Fungsi Novel: Apa Fungsi Novel?

Fungsi Novel - Pada dasarnya, fungsi novel untuk menghibur para pembaca. Novel yaitu dongeng yang terkandung juga di dalamnya tujuanya untuk memperlihatkan hiburan kepada pembaca. Novel merupakan ungkapan dan citra kehidupan insan di suatu zaman yang dihadapkan terhadap suatu permasalahan hidup. 

Permasalahan hidup insan yang begitu kompleks bisa melahirkan suatu konflik dan pertikaian. Melalui novel demikian, pengarang sanggup menceritakan perihal aspek kehidupan insan secara mendalam khususnya aneka macam sikap manusia.

Novel memuat perihal kehidupan insan dalam menghadapi suatu permasalahan hidup. Novel berfungsi untuk mempelajari perihal kehidupan insan di zaman tertentu. Hal demikian yang membuat para pengarang untuk menuangkannya dalam karya sastra novel dengan suatu impian bisa mengambil keuntungannya bagi pembacanya. 

Para novelis mengajarkan lebih banyak mengenai sifat-sifat insan daripada psikolog alasannya novelis bisa mengungkapkan kehidupan batin dari tokoh-tokoh pada novel yang dituliskannya. Ada yang mengungkapkan bahwa novel sanggup dijadikan sebagai sumber bagi para psikolog atau menjadi kasus sejarah yang bisa memperlihatkan sebuah ilustrasi dan contoh.

Bahkan, juga dikatakan bahwa novelis bisa membuat dunia yang mempunyai kandungan nilai kebenaran dan pengetahuan sistematis yang sanggup dibuktikan. 

Manfaat dari membaca karya sastra atau novel memperlihatkan kegembiraan dan kepuasaan batin, memperlihatkan penghayatan yang begitu mendalam terhadap suatu apa yang kita ketahui, serta bisa menolong pembaca menjadi insan yang berbudaya.

Selain dari pada itu, dengan membaca novel bisa memberi kesadaran kepada pembaca mengenai kebenaran-kebenaran hidup. Alhasil cipta sastra akan selalu berbicara mengenai duduk kasus insan dengan segala permasalahan hidupnya, baik melalui hubungan insan dengna mnausia, insan dengan lingkungannya maupun dengan insan dengan penciptanya. 


Fungsi Novel

Hasil karya sastra novel mengandung keindahan yang bisa mengakibatkan rasa senang, nikmat, terharu, menarik perhatian dan sanggup menyegarkan perasaan pembaca, pengalaman jiwa yang terdapat dalam karya sastra dalam memperkaya kehidupan batin insan khususnya bagi pembaca. 

Fungsi karya sastra khususnya novel sebagai berikut: 
  1. Fungsi pertama yaitu sebagai alat penting bagi pemikir dalam menggerakkan pembaca dalam sebuah kenyataan dan menolongnya untuk mengambil suatu keputusan jikalau terdapat suatu masalah. 
  2. Sebagai pengimbang sains dan juga teknologi 
  3. Sebagai alat yang sanggup meneruskan tradisi suatu bangsa dalam arti yang positif, bagi masyarakat sezamannya dan masyarakat yang akan datang, antara lain: kepercayaan, cara berpikir, kebiasaan, pengalaman sejarahnya, rasa keindahan, bahasa serta juga bentuk-bentuk kebudayaan. 
  4. Sebagai sesuatu yang dimana terdapat nilai-nilai kemanusiaan yang menerima daerah yang sewajarnya, dipertahankan dan disebarluaskan, khususnya di tengah-tengah kehidupan modern yang ditandai dengan menggebu-gebunya kemajuan sains dan juga teknologi. 
Selain itu, Agustien S., Sri Mulyani dan juga Silistino beropini bahwa fungsi sastra khususnya novel yaitu sebagai berikut.. 
  1. Fungsi rekreatif, yang sanggup memperlihatkan hiburan dalam menyenangkan bagi pembacanya. 
  2. Fungsi didaktif, yakni bisa mengarahkan atau mendidik pembacanya dengan adanya nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung di dalamnya. 
  3. Fungsi estetis, yakni bisa memperlihatkan keindahan bagi pembacanya. 
  4. Fungsi moralitas, bisa memperlihatkan pengetahuan kepada pembacanya sehingga sanggup mengetahui watak yang baik dan juga buruk. 
  5. Fungsi religius, yang mempunyai kandungan pemikiran agama yang diteladani bagi para pembaca sastra. 

Baca Juga: 



Demikianlah info mengenai fungsi novel. Semoga info ini sanggup bermanfaat bagi kita semua dan menambah pengetahuan kita. Alangkah lebih baiknya, saran penulis kepada pembaca yaitu teman-teman menunjukan sendiri bagaimana itu fungsi novel sendiri berdasarkan anda, berdasarkan anda para pembaca, bagi teman-teman sendiri. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi Fungsi Novel: 
Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawacana. hlm: 77-83

Sumber https://2manfaat.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel