100 Contoh Soal UMPTKIN 2020 dan Kunci Jawaban, Online dan PDF
Saturday, July 20, 2019
Hai sobat, setelah kemarin admin mempostingkan naskah asli soal UMPTKIN 2019. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal UMPTKIN 2020 dan kunci jawaban lengkap.
100 Contoh Soal UMPTKIN 2020 dan Kunci Jawaban, Online dan PDF
Jumlah keseluruhan soalnya adalah 100 yang admin berikan dalam bentuk online dan juga pdf yang bisa sobat download secara gratis. Sebelum masuk ke soal, berikut ini sekilas info tentang UMPTKIN.
UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri) adalah tes yang diberlakukan oleh setiap PTN keislaman seperti IAIN, UIN, STAIN. Yang mana di metode penyeleksian di bagian soal terdapat jenis soal keislaman.
UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri) adalah tes yang diberlakukan oleh setiap PTN keislaman seperti IAIN, UIN, STAIN. Yang mana di metode penyeleksian di bagian soal terdapat jenis soal keislaman.
Seperti akidah akhlak, fikih, al quran hadits, bahasa arab, SKI. Yang mana jika sobat berada di MA pasti mempelajari hal in.
Sedangkan untuk SMA dan SMK min?
Rincian materi pada masing - masing jenis soal UMPTKIN adalah sebagai berikut :
Rincian materi pada masing - masing jenis soal UMPTKIN adalah sebagai berikut :
- TKD (Tes Kemampuan Dasar) : Tes Potensi Akademik, bahasa, dan soal keislaman
- Tes Kemampuan IPS : Sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah
- Tes Kemampuan IPA : Biologi, kimia, fisika, matematika
Dengan tujuan agar bisa digunakan oleh semua jenjang pendidikan SMA MA dan SMK admin membuat soal latihan di bawah ini.
Diharapkan latihan soal UMPTKIN 2020 ini bisa sobat jadikan referensi seperti prediksi soal yang akan dihadapi mendatang. Dan sobat bisa lolos dan menjadi salah satu mahasiswa (i) di tempat yang diinginkan. Amin...
Diharapkan latihan soal UMPTKIN 2020 ini bisa sobat jadikan referensi seperti prediksi soal yang akan dihadapi mendatang. Dan sobat bisa lolos dan menjadi salah satu mahasiswa (i) di tempat yang diinginkan. Amin...
100 Contoh Soal UMPTKIN 2020 dan Kunci Jawaban, Online dan PDF, DOWNLOAD
Soal UMPTKIN Tes Potensi Akademik
1. Terkesan aneh bin ajaib jika benar Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu. Langkah demikian merefleksikan ketidakberdayaan Pemerintah merumuskan kebijakan mengatasi subsidi bahan bakar minyak yang dinilai tidak tepat sasaran. Kekacauan kebijakan subsidi terletak pada desain kebijakan itu sendiri tanpa dikaitkan dengan problem nasional lain terkait energi. Semua ini sebenarnya disebabkan oleh ketidakjelasan Pemerintah dalam mengelola energi nasional.
Arti istilah fatwa dalam paragraf tersebut adalah ....
A. keputusan
B. usulan
C. imbauan
D. larangan
E. pengumuman
Jawaban : A
2. Pemakaian sumber minyak bumi yang sangat besar untuk berbagai keperluan telah menguras sumber‐sumber minyak bumi dunia, sehingga persediaan minyak bumi dunia semakin lama makin berkurang. Bila tidak ditemukan sumber energi lain sebagai sumber alternatif, dalam waktu yang tidak lama lagi dunia akan mengalami krisis energi. Memang sampai sekarang minyak bumi masih merupakan sumber energi utama berbagai keperluan kehidupan manusia. Terutama untuk berbagai macam industri dan transportasi.
Kesimpulan paragraf diatas adalah….
A. Persediaan minyak bumi dunia semakin berkurang.
B. Dunia akan mengalami krisis energi.
C. Pemakaian sumber minyak bumi sangat besar. .
D. Perlunya sumber energi alternatif dalam kehidupan
E. Minyak bumi bukan satu‐satunya sumber energi utama.
Jawaban : D
3. Pemakaian imbuhan per‐an pada kalimat Di Amerika telah dicoba mencampurkan batu bara ke dalam air, lantas dikirimkan ke perusahaan pemakai lewat pipa , sama maknanya dengan imbuhan per‐an pada kalimat….
A. Pertambangan minyak di lepas pantai membutuhkan tenaga yang handal.
B. Pengolahan batu bara berkembang seiring dengan peradaban bangsa.
C. Di setiap perhentian truk pengangkut batu bara, tersedia layanan bagi sopir.
D. Perizinan penambangan batu bara harus diperbaharui setiap tahun.
E. Perbaikan jalan itu akan memakan waktu cukup lama.
Jawaban : A
4. Gubernur DKI menginstruksikan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami palawija maupun sayur‐ sayuran.
Kata yang dicetak miring dalam kalimat di atas mempunyai makna….
A. Kebun milik tuan tanah.
B. Lahan yang tidak ada pemiliknya. C. Lahan yang kosong dan tidak dimanfaatkan.
D. Tanah pembangunan proyek yang terbengkalai.
E. Tanah di sekitar bangunan fasilitas milik pemerintah.
Jawaban : C
5. Kakak menggeleng‐gelengkan kepala ketika mendengarkan nyanyian cucunya.
Makna kata ulang dalam kalimat diatas adalah….
A. melakukan pekerjaan bersama‐sama.
B. melakukan pekerjaan berulang‐ulang
C. menyatakan senang
D. menyatakan saling
E. menyatakan keadaan
Jawaban : B
6. Setelah mendapatkan penjelasan Bapak Lurah, kedua orang yang bertengkar itu bersalam‐salaman.
Makna kata bersalam‐salaman pada kalimat diatas searti dengan….
A. Menari‐nari
B. Membaca‐baca
C. Pukul‐memukul
D. Berderet‐deret
E. Meraung‐raung
Jawaban : C
7. “ Tak bisa kurang sedikit?”
“ Tentu saja bisa, Mister. Dalam perdagangan seperti ini, harga bisa damai. Apalagi Mister pecinta benda seni!”
Tammy tak mendengarkan lebih lanjut, dengan tangkas dia bangkit kemudian ke belakang. Dia menulis sepucuk surat untuk Tuan wahyono, ahli keramik sebelah rumah. Dia suruh pelayannya cepat mengantarkan surat itu.
“ Aku minta bantuan Tuan Wahyono untuk menilai harga teko ini. Dia adalah ahli keramik. Rumahnya disebelah itu,” ujar Tammy setelah kembali duduk di dekat tamunya.
Amanat yang paling menonjol dari penggalan cerpen tersebut adalah….
A. Dalam berdagang tidak boleh memberikan harga mati.
B. Sebaiknya serahkanlah suatu urusan kepada orang yang ahli.
C. Kita harus menjalin hubungan baik dengan tetangga yang mempunyai keahlian.
D. Menjadi pesuruh harus taat dan cekatan dalam bekerja.
E. Surat dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan tetangga.
Jawaban : B
8. Kalimat yang didalamnya terdapat kata tidak baku adalah….
A. Atlet‐atlet Indonesia memenangkan berbagai pertandingan internasional.
B. Pagi itu bapak presiden meresmikan kilang minyak di lepas pantai.
C. Seorang dokter selain bertugas di rumah sakit ia pun bisa mengadakan praktek di rumah.
D. Dalam segi pengadaan dana, sebenarnya TVRI mempunyai beberapa fasilitas yang menguntungkan.
E. Peledakan jumlah penduduk di kota‐ kota besar pada umumnya disebabkan oleh urbanisasi.
Jawaban : C
9. Pak Robert membeli tujuh karung beras.
Kalimat di atas menggunakan frase ambigu. Agar makna kalimat diatas jelas, perbaikannya adalah…
A. Pak Robert membeli tujuh karung untuk beras.
B. Pak Robert membeli beras dalam tujuh karung.
C. Pak Robert membeli karung sampai tujuh beras.
D. Pak Robert membeli beras sebanyak tujuh karung.
E. Pak Robert membeli beras dengan tujuh karung.
Jawaban : D
10. Saya pasti memaafkan….dia mau mengakui kesalahannya.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah….
A. bahwa
B. sebelum
C. setelah
D. dengan
E. seandainya
Jawaban : E
11. DEFISA =
A. anggaran
B. pendapatan
C. pekerjaan
D. pengeluaran
E. pengurangan
Jawaban : B
12. ENUMERASI =
A. pengikisan
B. pelepasan
C. pendapatan
A. pengikisan
B. pelepasan
C. pendapatan
D. pengeluaran
E. pengurangan
Jawaban : E
13. ANTAP =
A. kosong
13. ANTAP =
A. kosong
B. ringan
C. padat
D. isi
E. jumlah
E. jumlah
Jawaban : C
A. kemerosotan
B. keahlian
C. kemunduran
D. kekurangan
E. kemajuan
Jawaban : E
15. RESIPIEN ><
A. tarik
B. donor
C. terima
D. angket
E. memo
C. terima
D. angket
E. memo
Jawaban : B
16. PERAI ><
A. bersatu
B. bercerai
16. PERAI ><
A. bersatu
B. bercerai
C. berpisah
D. bertemu
E. berjumpa
Jawaban : A
A. SEMBUNYI : tudung
B. BERPIKIR : otak
C. KAKI : berjalan
D. TOPI : hujan
E. MENULIS : ketik
Jawaban : B
18. FAKIR : miskin
A. NESTAPA : duka
B. KERING : kerontang
C. TANGAN : panjang
D. KAKI : tendang
E. AROMA : rasa
18. FAKIR : miskin
A. NESTAPA : duka
B. KERING : kerontang
C. TANGAN : panjang
D. KAKI : tendang
E. AROMA : rasa
Jawaban : B
19. SAPI : rumput
A. KALAJENGKING : racun
B. KAYU : rayap
C. CICAK : nyamuk
D. JAGUNG : ayam
E. CUMI : cairan
19. SAPI : rumput
A. KALAJENGKING : racun
B. KAYU : rayap
C. CICAK : nyamuk
D. JAGUNG : ayam
E. CUMI : cairan
Jawaban : C
20. 75,97,60,92,45,….
A. 54
B. 75
C. 78
D. 87
E. 102
20. 75,97,60,92,45,….
A. 54
B. 75
C. 78
D. 87
E. 102
Jawaban : D
21. 80,60,41,24,10,….
A. 0
B. 2
C. 4
D. 6
E. 8
21. 80,60,41,24,10,….
A. 0
B. 2
C. 4
D. 6
E. 8
Jawaban : E
21. Berapakah sepersembilan dari 180,90 ?
A. 2,010
B. 2,100
C. 12,10
D. 20,10
E. 21,01
21. Berapakah sepersembilan dari 180,90 ?
A. 2,010
B. 2,100
C. 12,10
D. 20,10
E. 21,01
Jawaban : D
22. Pak Paryadi memiliki tanah seluas 2000 m2. Seperdelapan luas tanah tersebut akan ditanami pohon buah naga. Jika sebuah pohon buah naga membutuhkan luas tanah seluas 5 m2. Berapakah jumlah pohon buah naga yang dapat ditanam Pak Paryadi ?
25. Jika a < 0 dan b < 0, maka berlaku….
A. a + b < 0
B. a + b > 0
C. 2a – b > 0
D. a – b > 0
E. ab <0
Jawaban : A
Soal UMPTKIN Bahasa Inggris
Questions 26 – 28 are based on the following text.
The Internet started in the 1960s as a way for government researchers to share information. Computers in the '60s were large and immobile and in order to make use of information stored in any one computer, one had to either travel to the site of the computer or have magnetic computer tapes sent through the conventional postal system.
Another catalyst in the formation of the Internet was the heating up of the Cold War. The Soviet Union's launch of the Sputnik satellite spurred the U.S. Defense Department to consider ways information could still be disseminated even after a nuclear attack. This eventually led to the formation of the ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), the network that ultimately evolved into what we now know as the Internet. ARPANET was a great success but membership was limited to certain academic and research organizations who had contracts with the Defense Department. In response to this, other networks were created to provide information sharing.
January 1, 1983 is considered the official birthday of the Internet. Prior to this, the various computer networks did not have a standard way to communicate with each other. A new communications protocol kinds of computers on different networks to "talk" to each other. ARPANET and the Defense Data Network officially changed to the TCP/IP standard on January 1, 1983, hence the birth of the Internet. All networks could now be connected by a universal language.
26. What is mainly discussed in the text?
A. The impacts of the Cold War
B. Ways to develop the Internet
C. The history of the Internet development
D. Parties having roles in developing the Internet
E. The development of ARPANET
22. Pak Paryadi memiliki tanah seluas 2000 m2. Seperdelapan luas tanah tersebut akan ditanami pohon buah naga. Jika sebuah pohon buah naga membutuhkan luas tanah seluas 5 m2. Berapakah jumlah pohon buah naga yang dapat ditanam Pak Paryadi ?
A. 5 pohon
B. 6 pohon
C. 8 pohon
D. 10 pohon
E. 50 pohon
Jawaban : E
23. Berapakah nilai dari 27,5 % dari 200 ?
A. 44
B. 45
C. 54
D. 54,5
E. 55
23. Berapakah nilai dari 27,5 % dari 200 ?
A. 44
B. 45
C. 54
D. 54,5
E. 55
Jawaban : E
24. Arnold mengendarai motor dengan kecepatan 75 km/jam dengan jarak tempuh 225 km. Jika Arnold berangkat pukul 06.30 maka akan tiba di lokasi yang dituju pada pukul….
A. 09.00
B. 09.15
C. 09.30
24. Arnold mengendarai motor dengan kecepatan 75 km/jam dengan jarak tempuh 225 km. Jika Arnold berangkat pukul 06.30 maka akan tiba di lokasi yang dituju pada pukul….
A. 09.00
B. 09.15
C. 09.30
D. 10.00
E. 10.30
Jawaban : C
25. Jika a < 0 dan b < 0, maka berlaku….
A. a + b < 0
B. a + b > 0
C. 2a – b > 0
D. a – b > 0
E. ab <0
Jawaban : A
Soal UMPTKIN Bahasa Inggris
Questions 26 – 28 are based on the following text.
The Internet started in the 1960s as a way for government researchers to share information. Computers in the '60s were large and immobile and in order to make use of information stored in any one computer, one had to either travel to the site of the computer or have magnetic computer tapes sent through the conventional postal system.
Another catalyst in the formation of the Internet was the heating up of the Cold War. The Soviet Union's launch of the Sputnik satellite spurred the U.S. Defense Department to consider ways information could still be disseminated even after a nuclear attack. This eventually led to the formation of the ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), the network that ultimately evolved into what we now know as the Internet. ARPANET was a great success but membership was limited to certain academic and research organizations who had contracts with the Defense Department. In response to this, other networks were created to provide information sharing.
January 1, 1983 is considered the official birthday of the Internet. Prior to this, the various computer networks did not have a standard way to communicate with each other. A new communications protocol kinds of computers on different networks to "talk" to each other. ARPANET and the Defense Data Network officially changed to the TCP/IP standard on January 1, 1983, hence the birth of the Internet. All networks could now be connected by a universal language.
26. What is mainly discussed in the text?
A. The impacts of the Cold War
B. Ways to develop the Internet
C. The history of the Internet development
D. Parties having roles in developing the Internet
E. The development of ARPANET
Jawaban : C
27. The following statements are true about the Internet, EXCEPT
A. It was called ARPANET at first.
B. It was originally the idea of the Soviet Union.
C. It was developed greatly during the Cold War.
D. It was firstly used only by government researchers.
E. It makes possible for all networks to get connected.
27. The following statements are true about the Internet, EXCEPT
A. It was called ARPANET at first.
B. It was originally the idea of the Soviet Union.
C. It was developed greatly during the Cold War.
D. It was firstly used only by government researchers.
E. It makes possible for all networks to get connected.
Jawaban : B
28. The word “eventually” in line 6 can be replaced by
A. later
B. at first
C. forever
D. in the end
E. at any time
28. The word “eventually” in line 6 can be replaced by
A. later
B. at first
C. forever
D. in the end
E. at any time
Jawaban : D
Questions 29 – 34 are based on the following text.
As social insects living in a colony, honey bees must communicate with one another. Honey bees use movement, odor cues, and even food exchanges to share information.
Honey bee workers perform a series of movements, often referred to as the "waggle dance," to teach other workers the location of food sources more than 150 meters from the hive. Scout bees fly from the colony in search of pollen and nectar. If successful in finding good supplies of food, the scouts return to the hive and "dances" on the honeycomb.
The honey bee first walks straight ahead, vigorously shaking its abdomen and producing a buzzing sound with the beat of its wings. The distance and speed of this movement communicates the distance of the foraging site to the others. Communicating direction becomes more complex, as the dancing bee aligns her body in the direction of the food, relative to the sun. The entire dance pattern is a figure‐eight, with the bee repeating the straight portion of the movement each time it circles to the center again.
Honey bees also use two variations of the waggle dance to direct others to food sources closer to home. The round dance, a series of narrow circular movements, alerts colony members to the presence of food within 50 meters of the hive. This dance only communicates the direction of the supply, not the distance. The sickle dance, a crescent‐shaped pattern of moves, alerts workers to food supplies within 50‐150 meters from the hive.
The honey bee dance was observed and noted by Aristotle as early as 330 BC. Karl von Frisch, a professor of zoology in Munich, Germany, earned the Nobel Prize in 1973 for his groundbreaking research on this dance language. His book The Dance Language and Orientation of Bees, published in 1967, presents fifty years of research on honey bee communication.
29. What is the topic of the text above?
A. The way honey bees communicate
B. How honey bees find their food
C. The life cycle of honey bees
D. Researches on honey bees’ dances
E. Kinds of honey bees’ dances
Questions 29 – 34 are based on the following text.
As social insects living in a colony, honey bees must communicate with one another. Honey bees use movement, odor cues, and even food exchanges to share information.
Honey bee workers perform a series of movements, often referred to as the "waggle dance," to teach other workers the location of food sources more than 150 meters from the hive. Scout bees fly from the colony in search of pollen and nectar. If successful in finding good supplies of food, the scouts return to the hive and "dances" on the honeycomb.
The honey bee first walks straight ahead, vigorously shaking its abdomen and producing a buzzing sound with the beat of its wings. The distance and speed of this movement communicates the distance of the foraging site to the others. Communicating direction becomes more complex, as the dancing bee aligns her body in the direction of the food, relative to the sun. The entire dance pattern is a figure‐eight, with the bee repeating the straight portion of the movement each time it circles to the center again.
Honey bees also use two variations of the waggle dance to direct others to food sources closer to home. The round dance, a series of narrow circular movements, alerts colony members to the presence of food within 50 meters of the hive. This dance only communicates the direction of the supply, not the distance. The sickle dance, a crescent‐shaped pattern of moves, alerts workers to food supplies within 50‐150 meters from the hive.
The honey bee dance was observed and noted by Aristotle as early as 330 BC. Karl von Frisch, a professor of zoology in Munich, Germany, earned the Nobel Prize in 1973 for his groundbreaking research on this dance language. His book The Dance Language and Orientation of Bees, published in 1967, presents fifty years of research on honey bee communication.
29. What is the topic of the text above?
A. The way honey bees communicate
B. How honey bees find their food
C. The life cycle of honey bees
D. Researches on honey bees’ dances
E. Kinds of honey bees’ dances
Jawaban : A
30. Which of the following is closest in meaning with “align” (line 9)?
A. Bow
30. Which of the following is closest in meaning with “align” (line 9)?
A. Bow
B. Turn E
C. Straighten D. Join
. Bend
. Bend
Jawaban : C
31. In which line of the text does the author mention a kind of dances showing the location of the nearest food sources?
A. 3 – 4
B. 7 – 8
C. 10 – 11
31. In which line of the text does the author mention a kind of dances showing the location of the nearest food sources?
A. 3 – 4
B. 7 – 8
C. 10 – 11
D. 12 – 13
E. 16 – 17
E. 16 – 17
Jawaban : D
32. Which of the following is NOT mentioned about honey bees?
A. They use some ways to share information.
B. They live in colony.
C. They work individually in finding food.
D. They use dances to show the location of food sources.
E. They eat pollen and nectar.
32. Which of the following is NOT mentioned about honey bees?
A. They use some ways to share information.
B. They live in colony.
C. They work individually in finding food.
D. They use dances to show the location of food sources.
E. They eat pollen and nectar.
Jawaban : C
33. What does the word “its” (line 8) refer to?
33. What does the word “its” (line 8) refer to?
(A) Honey bee
(B) Sound
(C) Abdomden
(D) Wing E
(B) Sound
(C) Abdomden
(D) Wing E
(E) Distance
Jawaban : A
34. Which of the following best describes the organization of the text?
(A) Cause and Effecdt
(B) Question and Answer
(C) Comparison and Contrast
(D) Statement and Sequences
(E) Statement and Explanation
34. Which of the following best describes the organization of the text?
(A) Cause and Effecdt
(B) Question and Answer
(C) Comparison and Contrast
(D) Statement and Sequences
(E) Statement and Explanation
Jawaban : E
Questions 35 – 40are based on the following text.
Self‐access language learning centers are educational facilities designed for student learning that is at least partially, if not fully self‐directed. Students have access to resources ranging from photocopied exercises with answer keys to computer software for language learning. These centers exist primarily in Asia, Europe, and North America. Use of such facilities and the pedagogical theory they are based upon has its advantages and disadvantages. Proper use can result in a feeling of empowerment and better learning outcomes, but getting to the point where students and teachers can exploit them effectively can be problematic. For this reason, the structure of established self‐access centers varies from completely student‐directed work with classroom immersion to programs that provide primarily tutor or instructor guidance for student work.
One of the advantages of this form of learning is that students at the very least set the pace of their work. Depending on the individual center, students can also set the level and content of their work. Students can use these centers voluntarily or can have assignments to complete there. The major advantage, therefore, is flexibility with the purpose of giving the students themselves the opportunity to tailor the course more to their learning needs and styles than a more traditional mode of teaching.
While the major disadvantages of this mode has basically to do with the ability of both students and teachers to adapt and integrate this method effectively. Many students are not used to working independently, creating the need to provide guidance as to the use of this kind of center, at least in the beginning. One study reports that students do not seem to want too much freedom in their use of technology. 73% reported that they preferred a regularly scheduled lab time, with the facilitative presence of a teacher. Significantly less than half reported that they preferred completely free access to the lab or to do work at home on their own computer.
35. From the text, we can infer that
(A) Self‐access language learning center may accommodate various learning styles.
(B) Teachers get more benefit from self‐ access language learning center.
(C) Most students prefer learning in self‐ access language learning center.
(D) Both teacher and students do not know how to use self‐access language learning center effectively.
(E) Self‐access language learning centers are established only in developing countries.
Questions 35 – 40are based on the following text.
Self‐access language learning centers are educational facilities designed for student learning that is at least partially, if not fully self‐directed. Students have access to resources ranging from photocopied exercises with answer keys to computer software for language learning. These centers exist primarily in Asia, Europe, and North America. Use of such facilities and the pedagogical theory they are based upon has its advantages and disadvantages. Proper use can result in a feeling of empowerment and better learning outcomes, but getting to the point where students and teachers can exploit them effectively can be problematic. For this reason, the structure of established self‐access centers varies from completely student‐directed work with classroom immersion to programs that provide primarily tutor or instructor guidance for student work.
One of the advantages of this form of learning is that students at the very least set the pace of their work. Depending on the individual center, students can also set the level and content of their work. Students can use these centers voluntarily or can have assignments to complete there. The major advantage, therefore, is flexibility with the purpose of giving the students themselves the opportunity to tailor the course more to their learning needs and styles than a more traditional mode of teaching.
While the major disadvantages of this mode has basically to do with the ability of both students and teachers to adapt and integrate this method effectively. Many students are not used to working independently, creating the need to provide guidance as to the use of this kind of center, at least in the beginning. One study reports that students do not seem to want too much freedom in their use of technology. 73% reported that they preferred a regularly scheduled lab time, with the facilitative presence of a teacher. Significantly less than half reported that they preferred completely free access to the lab or to do work at home on their own computer.
35. From the text, we can infer that
(A) Self‐access language learning center may accommodate various learning styles.
(B) Teachers get more benefit from self‐ access language learning center.
(C) Most students prefer learning in self‐ access language learning center.
(D) Both teacher and students do not know how to use self‐access language learning center effectively.
(E) Self‐access language learning centers are established only in developing countries.
Jawaban : A
36. What is UNTRUE about self‐access language learning center?
(A) It supports students’ independency in learning.
(B) It is designed for students having learning difficulties.
(C) It provides both teacher and students with a wide range of materials.
(D) It causes the students to be more active in learning.
(E) It helps teachers to give guidance for the students.
36. What is UNTRUE about self‐access language learning center?
(A) It supports students’ independency in learning.
(B) It is designed for students having learning difficulties.
(C) It provides both teacher and students with a wide range of materials.
(D) It causes the students to be more active in learning.
(E) It helps teachers to give guidance for the students.
Jawaban : B
37. The word “tailor” In line 12 is closest in meaning to
(A) Complete
(B) Sew
(C) Choose
37. The word “tailor” In line 12 is closest in meaning to
(A) Complete
(B) Sew
(C) Choose
(D) Manage
(E) Adjust
Jawaban : E
38. The word “they” in line 17 refers to
(A) Reports
(B) Teachers
(C) Students
(A) Reports
(B) Teachers
(C) Students
D. Guidance
E. Technologies
Jawaban : C
39. What is the author’s purpose in writing this text?
(A) To gather supports from the readers in establishing a self‐access language learning center
(B) To describe the nature of self‐access language learning center
(C) To inform the readers about the positive and negative sides of self‐access language learning center
(D) To give suggestions on how to develop a good self‐access language learning center
(E) To persuade students and teachers to make use of self‐access language learning center
39. What is the author’s purpose in writing this text?
(A) To gather supports from the readers in establishing a self‐access language learning center
(B) To describe the nature of self‐access language learning center
(C) To inform the readers about the positive and negative sides of self‐access language learning center
(D) To give suggestions on how to develop a good self‐access language learning center
(E) To persuade students and teachers to make use of self‐access language learning center
Jawaban : C
40. The phrase “used to” In line 15 can be replaced by
(A) Free
40. The phrase “used to” In line 15 can be replaced by
(A) Free
(B) Happy
(C) Pleased
(D) Familiar
(E) Interested
(E) Interested
Jawaban : D
Soal UMPTKIN Bahasa Arab
Soal UMPTKIN Keislaman
Soal UMPTKIN Bahasa Arab
41- ...الناسُ اْلحَيَوَانَاتِ كَالْبَقَرِ فِيْ نَقْلِ بَضَائِعِهِمْ
أ- يَسْتَخْدُمُ
ب- يَشْتَرِيْ
ج- يَعْمِلُ
د- يَبِيْعُ
هـ- يَصْنَعُ
Jawaban : A
42- القطار – قَدْ – المحطة – غَادَرَ – الأول. الترتيب الصحيحة ...
أ- قَدْ غادر القطار الأول المحطة
ب- القطار الأول المحطة قَدْ غادر
ج- قَدْ غادر القطار المحطة الأول
د- القطار المحطة الأول قَدْ غادر
هـ- القطار قَدْ غادر الأول المحطة
Jawaban : A
43- مِنْ وَسَائِلِ النَقْلِ الَّتِي تَسِيْرُ عَلىَ الْقَضْبَانِ...
أ- السوق
ب- المكتبة
ج- السفينة
د- الطائرة
هـ- القطار
Jawaban : E
44- قَدْ تَقَدَّمَتْ وَسَائِلُ النّقْلِ فِيْ الْعُصُوْرِ الْحَدِيْثَةِ. اَلْفَاعِلُ مِنْ هَذِهِ الْجُمْلَةِ...
أ. وسائل النقل
ب- تَقَدَّمَتْ
ج- النقل
د- العصور
هـ- قد
Jawaban : A
45- هذا مَسْجِدُ الْإسْتِقْلَال وَغَيْرُهُ مِنَ الْمَسَاجِدِ الّتِيْ تَرْتَفِعُ مَآذِنُهَا إليَ السَّمَاءِ. اَلْفَاعِلُ مِنْ هَذِهِ الْجُمْلَةِ...
أ- المساجد
ب-السماء
ج- مسجد الإستقلال
د- مآذنها
هـ- ترتفع
Jawaban :D
هذا الحوار لإجابة السؤال 41 - 50
سليمان : أَيْنَ سَتَقْضى الْعُطْلَةَ الدِّرَاسَةَ، يَا إِلْيَاسْ؟
إلياس : سَأَذْهَبُ إلى شَاطِئِ الْبَحْرِ, مَا رَأيُكَ فِى ذَلِكَ ؟
سليمان : هذه فِكْرَةٌ جَيِّدَةٌ يَا أَخِي.
إلياس : دَعَوْتُ بَعْضَ الْأَصْدِقَاءِ لِلذَّهَابِ مَعَنَا. وَسَنَتَحَرَّكُ
مِنْ الْبَيْتِ فى الصَّبَاحِ الْبَاكِرِ
سليمان : وَيَجِبُ عَلَيْنَا أنْ نَسْتَعِدَّ مُنْذُ الآنَ.
إليأس : اَرْجُو ذَلِكَ، وَأَطْلُبُ مِنْ أَصْدِقَائِنَا أَنْ يَسْتَعِدّواُ كَذَلِكَ
سليمان : مَاذَا سَتَأْخُذُ مَعَنَا فِى الرِّحْلَةِ ؟
إلياس : سَأَحْمِلُ الْوَجَبَاتِ الْخَفِيْفَةَ وَ الشَّايَ
سليمان : وَلاَ تَنْسَ مَلاَبِسَ السِّبَاحَةِ وَكُرَةَ الْقَدَمِ،وَآلَةَ التَّصْوِيْرِ
46- إلى أين سَيَذْهَبُ سُلَيْمَان و إِلْيَاسْ ؟
أ- مِنْطَقَة سِيَاحِيَّة
ب- عَاصِمَةِ الْبِلَاد
ج- شَاطِئِ الْبَحْرِ
د- البَحْر
هـ- المَسْبَح
Jawaban :C
47- مَتَى سَيَتَحَرَّكُوْنَ مِنَ الْبَيْتِ ؟
أ- فِى اللَّيْلِ
ب- فِى الصَّبَاحِ الْبَاكِرِ
ج- فِى النَّهَارِ
د- فِى الْمَسَاءِ
هـ- بَعْدَ الضُّحَى
Jawaban : B
48- هذه فِكْرَةٌ جَيِّدَةٌ يَا أخِيْ. معنى الكلمة التي تحتها خط ...
أ- pendapat bagus
ب-usulan bagus
ج-ide bagus
د- kritikan bagus
هـ- saran bagus
Jawaban :C
49- وَيَجِبُ عَلَيْنَا أنْ نَسْتَعِدَّ مُنْذُ الْآنَ . معنى الكلمة التي تحتها خط ...
أ- bersiap-siap
ب-menyiapkan
ج- membawa
د- memikirkan
هـ- mengambilkan
Jawaban :A
50- مَاذا يَحْمِلُ إِلْيَاسْ في الرحلة ؟
أ- مَلَابِسَ
ب- اَلْكُتُبُ
ج- اَلْقَهْوَة
د- اْلوَجَبَاتِ الْخَفِيْفَة
هـ- الطَعَام
Jawaban :D
51. Penjelasan tafsir pada kalimat ( قوا انفسكم واهليكم نارا ) yang menyatakan:
“Bertaqwalah kepada Allah dan berpesanlah kepada keluarga kalian untuk bertaqwa kapada Allah”. Dikemukakan mufassir ….
A. Ibnu Katsir
B. Adh Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan
C. Ali bin Abi Thalib
D. Ibnu Abbas
E. Sayyid Qutb
Jawaban : A
52. Penjelasan tafsir kalimat ( قوا انفسكم واهليكم نارا ) yang menyatakan:
“Ajaklah keluargamu untuk taat kepada Allah, takut-takutilah mereka untuk berbuat ma’siat, dan perintahkan untuk selalu mengingat Allah, niscaya Dia akan menyelamatkan kalian dari api neraka”. Dikemukakan mufassir ....
A. Ibnu Katsir
B. Adh Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan
C. Ali bin Abi Thalib
D. Ibnu Abbas
E. Sayyid Qutb
52. Penjelasan tafsir kalimat ( قوا انفسكم واهليكم نارا ) yang menyatakan:
“Ajaklah keluargamu untuk taat kepada Allah, takut-takutilah mereka untuk berbuat ma’siat, dan perintahkan untuk selalu mengingat Allah, niscaya Dia akan menyelamatkan kalian dari api neraka”. Dikemukakan mufassir ....
A. Ibnu Katsir
B. Adh Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan
C. Ali bin Abi Thalib
D. Ibnu Abbas
E. Sayyid Qutb
Jawaban : D
53. Kelompok pewaris Al Quran yang senantiasa berpacu dalam kebajikan dengan melakukan segala kebaikan yang wajib dan segala yang sunnah, oleh ulama tafsir dikenal dengan istilah ….
A. Sabiqun bil Khairat
B. Fastabiqul Khairat
C. Al Muqtadis
D. Zhalimu Linafsihi
E. Al Muqtasid
Jawaban : A
54. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui. Ungkapan yang tepat pada terjemah QS Al-Baqarah : 169 yang bergaris bawah adalah ...
A. بالسوء
B. الجدال
C. الفخشاء
D. المنكر
E. الاثم
Jawaban : A
55. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui. Ungkapan yang tepat pada terjemah QS Al-Baqarah : 169 yang bergaris bawah adalah ...
A. بالسوء
B. الجدال
C. الفخشاء
D. المنكر
E. الاثم
55. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui. Ungkapan yang tepat pada terjemah QS Al-Baqarah : 169 yang bergaris bawah adalah ...
A. بالسوء
B. الجدال
C. الفخشاء
D. المنكر
E. الاثم
Jawaban : C
56. Potongan ayat dibawah ini :
يَٰبَنِي ءَادَمَ خُذُواْ زِينَتَكُم عِندَ كُلِّ مَسجِد وَكُلُواْ وَٱشرَبُواْ وَلَا تُسرِفُواْۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلمُسرِفِينَ
melarang kita ....
A. Berbuat israf
B. Menaati musrifin
C. Jadi musrif yang baik
D. Menjahui israf
E. Menjadi musrif
Jawaban : A
57. Ayat dibawah menjelaskan tentang .....
إِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْا إِخْوَانَ الشَّيَطِيْنِ
A. Boros itu pekerjaan setan
B. Fitnah bagi orang boros
C. Hati-hati jangan boros
D. Orang boros teman setan
E. Orang boros diuji setan
57. Ayat dibawah menjelaskan tentang .....
إِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْا إِخْوَانَ الشَّيَطِيْنِ
A. Boros itu pekerjaan setan
B. Fitnah bagi orang boros
C. Hati-hati jangan boros
D. Orang boros teman setan
E. Orang boros diuji setan
Jawaban : D
58. Menghambur-hamburkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya disebut ....
A. Tahzir
B. Tahlik
C. Tahkir
D. Tabdzir
E. Takfir
58. Menghambur-hamburkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya disebut ....
A. Tahzir
B. Tahlik
C. Tahkir
D. Tabdzir
E. Takfir
Jawaban : D
59. Yang tidak termasuk cara-cara menghindari Tabdzir, adalah....
A. Menyantuni fakir miskin
B. Menjalani hidup sederhana
C. Memandang kehidupan yang dialami fakir miskin
D. Membuat skala daftar berbelanja
E. Memahami pentingnya saling menolong
59. Yang tidak termasuk cara-cara menghindari Tabdzir, adalah....
A. Menyantuni fakir miskin
B. Menjalani hidup sederhana
C. Memandang kehidupan yang dialami fakir miskin
D. Membuat skala daftar berbelanja
E. Memahami pentingnya saling menolong
Jawaban : D
60. Islam melarang orang berlebihan atau melampui batas dalam ibadah sunnah, karena ibadah yang melampui batas dapat menimbulkan sikap ....
A. Kebohongan yang berakibat meninggalkan yang lebih utama
B. Kebosanan yang berakibat meninggalkan ibadah yang lebih utama
C. Kejenuhan yang berakibat malas beribadah
D. Kegagalan dalam melaksanakan ibadah yang utama
E. Kekusukan yang berakibat lebih dekat dengan Tuhan- Nya
60. Islam melarang orang berlebihan atau melampui batas dalam ibadah sunnah, karena ibadah yang melampui batas dapat menimbulkan sikap ....
A. Kebohongan yang berakibat meninggalkan yang lebih utama
B. Kebosanan yang berakibat meninggalkan ibadah yang lebih utama
C. Kejenuhan yang berakibat malas beribadah
D. Kegagalan dalam melaksanakan ibadah yang utama
E. Kekusukan yang berakibat lebih dekat dengan Tuhan- Nya
Jawaban : D
61. Had minum Khamr adalah dipukul 40 kali, menurut pendapat ….
A. Imam Abu Hanifah
B. Imam Ahmad bin Hambal
C. Imam Malik
D. Imam Syafi’i
E. Imam Ja’far
Jawaban : D
62. Seorang hakim boleh langsung memutuskan perkara apabila sudah ada bukti. Di bawah ini yang bukan termasuk alat bukti dalam sidang peradilan adalah… .
A. Sumpah penggugat
B. Bayyinah
C. Saksi yang menguatkan
D. Pengakuan terdakwa
E. Keyakinan para hakim
62. Seorang hakim boleh langsung memutuskan perkara apabila sudah ada bukti. Di bawah ini yang bukan termasuk alat bukti dalam sidang peradilan adalah… .
A. Sumpah penggugat
B. Bayyinah
C. Saksi yang menguatkan
D. Pengakuan terdakwa
E. Keyakinan para hakim
Jawaban : E
63. Seseorang yang mengambil barang milik orang lain dengan sembunyi-sembunyi (mencuri) yang mencapai satu nisab maka hadnya adalah…
A. Dijilid
B. Didera 100 kali
C. Potong tangan
D. Dirajam
E. Diasingkan selama 1 tahun
A. Dijilid
B. Didera 100 kali
C. Potong tangan
D. Dirajam
E. Diasingkan selama 1 tahun
Jawaban : C
64. Ali melakukan perjanjian dengan Ahmad dia mau menikahi adiknya Ahmad kalau Ahmad mau menikahi bibinya Ali. Contoh ini merupakan pernikahan ....
A. Mut’ah
B. Sighar
C. Silang
D. Tahlil
E. Berlainan agama
64. Ali melakukan perjanjian dengan Ahmad dia mau menikahi adiknya Ahmad kalau Ahmad mau menikahi bibinya Ali. Contoh ini merupakan pernikahan ....
A. Mut’ah
B. Sighar
C. Silang
D. Tahlil
E. Berlainan agama
Jawaban : B
65. Apabila ada seseoarang yang meninggal dunia dan ia hanya memiliki satu anak laki-laki, ibu dan istri, maka anak mendapatkan ashobah. Jenis ashobah pada kasus di atas disebut ashobah ….
A. Bin nafsihi
B. Ma’al ghoir
C. Dzawil arham
D. Bil ghoir
E. Al aqrobun
Jawaban : A
66. Yang tidak termasuk nilai-nilai positif takziyah adalah .…
A. Meringankan beban musibah yang diderita tuan rumah.
B. Memotivasinya untuk terus bersabar dan berharap pahala dari Allah.
C. Ikut menambah beban keluarga
D. Memotivasi untuk ridha dengan ketentuan atau qadar Allah, dan menyerahkannya kepada Allah.
E. Mendoakannya agar musibah tersebut diganti oleh Allah dengan sesuatu yang lebih baik.
Jawaban : C
67. Perhatikan hadits di bawah ini:
مَا مِنْ مُؤْمِنٍ يُعَزِّي أَخَاهُ بِمُصِيبَةٍ إِلا كَسَاهُ اللَّهُ سُبْحَانَهُ مِنْ حُلَلِ الْكَرَامَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Terjemah potongan redaksi yang bergaris bawah adalah .
A. Allah akan memakaikan untuknya permadani kemuliaan pada hari kiamat
B. Allah akan memakaikan untuknya permadani kemuliaan di akhirat
C. Allah akan memakaikan untuknya permata kemuliaan pada hari kiamat
D. Allah akan memakaikan untuknya permata kemuliaan di akhirat
E. Allah akan memberi hadiah untuknya permata kemuliaan pada hari kiamat
67. Perhatikan hadits di bawah ini:
مَا مِنْ مُؤْمِنٍ يُعَزِّي أَخَاهُ بِمُصِيبَةٍ إِلا كَسَاهُ اللَّهُ سُبْحَانَهُ مِنْ حُلَلِ الْكَرَامَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Terjemah potongan redaksi yang bergaris bawah adalah .
A. Allah akan memakaikan untuknya permadani kemuliaan pada hari kiamat
B. Allah akan memakaikan untuknya permadani kemuliaan di akhirat
C. Allah akan memakaikan untuknya permata kemuliaan pada hari kiamat
D. Allah akan memakaikan untuknya permata kemuliaan di akhirat
E. Allah akan memberi hadiah untuknya permata kemuliaan pada hari kiamat
Jawaban : C
68. Abdurrohman bin Auf memiliki sifat yang mulia. Berikut ini tidak termasuk sifat beliau adalah ...........
A. Dermawan
B. Sederhana
C. Suka menolong
D. Dinamis
E. Inovatif
68. Abdurrohman bin Auf memiliki sifat yang mulia. Berikut ini tidak termasuk sifat beliau adalah ...........
A. Dermawan
B. Sederhana
C. Suka menolong
D. Dinamis
E. Inovatif
Jawaban : E
69. Pada masa Jahiliyah, Abdurrohman bin Auf dikenal dengan nama ....
A. Abd Amr
B. Abdurrouf
C. Abdul Karim
D. Abu Jahim
E. Abdul Halim
69. Pada masa Jahiliyah, Abdurrohman bin Auf dikenal dengan nama ....
A. Abd Amr
B. Abdurrouf
C. Abdul Karim
D. Abu Jahim
E. Abdul Halim
Jawaban : A
70. Saat akan meninggal dunia, Nabi memanggil Abizar. Sambil memeluknya, Rasulullah berkata: "Abizar akan tetap sama sepanjang hidupnya.". berikut adalah sifat abizar yang konsisten......
A. Kesederhanaan dan sangat shaleh
B. Kaya dan hidup mewah
C. Sederhana dan tidak sukan memberi
D. Rajin puasa dan pelit
E. Suka memamerkan harta kekayaanya
Jawaban : A
Soal UMPTKIN Matematika Dasar
71. Jika garis lurus y = 6x memotong parabola y = x² + p² tepat di satu titik, maka nilai p
yang mungkin adalah …
A. –5
B. –3
C. –2
D. 1
E. 2
Jawaban : B
72.Diketahui suatu deret
log 3 + log 27 + log 243 + ... Jumlah n suku pertama dari deret tersebut adalah …
A. n log3
B. (n² + 2) log3
C. (n² + n) log3
D. 1/2n (n+1) log3
E. 1/2n(n+3) log3
Jawaban : A
73. Himpunan 20 bilangan mempunyai rata‐rata 20. Sembilan di antara bilangan tersebut rata‐ratanya 9. Rata‐rata 11 bilangan yang tersisa adalah …
A. 31
B. 29
C. 20
D. 11
E. 10
Jawaban : B
74. Diketahui segitiga sama kaki ABC dengan AB = AC dan keliling ABC adalah 36 cm. Jika panjang garis tinggi dari A adalah 12 cm, maka panjang AC = …
74. Diketahui segitiga sama kaki ABC dengan AB = AC dan keliling ABC adalah 36 cm. Jika panjang garis tinggi dari A adalah 12 cm, maka panjang AC = …
A. 9 2/3 cm
B. 10 cm
C. 10 2/3 cm
D. 11 1/3 cm
E. 13 cm
Jawaban : B
75. Jika selisih volume dua buah kubus adalah 485 cm³ dan selisih kedua panjang rusuknya
adalah 5 cm. Maka, panjang rusuk terpanjang dari dua kubus tersebut adalah …
A. 5 cm
B. 6 cm
C. 7 cm
D. 8 cm
E. 9 cm
Jawaban : D
76. Jika akar‐akar persamaan kuadrat x² + bx + 3 = 0 adalah separuhnya dari akar‐ akar persamaan kuadrat 2x² - 16 x + a = 0 . Nilai a + b = …
A. 18
B. 20
C. 21
76. Jika akar‐akar persamaan kuadrat x² + bx + 3 = 0 adalah separuhnya dari akar‐ akar persamaan kuadrat 2x² - 16 x + a = 0 . Nilai a + b = …
A. 18
B. 20
C. 21
D. 24
E. 28
Jawaban : B
77. Jumlah tiga buah bilangan adalah 75. Bilangan pertama lima lebihnya dari jumlah bilangan lain. Bilangan kedua sama dengan 1 dari jumlah bilangan lain. Bilangan 1/4 pertamanya adalah …
A. 15
B. 20
C. 30
D. 35
E. 40
Jawaban : E
78. Jika g(x) = x + 3 dan (f o g)(x) = x² - 4, maka persamaan dari f(x-2) = ...
A. x² - 6x + 5
B. x² + 6x + 5
C.. x² - 10x + 21
D. x² - 10x - 21
E. x² + 10X + 21
Jawaban : C
79. Suku banyak f(x) dibagi 2x –1 memiliki sisa 7 dan x² + 2x – 3 adalah faktor dari f(x). Sisa pembagian f(x) oleh 2x² + 5x – 3 adalah …
A. 2x + 6
B. 2x – 6
C. –2x + 6
D. x + 3
E. x – 3
Jawaban : A
80. Umur Alisa 3 tahun lebih muda daripada umur Clara. Lima tahun yang akan datang jumlah umur keduanya 55 tahun. Umur Clara sekarang adalah…
A. 20 tahun
B. 21 tahun
C. 22 tahun
D. 23 tahun
E. 24 tahun
Jawaban : A
Soal UMPTKIN IPS
81. Ajaran Mahatma Gandhi yang mirip dengan asas PNI adalah ....
a. Satyagraha
b. Swadesi
c. Hartal
d. Ahimsa
e. Santiniketan
a. Satyagraha
b. Swadesi
c. Hartal
d. Ahimsa
e. Santiniketan
Jawaban : A
82. Salah satu memburuknya hubungan antara Indonesia dan Malaysia pada tahun 1961 dan
menimbulkan Konfrontasi antara kedua negara tersebut adalah ...
a. Pembentukan Maphilindo
b. Dukungan Malaysia pada pemberontakan Daud beureuh di Aceh
c. Pengakuan Indonesia terhadap proklamasi kemerdekaan Brunei
d. Pengakuan Inggris terhadap Proklamasi Kemerdekaaan Brunei
e. Rencana Inggris menata masa depan wilayah kekuasaanya di Kalimantan
Jawaban : E
83. Cabang geografi yang mengkaji sosial, ekonomi, dan budaya penduduk adalah....
A. Geografi penduduk
B. Geografi manusia
C. Geografi regional
D. Geografi ekonomiE. Biogeografi
A. Geografi penduduk
B. Geografi manusia
C. Geografi regional
D. Geografi ekonomiE. Biogeografi
Jawaban : B
84. Kuarsa yang dalam proses metamorfnya disusupi unsur boron akan menghasilkan
semacam batu permata yang disebut....
A. Topas
B. Giok
C. Turmalin
D. Intan
E. Sabak
Jawaban : C
85. Rusaknya beberapa hutan lindung di Indonesia dapat memicu terjadinya banjir
dibeberapa daerah di Indonesia. Fenomena tersebut dalam geografi dianalisis dengan
menggunakan pendekatan....
A. Keruangan
B. Kewilayahan
C. Morfologi
D. Spasial
E. Ekologi
Jawaban : E
86.Penyimpangan sosial terjadi karena bersumber dari pergaulan yang berbeda
disebut ….
(A) Anomie theory
(B) Fungsionalisme theory
(C) Labelling theory
(D) Differential association theory
(E) Symbolic interactionisme theory
Jawaban : D
87.Bentuk kelompok sosial yang mencerminkan kehidupan masyarakat di pedesaan adalah ….
(A) Kelompok primer
(B) Kelompok sekunder
(C) Paguyuban
(D) Patembayan
(E) Informal
88.Ciri‐ciri masyarakat multikultural menurut Pierre Van den berghe, kecuali ….
(A) Sering terjadi konflik sosial.
(B) Integrasi sosial tumbuh diatas paksaan.
(C) Terjadi segmentasi dalam kelompok‐ kelompok.
(D) Mengembangkan sikap konsensus.
(E) Adanya dominasi politik kelompok satu atas kelompok lain.
89.Faktor penyebab terjadinya pelapisan sosial adalah ….
(A) Perbedaan suku bangsa
(B) Perbedaan usia
(C) Perbedaan pendidikan
(D) Perbedaan jenis kelamin
(E) Perbedaan profesi
90.Partai politik banyak melakukan koalisi guna memenuhi tujuan bersama. Tindakan tersebut termasuk bentuk kelompok sosial ….
(A) Gemeinschaft of place
(B) Gemeinschaft by blood
(C) Gemeinschaft of mind
(D) Gesellschaft by blood
(E) Gesellschaft of mind
92. Pendapatan nasional dapat diperhitungkan dengan keseluruhan sumber‐sumber
pendapatan yang diperoleh masyarakat. Dibawah ini yang bukan komponen
pendapatan nasional dari sumbe pendapatan adalah ….
(A) Kompensasi yang diperoleh karyawan dan buruh
(B) Pembelanjaan barang‐barang modal oleh pemerintah.
(C) Keuntungan perusahaan dalam pengelolaan sumber daya
94. Diky ingin masuk menjadi anggota koperasi “Ngudi Rahayu”. Oleh pengurusnya, Diky
diminta menyetorkan sejumlah uang di awal keanggotaannya, yang dinamakan ….
(A) Simpanan sukarela
(B) Simpanan temporer
(C) Simpanan wajib
(D) Simpanan pokok
(E) Simpanan berjangka
95. Bila fungsi konsumsi sebesar C = 500.000 + 0,75Y , maka angka 500.000 menunjukkan besarnya konsumsi yang ....
(A) meningkat bila pendapatan meningkat
(B) menurun bila pendapatan menurun
(C) tetap dikeluarkan meskipun pendapatan tidak ada
(D) cenderung dikeluarkan
(E) tidak dikeluarkan pada saat tidak ada pendapatan
87.Bentuk kelompok sosial yang mencerminkan kehidupan masyarakat di pedesaan adalah ….
(A) Kelompok primer
(B) Kelompok sekunder
(C) Paguyuban
(D) Patembayan
(E) Informal
Jawaban : C
88.Ciri‐ciri masyarakat multikultural menurut Pierre Van den berghe, kecuali ….
(A) Sering terjadi konflik sosial.
(B) Integrasi sosial tumbuh diatas paksaan.
(C) Terjadi segmentasi dalam kelompok‐ kelompok.
(D) Mengembangkan sikap konsensus.
(E) Adanya dominasi politik kelompok satu atas kelompok lain.
Jawaban : D
89.Faktor penyebab terjadinya pelapisan sosial adalah ….
(A) Perbedaan suku bangsa
(B) Perbedaan usia
(C) Perbedaan pendidikan
(D) Perbedaan jenis kelamin
(E) Perbedaan profesi
Jawaban : C
90.Partai politik banyak melakukan koalisi guna memenuhi tujuan bersama. Tindakan tersebut termasuk bentuk kelompok sosial ….
(A) Gemeinschaft of place
(B) Gemeinschaft by blood
(C) Gemeinschaft of mind
(D) Gesellschaft by blood
(E) Gesellschaft of mind
Jawaban : C
91. Pada tanggal 31 Desember 2013, Toko Saji memperhitungkan gaji karyawan yang belum terbayarkan sebesar Rp3.500.000,00. Sementara saldo buku besar menunjukkan Beban Gaji sebesar Rp5.000.000,00. Penyesuaian yang dapat dilakukan adalah ….
(A) D: Beban Gaji Rp1.500.000
(B) D: Beban Gaji Rp3.500.000
(C) D: Beban Gaji Rp5.000.000
(D) K: Utang Gaji Rp1.500.000
(E) K: Utang Gaji Rp8.500.000
(A) D: Beban Gaji Rp1.500.000
(B) D: Beban Gaji Rp3.500.000
(C) D: Beban Gaji Rp5.000.000
(D) K: Utang Gaji Rp1.500.000
(E) K: Utang Gaji Rp8.500.000
Jawaban : B
92. Pendapatan nasional dapat diperhitungkan dengan keseluruhan sumber‐sumber
pendapatan yang diperoleh masyarakat. Dibawah ini yang bukan komponen
pendapatan nasional dari sumbe pendapatan adalah ….
(A) Kompensasi yang diperoleh karyawan dan buruh
(B) Pembelanjaan barang‐barang modal oleh pemerintah.
(C) Keuntungan perusahaan dalam pengelolaan sumber daya
(D) Pendapatan yang diperoleh para pemilik sumber daya
(E) Bunga yang dibayarkan perusahaan untuk investasi masyarakat luar negeri
Jawaban : A
93. Harga suatu barang Rp25.000 per buah dan jumlah barang yang ditawarkan di pasaran
500 buah. Terjadi peningkatan harga sebesar Rp2.500 dan jumlah barang ditawarkan
menjadi 700 buah. Kelenturan barang yang ditawarkan tersebut sebesar ….
