Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2 K-13
Tuesday, January 8, 2019
Download soal penilaian akhir semester 2 pelajaran Matematika kelas 4 SD/MI sesuai Kurikulum 2013. |
Soal UAS atau PAS semester 2 Matematika kelas 4 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi. Jadwal UTS atau PTS dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester genap dilaksanakan pada sekitar bulan Juni. Jadwal pelaksanaan PAS semester 2 kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 (K-13) dibuat oleh Dinas Pendidikan.
Materi Pokok dan Pemetaan KD Matematika Kelas 4
Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.
Manfaat adanya pemetaan Komptensi Dasar (KD) ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian. Berikut materi pokok dan pemetaan KD Matematika kelas 4 semester 2:
7. Pembulatan Bilangan
3.7. Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
4.7. Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
8. Segi Banyak
3.8. Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.
4.8. Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.
9. Keliling dan Luas Daerah
3.9. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.9. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
10. Hubungan Antar Garis
3.10. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
4.10. Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
11. Data dan Pengukuran
3.11. Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
4.11. Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang.
12. Pengukuran Sudut dengan Busur Derajat
3.12. Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
4.12. Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
2. Faktor dari 32 adalah ....
A. 1, 2, 3, 8
B. 1, 2, 4, 16
C. 1, 2, 4, 8, 16, 18
D. 1, 2, 4, 8, 16, 32
6. Tentukan faktor dari 84!
7. Tentukan kelipatan 8 antara 20 sampai 50!
9. Faktor prima dari 60 adalah ....
A. 2, 3, 5
B. 2, 3, 6
C. 2, 4, 5
D. 3, 5, 6
11. Bilangan prima antara 20 dan 30 adalah ....
14. Tentukan faktorisasi prima dari 42
16. FPB dari 45 dan 60 adalah ....
A. 12
B. 13
C. 15
D. 18
18. Nina les renang setiap 3 hari sekali. Linda les renang setiap 4 hari sekali. Mereka akan les renang bersama-sama setiap .... hari sekali
24. Garis berimpit ditunjukkan oleh jarum jam pukul ....
33. Sebutkan langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk diagram batang!
34. Jumlah besar sudut pada bangun segi empat adalah .... derajat
A. 90
B. 180
C. 240
D. 360
40. Sebutkan jenis-jenis sudut berdasarkan besarnya
Download Soal Ulangan Matematika Kelas 4 Semester 2
Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir semester 2 pelajaran Matematika kelas 4 SD sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:
Soal UAS semester genap mata pelajaran Matematika kelas 4 Kurikulum 2013 (K13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 4 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.
Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD. Sumber https://www.sekolahdasar.net/