PENGERTIAN STEM DAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN


PENGERTIAN STEM dan Pendekatan STEM 

1. Penjelasan masing – masing disiplin ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM. Science, Technology, Engineering, and Mathematic ;

Science :

Sains merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam. Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia.


Technology :

Inovasi atau penemuan manusia yang dapat berupa perangkat lunak dan keras sebagai sarana untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia untuk kehidupan yang lebih maju.

Engineering :

Pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain, mengaplikasikan, mereplikasi serta marekayasa sebuah karya berupa peralatan, sistem dan mesin yang dapat digunakan oleh manusia untuk mempercepat dan mempermudah proses produksi terhadap barang dan jasa.

Mathematic :

Ilmu yang berhubungan dengan numerasi, pola perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk. keterampilan berpikir secara rasional dan logis serta bernalar, dan menggunakannya secara sistematik dan terstruktur.
2. Pengertian  STEM 

Pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan sains, teknonogi, enjiniring, dan matematika, dengan memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesi (National STEM Education Center, 2014). 
3. Karakteristik pendekatan pembelajaran berbasis STEM :

  1. Integrasi antara Sains, Teknologi, Enjinering (mesin) dan Matematika dalam satu pokok pembahasan.
  2. Diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
  3. Sesuai dengan kehidupan nyata, bersifat konstektual
  4. Menyiapkan generasi yang memiliki SDM sesuai dengan kecakapan Abad 21
  5. Sesuai dengan tuntutan revolusi industry 4.0
  6. Penerapan pembelajaran yang bertujuan untuk melatihkan soft skill dan hard skill
4. Pola Pendekatan STEM dalam pembelajaran
STEM memiliki pola yang dikenal dengan istilah EDP (Engineering Design Process) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin. EDP ini kemudian memiliki banyak versi yang telah dirumuskan para ahli, namun secara umum EDP memiliki pola sebagai berikut.


  • Perumusan masalah            
  • Rencana solusi           
  • Membuat dan Mengembangkan model 
  • Menggunakan model           
  • Mengevaluasi, 
  • Mengomunikasikan dan merefleksi.
Penjelasan Pola EDP (Engineering Design Process) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin dalam pendekatan STEM
No
Pola EDP
Penjelasan
1
Define the problem
Perumusan masalah           
2
Plan Solutions
Rencana solusi          
3
Make a model
Membuat dan Mengembangkan model
4
Test The model
Menggunakan model          
5
Reflect and redesign
Mengomunikasikan, merefleksi, mengevaluasi, mendesain ulang



BACA MATERI LENGKAP STEM



3. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis KD STEM Tingkat SMP Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem

4. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis KD STEM Tingkat SMA Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem

5. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM mapel IPA SMP Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem

6. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM Mapel Bahasa Indonesia Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem


Sumber https://zuhriindonesia.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel