Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMK 2019
Wednesday, November 21, 2018
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMK 2019. Masih sama dengan tahap sebelumnya, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal USBN SMK pada mata pelajaran Seni Budaya.
Karena materi yang diujikan 100% mirip, jadi admin bisa mengatakan bahwa latihan soal yang ada di bawah ini cocok untuk satun pendidikan yang sudah kurikulum 2013 atau yang masih menggunakan KTSP sebagai acuan.
Hal ini sudah admin cek dari kisi - kisi USBN seni budaya SMK yang dibagikan pihak BSNP melalui postingan di laman web resminya.
Cek : Kisi - kisi USBN Seni Budaya SMK K13 dan KTSP
Kutipan materi yang sekiranya bisa sobat pelajari melingkupi 5 bab berikut ini :
- Kebudayaan
- Seni dan Keindahan
- Ekspresi
- Genre
- dan Apresiasi
Sobat bisa mempelajarinya lebih lanjut dan mencocokkan apa yang sobat pelajari di 3 tahun masa sekolah SMK tersebut. Walau pun naskah di bawah ini cuma sebatas contoh soal saja, akan tetapi bisa admin bilang Prediksi Soal / Bocoran Soal Sesuai kisi - kisi.
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMK 2019
Masing - masing butir soal mempunyai kunci jawaban masing - masing. Jumlahnya sebanyak 45 butir soal dengan ketentuan 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Keseluruhan soal bisa terbilang yang terbaru di akhir tahun 2018 ini. Jadi jangan heran, jika sobat akan menemukan beberapa soal yang akan tembus pada tahun 2019 kelak.
Yang perlu sobat lakukan hanya memeriksa dan mempelajari struktur soal sesuai kisi - kisi yang terlampir diatas. Dan terutama bekerja keraslah.
Loh min, gak ada dokumen softfile-nya ya? Gak bisa dicopy juga!!
Admin tidak menginjinkan copy paste untuk soal di yang berada di blog ini, terkhusus untuk di posting ulang pada blog sobat. Sedangkan untuk dokumen softfile, admin sudah sediakan di bawah keseluruhan soal - jawab di bawah ini dengan format PDF. Admin sarankan untuk membaca sekilas naskah soal latihan USBN seni budaya SMK berikut ini.
Selamat Mengerjakan...
Soal Pilihan Ganda
1. Budi dan daya manusia yang berakal dan menghasilkan karya seni yang bermutu dari zaman ke zaman disebut:
A. Kebudayaan
B. Kesenian
C. Estetika
D. Apresiasi
E. Ekspresi
Soal Pilihan Ganda
1. Budi dan daya manusia yang berakal dan menghasilkan karya seni yang bermutu dari zaman ke zaman disebut:
A. Kebudayaan
B. Kesenian
C. Estetika
D. Apresiasi
E. Ekspresi
Jawaban : A
2. Menurut Kluckhohn Bagian dari budaya yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia adalah…
A. Sistem Kepercayaan (Religi)
B. Kesenian
C. Sistem Pengetahuan
D. Bahasa
E. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
Jawaban : B2. Menurut Kluckhohn Bagian dari budaya yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia adalah…
A. Sistem Kepercayaan (Religi)
B. Kesenian
C. Sistem Pengetahuan
D. Bahasa
E. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
3. Seni adalah segala perbuatan manusia yang bersifat indah hingga dapat menggerakkan perasaan manusia menurut :
A. Leo Tolstoy
B. Erich Kahler
C. Ki Hajar Dewantara
D. Akhdiat Kartamihardja
E. Herbert Read
Jawaban : C
4. Cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan akan ruang yang nyaman dan indah dalam sebuah hunian disebut :
A. Desain Arsitektur
B. Desain Produk
C. Desain Komunikasi Visual
D. Seni Kriya
E. Desain Interior
Jawaban : A
5. Salah satu unsur seni rupa yang terdapat dalam lukisan ekspresionisme karya Affandi adalah…
A. Titik
B. Garis
C. Warna
D. Tekstur
E. Gelap terang
Jawaban : E
6. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap terang atau tebal tipis adalah teknik ….
A. arsir
B. siluet
C. dussel
D. kolase
E. pointilis
Jawaban : C
7. Musik adalah karya seni yang disukai oleh tua dan muda di seluruh dunia, hal ini menunjukkan bahwa seni memiliki sifat...
A. Ekspresif
B. Pribadi
C. Universal
D. Survival
E. Abadi
Jawaban : CB. Erich Kahler
C. Ki Hajar Dewantara
D. Akhdiat Kartamihardja
E. Herbert Read
Jawaban : C
4. Cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan akan ruang yang nyaman dan indah dalam sebuah hunian disebut :
A. Desain Arsitektur
B. Desain Produk
C. Desain Komunikasi Visual
D. Seni Kriya
E. Desain Interior
Jawaban : A
5. Salah satu unsur seni rupa yang terdapat dalam lukisan ekspresionisme karya Affandi adalah…
A. Titik
B. Garis
C. Warna
D. Tekstur
E. Gelap terang
Jawaban : E
6. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap terang atau tebal tipis adalah teknik ….
A. arsir
B. siluet
C. dussel
D. kolase
E. pointilis
Jawaban : C
7. Musik adalah karya seni yang disukai oleh tua dan muda di seluruh dunia, hal ini menunjukkan bahwa seni memiliki sifat...
A. Ekspresif
B. Pribadi
C. Universal
D. Survival
E. Abadi
8. Hasil pengamatan gambar di bawah adalah....
A. gambar1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran impresionisme
B. gambar 1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran dadaisme, gambar 3 beraliran impresionisme
C. gambar 1beraliran naturalisme, Gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran ekspresionisme
D. gambar 1 beraliran realisme, gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran impresionisme
E. gambar 1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran Dadaisme, gambar 3 beraliran impresionisme
Jawaban : A
9. Prinsip- prinsip dasar karya seni rupa terdiri dari....
A. value, unity,balance, rhythm, penekanan
B. unity, balance, rhythm, penekanan, proporsi dan keselarasan
C. unity, balance, rhythm, penekanan, tekstur, dan keselarasan
D. line, unity, penekanan, tekstur, proporsi dan penekanan
E. line, unity, penekanan, proporsi, keselarasan dan rhythm
Jawaban : B
10. Fungsi utama pameran seni rupa bagi perupa atau senimannya adalah ….
A. untuk membanggakan hasil karyanya kepada masyarakat
B. untuk menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai Seni Rupa
C. untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan karyanya kepada masyarakat
D. untuk menambahkan jumlah penggemar karya-karyanya
E. untuk menambah keleksi karya-karya Seni Rupa
Jawaban : C
11. Kritik seni pada dasarnya merupakan kegiatan menanggapi suatu karya seni yang bertujuan mengupas kedalam dan membangun kekurangan pada suatu karya sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap karya seni yang berkualitas. Dibawah ini merupakan tahapan yang digunakan secara umum dalam mengkritisi karya seni rupa adalah ….
A. anilisis formal – deskripsi – evaluasi – interprestasi
B. evaluasi – analisis formal – interprestasi – deskripsi
C. deskripsi – analisis formal – interprestasi – evaluasi
D. interprestasi – deskripsi – analisis formal – evaluasi
E. analisis formal – deskripsi – evaluasi – interprestasi
Jawaban : C
12. Pada zaman prasejarah, masyarakat banyak berkarya seni rupa menggunakan bahan dari ….
A. plastik
B. batu
C. sampah rumah tangga
D. emas
E. tembaga
Jawaban : BA. gambar1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran impresionisme
B. gambar 1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran dadaisme, gambar 3 beraliran impresionisme
C. gambar 1beraliran naturalisme, Gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran ekspresionisme
D. gambar 1 beraliran realisme, gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran impresionisme
E. gambar 1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran Dadaisme, gambar 3 beraliran impresionisme
Jawaban : A
9. Prinsip- prinsip dasar karya seni rupa terdiri dari....
A. value, unity,balance, rhythm, penekanan
B. unity, balance, rhythm, penekanan, proporsi dan keselarasan
C. unity, balance, rhythm, penekanan, tekstur, dan keselarasan
D. line, unity, penekanan, tekstur, proporsi dan penekanan
E. line, unity, penekanan, proporsi, keselarasan dan rhythm
Jawaban : B
10. Fungsi utama pameran seni rupa bagi perupa atau senimannya adalah ….
A. untuk membanggakan hasil karyanya kepada masyarakat
B. untuk menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai Seni Rupa
C. untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan karyanya kepada masyarakat
D. untuk menambahkan jumlah penggemar karya-karyanya
E. untuk menambah keleksi karya-karya Seni Rupa
Jawaban : C
11. Kritik seni pada dasarnya merupakan kegiatan menanggapi suatu karya seni yang bertujuan mengupas kedalam dan membangun kekurangan pada suatu karya sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap karya seni yang berkualitas. Dibawah ini merupakan tahapan yang digunakan secara umum dalam mengkritisi karya seni rupa adalah ….
A. anilisis formal – deskripsi – evaluasi – interprestasi
B. evaluasi – analisis formal – interprestasi – deskripsi
C. deskripsi – analisis formal – interprestasi – evaluasi
D. interprestasi – deskripsi – analisis formal – evaluasi
E. analisis formal – deskripsi – evaluasi – interprestasi
Jawaban : C
12. Pada zaman prasejarah, masyarakat banyak berkarya seni rupa menggunakan bahan dari ….
A. plastik
B. batu
C. sampah rumah tangga
D. emas
E. tembaga
13. Unsur-unsur karya seni rupa terdiri dari ….
A. titik, garis, bidang, ruang, warna, tekstur dan gelap terang
B. titik, garis keseimbangan, warna, tekstur dan gelap terang
C. titik, garis, raut, ritme, kesatuan, warna dan gelap terang
D. garis, balance, warna, tekstur dan gelap terang
E. titik, garis, raut, ruang, harmoni dan gelap terang
Jawaban : A
14. Kemampuan untuk menghargai, mengagumi, menghayati, dan menilai sebuah karya seni disebut…
A. Kreasi seni
B. Apresiasi seni
C. Pengertian seni
D. Tujuan Seni
E. Fungsi seni
Jawaban : B
15. Apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilaian tentang keindahan karya seni tersebut, disebut dengan ….
A. apresiasi kritis
B. apresiasi pasif
C. apresiasi estetik
D. apresiasi empatik
E. apresiasi melankolis
Jawaban : C
16. Proses penciptaan karya seni untuk meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga memperoleh pengalaman baru dalam mengamati karya seni tersebut berarti karya seni rupa bertujuan sebagai ......
A. rekaman peristiwa
B. alat komunikasi
C. ekspresi diri
D. perluasan wawasan
E. terapi kejiwaan
Jawaban : D
17. Perhatikan data di bawah ini!
1. Adat istiadat
2. Cerita rakyat
3. Patrilineal
4. Matrilineal
5. Norma
6. Arsitektur
Yang termasuk pada bentuk kebudayaan aktivitas adalah…
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 5, dan 6
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5
E. .3, 5, dan 6
Jawaban : D
18. Dalam karya seni tiga dimensi, membentuk dengan cara mengurangi dan menambahkan bahan adalah teknik ….
A. pahat
B. butsir
C. cor
D. las
E. cetak
Jawaban : B
19. Musik yang berasal dari daerah disebut :
A. Musik Modern
B. Musik Tradisional
C. Musik Klasik
D. Musik Kontemporer
E. Musik Kolaborasi
Jawaban : B
20. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mengandung makna tertentu
(2) Menggambarkan suasana suatu daerah
(3) Irama dan melodinya bersifat sederhana
(4) Tidak diketahui penciptanya
Yang merupakan ciri-ciri music tradisional adalah ….
