Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018
Monday, January 28, 2019
Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Selamat datang para guru-guru yang mengajar di SMP dan MTs di seluruh Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin membagikan file Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun ajaran 2017/2018 untuk siswa jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Silabus ini sengaja kami bagikan kepada guru-guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP/MTs. Pastinya mereka sangat membutuhkan file Silabus ini guna untuk menyusun perangkat pembelajaran di awal semester 1 maupun awal semester 2 tahun ajaran 2017/2018 ini.
Download Silabus Bahasa Indonesia K13 Revisi 2017 SMP/MTs. Pada artikel ini telah kami sediakan link download yang terletak di bawah, sehingga anda dapat langsung mendownload file tersebut untuk disimpan di komputer anda masing-masing dan tinggal melihat beberapa point-point yang dapat digunakan untuk menyusun RPP masing-masing guru. Namun, sebelum anda mendownload, anda juga dapat melihat cuplikan isi dari Silabus yang kami bagikan sehingga anda dapat melihat dulu sebagian isi silabusnya.
SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2017
1. PENDAHULUAN
A. Rasional
Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal lingkup materi yang saling berhubungan dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi sikap secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.
B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Setelah mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diharapkan siswa mampu:
1. berbahasa Indonesia dengan penekanan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis;
2. mengembangkan kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis melalui media teks. Teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan memiliki tujuan sosial. Pencapaian tujuan ini diwadahi oleh karakteristik: cara pengungkapan tujuan sosial (yang disebut struktur retorika), pilihan kata yang sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi; dan
3. berkomunikasi dalam bentuk tulisan, lisan, atau multimodal (yakni teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya seperti visual, bunyi, atau lisan sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).
C. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Kompetensi yang diharapkan adalah siswa mampu:
SMP/MTs (Kelas VII – IX) : menjadi insan yang memiliki kemampuan berbahasa dan bersastra untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaranberlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca
Materi Pokok
Teks deskripsi
Pengertian teks deskripsi
Isi teks deskripsi
Ciri umum teks deskripsi
Struktur teks deskripsi
Kaidah kebahasaan
Materi Pembelajaran
Mengamati model-model teks deskripsi
Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya
Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya
Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya
dari seterusnya....
B. Kelas VIII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi unsurunsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
Materi Pokok
Pengertian teks berita
Unsur-unsur berita (5 W + 1H)
Ringkasan dan penyimpulan berita
Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
Tanggapan terhadap isi berita
Pembelajaran
Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
Mendiskusikan langkahlangkah menentukan pokokpokok/unsur-unsur berita
Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsurunsur teks berita yang dibaca
Menanggapi berita
C. Kelas IX
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Materi Pokok
Fungsi teks laporan
Pengertian teks laporan
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Pembelajaran
Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari file Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018 yang dapat anda download pada link download di bawah ini:
Link Download:
Sumber http://www.arsipguru.web.id/