuhi kebutuhan hidup beberapa orang
17. Perhatikan gambar berikul ini! Kedua gambar di atas bercerita tentang …
A. upaya manusia dalam sebuah pembangunan budaya
B. upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial
C. upaya manusia dalam sebuah pembangunan
D. upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya
18. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar itu menunjukkan kesenian dan budaya dari daerah ...
A. Pulau Kalimantan
B. Pulau Sumatera
C. Pulau Jawa
D. Pulau Papua
19. Penggunaan …. Adalah salah contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.
A. bahasa Indonesia
B. bahasa Jawa
C. bahasa Sumatera
D. bahasa Sunda
20. lklan memang harus dibuat …
A. bagus
B. sederhana
C. menarik
D. besar
21. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar itu menunjukkan adanya …
A. peringatan
B. pemberitahuan
C. pengumuman
D. iklan
22. Infused water atau spawater atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan …
A. air mineral
B. air sehat
C. air putih
D. air infus
23. Perhatikan iklan berikut!
Iklan tersebut termasuk jenis iklan media …
A. radio
B. elektronik
C. cetak
D. televisi
24. Berdasarkan kepentingannya, iklan tersebut termasuk iklan …
A. pemerintah
B. sosial
C. komersil
D. kesehalan
25. Pesan yang tersirat dari iklan tersebut yaitu …
A. Bangsa Indonesia memiliki budaya
B. Hidup rukun cerminan budaya
C. Hidup rukun seperti dalam cermin
D. Rakyat Indonesia harus hidup rukun
26. Gambar iklan tersebut menunjukkan warga sedang …
A. bekerja
B. bergotong royong
C. menjaga kerukunan
D. menjalin kebersamaan
27. Dibawah ini yang bukan termasuk gangguan pada sistem pencernaan yaitu …
a. mag
b. disentri
c. sambelit
d. polip
28. “Hidup Rukun Cermin Budaya Bangsa Indonesia”. Kata cermin pada kalimat tersebut artinya ….
A. menjelaskan
B. lensa
C. kaca
D. menunjukkan
29. Iklan dapat ditayangkan melalui media cetak maupun elektronik. Berikut yang tidak termasuk contoh media elektronik yaitu ....
a. radio
b. buletin
c. televisi
d. internet
30. Bagi penderita diare, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah ....
a. mengonsumsi makanan dan minuman yang pahit
b. minum susu atau minuman berenergi
c. makan makanan yang banyak mengandung gula
d. mengonsumsi larutan garam dan gula
Soal Essay/ Esai/ Uraian Subtema 2 (Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh)
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar!2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pembangunan Sosial?
3. Bagaimana sifat dari adat istiadat yang berlaku di suatu masyarakat di daerah tertentu?
4. Sebutkan 3 cara menjaga kerukunan di sekolah
5. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Jawa!
6. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Sumatera!
7. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Kalimantan!
8. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Sulawesi!
9. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Bali!
10. Sebutkan contoh adast istiadat yang ada di masyarakat Papua!
Kunci Jawaban Soal Tema 3 (Makanan Sehat) Subtema 2
Jawaban Soal Esai/ Uraian1. Pasar adalah tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli
2. Pembangunan sosial adalah aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial
3. Adat istiadat sifatnya mengatur masyarakat dan dianut secara turun temurun dari generasi ke generasi
4. tidak melanggar peraturan, tidak berkelahi, tidak membeda-bedakan teman
5. Sekaten, Tedak Sinten
6. Mangongal Holi, Ngobeng, Nganggung
7. Aruh Baharain, Maccera Tasi, Mandi Tian Mandaring
8. Mappali, Angngirang, Ammateang
9. Ngaben, Melasti, Omed-omedan
10. Tradisi Potong Jari, Pesta Batu Bakar, Tradisi Mumi
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 7 B 13 C 19 A 25 D
2 A 8 D 14 C 20 C 26 B
3 B 9 C 15 B 21 D 27 D
4 D 10 C 16 B 22 B 28 B
5 D 11 B 17 D 23 C 29 A
6 C 12 B 18 D 24 B 30 C
Orang lain juga membuka :
1. Soal Tema 3 Kelas 5 Semester 1 & Jawaban (Kurikulum 2013 Revisi)
2. 35 Soal Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 (Makanan Sehat) & Kunci Jawaban
Demikian kumpulan contoh latihan soal tema 3 kelas 5 (Makanan Sehat) Subtema 2 (Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh) beserta kunci jawaban dan pembahasan soal. LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan di bawah ini untuk mendownload contoh soal tematik kelas 5 SD MI di atas. Sumber https://www.muttaqin.id/