A. (4)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1), (2) dan (3)
E. (1), (2), (3) dan (4)
Jawaban : E
21. Berdasarkan fungsinya alat musik dibagi menjadi tiga yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Contoh dari alat musik ritmis adalah....
a. kendang, gong, saron, kastanyet
b. rebab, drum, ketipung, ukulele
c. kastanyet, drum, gong, kendang
d. sasando, tifa, talempong,Fuu
e. kulintang, gitar, organ, piano
Jawaban : C
22. Urutan tangga nada 2# adalah ….
A. g a b c d e f g
B. g a b c d e fis g
C. g a b cis d e fis g
D. d e fis g a b cis d
E. f g a b cis dis e f
Jawaban : BA. titik, garis, bidang, ruang, warna, tekstur dan gelap terang
B. titik, garis keseimbangan, warna, tekstur dan gelap terang
C. titik, garis, raut, ritme, kesatuan, warna dan gelap terang
D. garis, balance, warna, tekstur dan gelap terang
E. titik, garis, raut, ruang, harmoni dan gelap terang
Jawaban : A
14. Kemampuan untuk menghargai, mengagumi, menghayati, dan menilai sebuah karya seni disebut…
A. Kreasi seni
B. Apresiasi seni
C. Pengertian seni
D. Tujuan Seni
E. Fungsi seni
Jawaban : B
15. Apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilaian tentang keindahan karya seni tersebut, disebut dengan ….
A. apresiasi kritis
B. apresiasi pasif
C. apresiasi estetik
D. apresiasi empatik
E. apresiasi melankolis
Jawaban : C
16. Proses penciptaan karya seni untuk meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga memperoleh pengalaman baru dalam mengamati karya seni tersebut berarti karya seni rupa bertujuan sebagai ......
A. rekaman peristiwa
B. alat komunikasi
C. ekspresi diri
D. perluasan wawasan
E. terapi kejiwaan
Jawaban : D
17. Perhatikan data di bawah ini!
1. Adat istiadat
2. Cerita rakyat
3. Patrilineal
4. Matrilineal
5. Norma
6. Arsitektur
Yang termasuk pada bentuk kebudayaan aktivitas adalah…
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 5, dan 6
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5
E. .3, 5, dan 6
Jawaban : D
18. Dalam karya seni tiga dimensi, membentuk dengan cara mengurangi dan menambahkan bahan adalah teknik ….
A. pahat
B. butsir
C. cor
D. las
E. cetak
Jawaban : B
19. Musik yang berasal dari daerah disebut :
A. Musik Modern
B. Musik Tradisional
C. Musik Klasik
D. Musik Kontemporer
E. Musik Kolaborasi
Jawaban : B
20. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mengandung makna tertentu
(2) Menggambarkan suasana suatu daerah
(3) Irama dan melodinya bersifat sederhana
(4) Tidak diketahui penciptanya
Yang merupakan ciri-ciri music tradisional adalah ….
A. (4)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1), (2) dan (3)
E. (1), (2), (3) dan (4)
Jawaban : E
21. Berdasarkan fungsinya alat musik dibagi menjadi tiga yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Contoh dari alat musik ritmis adalah....
a. kendang, gong, saron, kastanyet
b. rebab, drum, ketipung, ukulele
c. kastanyet, drum, gong, kendang
d. sasando, tifa, talempong,Fuu
e. kulintang, gitar, organ, piano
Jawaban : C
22. Urutan tangga nada 2# adalah ….
A. g a b c d e f g
B. g a b c d e fis g
C. g a b cis d e fis g
D. d e fis g a b cis d
E. f g a b cis dis e f
B. e g c
C. g e c
D. g c e
E. g a b
Jawaban : D
24. Sajian musik yang hanya terdiri dari permainan beberapa alat musik secara bersamaan dinamakan ….
A. orchestra
B. ansambel
C. akapela
D. harmonis
E. tradisional
Jawaban : A
25. Hasil dari pengamatan gambar di bawah adalah....
A. talempong pacit dari sumatra, cara memainkan di pukul
B. kulintang dari minahasa, cara memainkan di pukul
C. bonang barung dari jawa, cara memainkan di pukul
D. bonang penerus dari jawa, cara memainkan di pukul
E. ceng-ceng dari bali, cara memainkan di pukul
Jawaban : D
26. Alat musik yang menggunakan senar / dawai sebagai sumber bunyinya disebut ….
A. idiophone
B. aerophone
C. chordophone
D. electrophone
E. membranophone
Jawaban : CC. g e c
D. g c e
E. g a b
Jawaban : D
24. Sajian musik yang hanya terdiri dari permainan beberapa alat musik secara bersamaan dinamakan ….
A. orchestra
B. ansambel
C. akapela
D. harmonis
E. tradisional
Jawaban : A
25. Hasil dari pengamatan gambar di bawah adalah....
A. talempong pacit dari sumatra, cara memainkan di pukul
B. kulintang dari minahasa, cara memainkan di pukul
C. bonang barung dari jawa, cara memainkan di pukul
D. bonang penerus dari jawa, cara memainkan di pukul
E. ceng-ceng dari bali, cara memainkan di pukul
Jawaban : D
26. Alat musik yang menggunakan senar / dawai sebagai sumber bunyinya disebut ….
A. idiophone
B. aerophone
C. chordophone
D. electrophone
E. membranophone
27. Jumlah ketukan not di bawah adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. ½
E. ¼
Jawaban : A
28. Hasil dari gambar di bawah ini adalah = …. Ketukan
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban : C
29. Alat musik gamelan jawa terdiri atas beberapa alat, yang bertugas sebagai pemimpin ….
A. gong
B. boning
C. kethuk
D. saron
E. kendang.
Jawaban : A
30. Tari Jaipong merupakan jenis tarian
A. Tari Sakral
B. Tari Tradisional
C. Tari Rakyat
D. Tari Pertunjukan
E. Tari kreasi
Jawaban : B
31. Tari adalah gerak-gerak dari seluruh anggota tubuh / badan yang selaras dengan bunyi musik (gamelan). Diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan didalam tari. Dalam Babad
Lan mekaraning Djoged Djawi. Definisi tari tersebut diatur disampaikan oleh ….
A. Curt Sacht
B. Corrie Hartong
C. La Meri
D. B.P.A Soerjodiningrat D.
E. Soedarsono
Jawaban : D
32. Tarian yang bernilai artistik tinggi dan mempunyai standar atau norma yang cukup kuat sehingga ada pembakuaan gerak dan mengandung konsep simbolik dan filosofis disebut juga ….
A. tari kerakyatan
B. tari klasik
C. tari pergaulan
D. tari kreasi
E. modern dance
Jawaban : A
33. Sikap tangan dan lengan dengan ruang terbuka lebar dan posisi sikut yang senantiasa sejajar denga dada, disertai ekspresi mata yang indah adalah salah satu ciri tarian ….
A. Sumatera
B. Sunda
C. Jawa
D. Bali
E. Irian
Jawaban : A
34. Jika tari Bedhoyo ssecara sengaja ditampilkan dengan busana berbeda dan jumlah penari yang berbeda dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan tertentu, maka tarian ini disebut ….
A. kreasi tari
B. kekurangan jumlah penari
C. mengembangkan tradisi
D. cara belajar bagi penari muda
E. cara menampilkan budaya diluar keratin
Jawaban : C
35. Jika akan menarikan tari kreasi yang dibuat oleh orang lain, maka kita harus memahami sinopsis tari terlebih dahulu sebelum mempelajari gerakan-gerakan tari. Dalam kasus ini synopsis tari dibuat oleh ….