(A) 2,2
(B) 3
(C) 4
(D) ‐3,0
(E) 4,2
500 buah. Terjadi peningkatan harga sebesar Rp2.500 dan jumlah barang ditawarkan
menjadi 700 buah. Kelenturan barang yang ditawarkan tersebut sebesar ….
(A) 2,2
(B) 3
(C) 4
(D) ‐3,0
(E) 4,2
Jawaban : D
94. Diky ingin masuk menjadi anggota koperasi “Ngudi Rahayu”. Oleh pengurusnya, Diky
diminta menyetorkan sejumlah uang di awal keanggotaannya, yang dinamakan ….
(A) Simpanan sukarela
(B) Simpanan temporer
(C) Simpanan wajib
(D) Simpanan pokok
(E) Simpanan berjangka
Jawaban : C
(A) meningkat bila pendapatan meningkat
(B) menurun bila pendapatan menurun
(C) tetap dikeluarkan meskipun pendapatan tidak ada
(D) cenderung dikeluarkan
(E) tidak dikeluarkan pada saat tidak ada pendapatan
Jawaban : C
Soal UMPTKIN Saintek
96. Sebuah warung makanan menyediakan serabi dengan 6 rasa berbeda. Banyak cara
seorang pembeli dapat memilih 5 serabi dengan 3 rasa berbeda adalah….
A. 6 cara
B. 9 cara
C. 12 cara
D. 22 cara
E. 120 cara
seorang pembeli dapat memilih 5 serabi dengan 3 rasa berbeda adalah….
A. 6 cara
B. 9 cara
C. 12 cara
D. 22 cara
E. 120 cara
Jawaban : E
97. Seekor ikan mengeluarkan 2 mm³ gelembung pada kedalaman 15 m dari permukaan danau. Tentukan volume gelembung saat mencapai permukaan jika diasumsikan temperaturnya tidak berubah dan tekanan atmosfer sebesar 1 atm!
A. 2 mm³
B. 4,9 mm³
C. 5,6 mm³
D. 1,8 mm³
E. 3 mm³
Jawaban : B
98. Generator terdiri dari sebuah kumparan melingkar dengan diameter 20 cm dan berputar 3600 putaran per menit di dalam medan magnetik 0,5 T. Jika kita ambil л² = 10, maka berapakah jumlah lilitan kumparan agar dihasilkan ggl imbas maksimum sebesar 2,4 kV?
A. 500 lilitan
B. 400 lilitan
C. 300 lilitan
B. 400 lilitan
C. 300 lilitan
D. 200 lilitan
E. 100 lilitan
E. 100 lilitan
Jawaban : C
99. Balon udara berisi gas panas berdiameter 10 m. Kerapatan gas di dalam balon adalah 75% kerapatan gas luar (kerapatan udara luar 1,2 kg/m³). Jika massa masing‐masing orang dianggap 60 kg, berapakah jumlah maksimum penumpang yang dapat diangkut?
A. 1 orang
B. 2 orang
C. 3 orang
B. 2 orang
C. 3 orang
D. 4 orang
E. 5 oran
E. 5 oran
Jawaban : A
100.Suatu senyawa alkohol dioksidasi akan menghasilkan senyawa aldehid. Jika sebanyak 12 gram senyawa aldehid dilarutkan ke dalam 100 gram air (Kf = 1,74 ºC/m), maka titik bekularutan berubah menjadi ‐3,48 ºC. Senyawa alkohol tersebut adalah ….
A. etanol
B. 1‐propanol
C. 2‐propanol
D. butanol
E. 2‐butanol
A. etanol
B. 1‐propanol
C. 2‐propanol
D. butanol
E. 2‐butanol
Jawaban : C
101.Atom unsur X memiliki massa atom relatif 32 dengan neutron 16. Dalam sistem periodik
unsur X terletak pada ….
unsur X terletak pada ….
A. golongan oksigen, periode 3
B. golongan karbon, periode 5
C. golongan alkali, periode 3
D. golongan nitrogen, periode 2
E. golongan gas mulia, periode 3
B. golongan karbon, periode 5
C. golongan alkali, periode 3
D. golongan nitrogen, periode 2
E. golongan gas mulia, periode 3
Jawaban : A
102.Sebanyak 68 gram campuran gas etana dan gas propana dibakar sempurna hingga
dihasilkan 308 gram gas karbon dioksida. Berat gas propana dalam campuran jika diketahui Ar C = 12, H = 1, dan O = 16, adalah….
A. 120 gram
B. 80 gram
C. 60 gram
D. 8 gram
E. 6 gram
Jawaban : D
103.Senyawa 3‐pentanol direaksikan dengan asam sulfat pekat pada suhu tinggi akan
menghasilkan ….
A. 3‐pentena
B. 3‐pentuna
C. asam pentanoat
D. 3‐pentilsulfonat
E. 3‐pentanasulfat
menghasilkan ….
A. 3‐pentena
B. 3‐pentuna
C. asam pentanoat
D. 3‐pentilsulfonat
E. 3‐pentanasulfat
Jawaban : A
104.Sebanyak 30 mL HCl 0,1 M dicampur dengan 20 mL larutan H2CO3 0,2 M. Jika volume
campuran dijadikan 100 mL, pH larutan yang terbentuk adalah ….
A. 7
B. 7 – log 2
C. 2 + log 7
D. 2
E. 2 – log 7
campuran dijadikan 100 mL, pH larutan yang terbentuk adalah ….
A. 7
B. 7 – log 2
C. 2 + log 7
D. 2
E. 2 – log 7
Jawaban : E
105. Enzim endonuklease restriksi memegang peranan penting dalam rekayasa genetika
karena bekerja sebagai ....
A. pembentuk plasmid
B. penghasil antibiotik
C. penghasil antibodi
D. pemotong DNA
E. pengganda DNA
karena bekerja sebagai ....
A. pembentuk plasmid
B. penghasil antibiotik
C. penghasil antibodi
D. pemotong DNA
E. pengganda DNA
Jawaban : D
106. Seorang wanita normal bersuami pria hemofilia. Anak perempuannya menikah dengan laki‐laki normal, maka kemungkinan cucu yang lahir adalah
A. 1 : 3 = hemofilia: normal
B. 1 : 1 = hemofilia : normal
C. 3 : 1 = hemofilia : normal
D. 1 : 2 : 1 = hemofilia : normal : carier
E. 2 : 1 : 1 = hemofilia : normal : carier
Jawaban : D
107. Jaringan tumbuhan yang berperan dalam pembentukan tunas adalah ....
A. sklerenkim
B. kolenkim
C. parenkim
D. epidermis
E. xilem
Jawaban : C
108. Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae mempunyai beberapa bagian‐ bagian berikut ini, kecuali ....
A. ovarium
B. berkas pengangkut
C. ovulum
D. karpela
E. polen
Jawaban : a
109. Hormon di bawah ini yang dapat mengubah glikogen menjadi glukosa adalah ...
A. prolaktin
B. adrenalin
C. antidiuretik
D. insulin
E. tiroksin
Jawaban : B
110. Pada respirasi aerob, oksigen berperan dalam proses ...
A. glikolisis
B. pembentukan asetil Ko‐A
C. siklus krebs
D. pembentukan ATP
E. sistem transpor elektron
Jawaban : E
Demikian artikel tentang 100 Contoh Soal UMPTKIN 2020 dan Kunci Jawaban, Online dan PDF. Semoga bermafaat..
Demikian artikel tentang 100 Contoh Soal UMPTKIN 2020 dan Kunci Jawaban, Online dan PDF. Semoga bermafaat..