A. penari
B. panitia pertunjukkan
C. koreografer
D. penonton
E. pemusik
Jawaban : C
36. Tarian yang diwariskan secara turun temurun dan mengandung nilai filosofis, simbolis dan religius disebut tari ….
A. rakyat
B. tradisional
C. kontemporer
D. kreasi
E. daerah
Jawaban : B
37. Disaat pertunjukan seni tari tidak lepas dari unsur gerak, rias dan iringan. Fungsi utama tata rias dalam pertunjukan seni tari adalah …
A. membuat semangat penonton
B. memeriahkan pertunjukan seni tari
C. mengiringi tari sesuai gerakannya
D. mempercantik penari
E. mendukung karakter penari
Jawaban : E
38. Dalam pertunjukkan tari kreasi baru, perlu adanya kekompakkan dan kebersamaan. Perebedaan tari berpasangan dengan tari kelompok adalah ….
A. jumlah penari
B. gerakan yang sedang menari
C. saling melengkapi dalam tari berpasangan
D. kerumitan gerakan
E. gagasan dasar tarian
Jawaban : C
39. Lampu yang digunakan untuk menyinari objek tertentu secara khusus dalam pertunjukan seni tari disebut ….
A. general light a
B. follow spot
C. front light
D. spot light
E. side light
Jawaban : D
40. Nama lampu yang digunakan untuk penyinaran dari arah depan dan biasanya diletakkan di depan penari adalah ….
A. Side light
B. Spot light
C. Back light
D. Side wing
E. Front light
Jawaban : E
Soal Uraian
41. Sebutkan pengelompokan karya seni rupa berdasarkan tujuan pembuatanya!
Jawaban :
-seni rupa murni :
seni rupa yang hanya memperhatikan nilai keindahannya saja untuk kepuasan batin.
-seni rupa terapan :
seni rupa yang memperhatikan nilai kegunaannya untuk digunakan sehari-sehari.
42. Tuliskan tingkatan akor dalam seni musik!
Jawaban :
I = tonika= CEG
II = supertonika=D-F-A
III = median = E-G-B
IV = submedian = F-A-C
V = dominan = G-B- D
VI = sub dominan = A-C-E
VII = leading not =B-D-F
43. Tuliskan susunan tangga nada dari 1 sampai 5 # mayor!
Jawaban :
1# G-A-B-C-D-E-F#-G
2# D-E-F#-G-A-B-C#-D
3# A-B-C#-D-E-F#-G#-A
4# E-F#-G#-A-B-C#-D#-E
5# B-C#-D#-E-F#-G#-A#-B
44. Materi ujian praktik kelas XII salah satunya adalah pagelaran seni tari. Buatlah susunan kepanitiaan pagelaran tersebut!
Jawaban :
https://brainly.co.id/tugas/6137962
A. 1
B. 2
C. 3
D. ½
E. ¼
Jawaban : A
28. Hasil dari gambar di bawah ini adalah = …. Ketukan
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban : C
29. Alat musik gamelan jawa terdiri atas beberapa alat, yang bertugas sebagai pemimpin ….
A. gong
B. boning
C. kethuk
D. saron
E. kendang.
Jawaban : A
30. Tari Jaipong merupakan jenis tarian
A. Tari Sakral
B. Tari Tradisional
C. Tari Rakyat
D. Tari Pertunjukan
E. Tari kreasi
Jawaban : B
31. Tari adalah gerak-gerak dari seluruh anggota tubuh / badan yang selaras dengan bunyi musik (gamelan). Diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan didalam tari. Dalam Babad
Lan mekaraning Djoged Djawi. Definisi tari tersebut diatur disampaikan oleh ….
A. Curt Sacht
B. Corrie Hartong
C. La Meri
D. B.P.A Soerjodiningrat D.
E. Soedarsono
Jawaban : D
32. Tarian yang bernilai artistik tinggi dan mempunyai standar atau norma yang cukup kuat sehingga ada pembakuaan gerak dan mengandung konsep simbolik dan filosofis disebut juga ….
A. tari kerakyatan
B. tari klasik
C. tari pergaulan
D. tari kreasi
E. modern dance
Jawaban : A
33. Sikap tangan dan lengan dengan ruang terbuka lebar dan posisi sikut yang senantiasa sejajar denga dada, disertai ekspresi mata yang indah adalah salah satu ciri tarian ….
A. Sumatera
B. Sunda
C. Jawa
D. Bali
E. Irian
Jawaban : A
34. Jika tari Bedhoyo ssecara sengaja ditampilkan dengan busana berbeda dan jumlah penari yang berbeda dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan tertentu, maka tarian ini disebut ….
A. kreasi tari
B. kekurangan jumlah penari
C. mengembangkan tradisi
D. cara belajar bagi penari muda
E. cara menampilkan budaya diluar keratin
Jawaban : C
35. Jika akan menarikan tari kreasi yang dibuat oleh orang lain, maka kita harus memahami sinopsis tari terlebih dahulu sebelum mempelajari gerakan-gerakan tari. Dalam kasus ini synopsis tari dibuat oleh ….
A. penari
B. panitia pertunjukkan
C. koreografer
D. penonton
E. pemusik
Jawaban : C
36. Tarian yang diwariskan secara turun temurun dan mengandung nilai filosofis, simbolis dan religius disebut tari ….
A. rakyat
B. tradisional
C. kontemporer
D. kreasi
E. daerah
Jawaban : B
37. Disaat pertunjukan seni tari tidak lepas dari unsur gerak, rias dan iringan. Fungsi utama tata rias dalam pertunjukan seni tari adalah …
A. membuat semangat penonton
B. memeriahkan pertunjukan seni tari
C. mengiringi tari sesuai gerakannya
D. mempercantik penari
E. mendukung karakter penari
Jawaban : E
38. Dalam pertunjukkan tari kreasi baru, perlu adanya kekompakkan dan kebersamaan. Perebedaan tari berpasangan dengan tari kelompok adalah ….
A. jumlah penari
B. gerakan yang sedang menari
C. saling melengkapi dalam tari berpasangan
D. kerumitan gerakan
E. gagasan dasar tarian
Jawaban : C
39. Lampu yang digunakan untuk menyinari objek tertentu secara khusus dalam pertunjukan seni tari disebut ….
A. general light a
B. follow spot
C. front light
D. spot light
E. side light
Jawaban : D
40. Nama lampu yang digunakan untuk penyinaran dari arah depan dan biasanya diletakkan di depan penari adalah ….
A. Side light
B. Spot light
C. Back light
D. Side wing
E. Front light
Jawaban : E
Soal Uraian
41. Sebutkan pengelompokan karya seni rupa berdasarkan tujuan pembuatanya!
Jawaban :
-seni rupa murni :
seni rupa yang hanya memperhatikan nilai keindahannya saja untuk kepuasan batin.
-seni rupa terapan :
seni rupa yang memperhatikan nilai kegunaannya untuk digunakan sehari-sehari.
42. Tuliskan tingkatan akor dalam seni musik!
Jawaban :
I = tonika= CEG
II = supertonika=D-F-A
III = median = E-G-B
IV = submedian = F-A-C
V = dominan = G-B- D
VI = sub dominan = A-C-E
VII = leading not =B-D-F
43. Tuliskan susunan tangga nada dari 1 sampai 5 # mayor!
Jawaban :
1# G-A-B-C-D-E-F#-G
2# D-E-F#-G-A-B-C#-D
3# A-B-C#-D-E-F#-G#-A
4# E-F#-G#-A-B-C#-D#-E
5# B-C#-D#-E-F#-G#-A#-B
44. Materi ujian praktik kelas XII salah satunya adalah pagelaran seni tari. Buatlah susunan kepanitiaan pagelaran tersebut!
Jawaban :
https://brainly.co.id/tugas/6137962
45. Jelaskan pengertian teater tradisional!
Jawaban : Teater Tradisional adalah bentuk pertunjukan yang pesertanya dari daerah setempat karena terkondisi dengan adat istiadat, sosial masyarakat dan struktur geografis masing-masing daerah
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMK 2019 Pdf, DOWNLOADDemikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya SMK 2019 di artikel kali ini. Semoga bermanfaat.