Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Pemrograman Dasar SMK 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar SMK 2019. Hai sobal pencari Soal Prediksi 2019, di kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal di jurusan TKJ pada mata pelajaran bengkel pemrograman dasar.

Mata ujian ini mengacu pada pemrograman berbasis PHP, html, web, dan sebagainya. Dan masuk dalam jajaran Kurikulum 2013. Keseluruhan materi berbeda 100% dari kurikulum lam KTSP.

Tingkat kesulitannya pun berbeda, dengan rincian materi sebagai berikut : 

  1. Dasar Struktur Algoritma
  2. Struktur Ontrol dan Perulangan
  3. Penerapan dari algortima ke program
  4. array
  5. fungsi
Latihan soal USBN pemrograman dasar ini bisa membantu sobat yang akan melaksanakan ujian tersebut. Bisa admin katakan terbaru karena sudah dicocokkan dengan materi pada kisi - kisi USBN SMK pemorgaman dasar terbaru.

Untuk dokumen yang berbentuk softfile sudah admin letakkan link downloadnya pada bagian bawah soal, yaitu berbentuk PDF yang bisa sobat download secara gratis disini. Sedangkan untuk copy paste, tidak admin ijinkan. Terutama untuk di posting ulang pada blog.

Selamat mengerjakan 

Mohon maaf, dikarenakan banyak sintaks - sintaks pemrogaman. Mungkin ada beberapa soal yang tidak sesuai dengan pemformatan aslinya. Jadi admin sarankan untuk memilih opsi ke-2, yaitu download file PDF-nya.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Pemrograman Dasar SMK 2019



Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar SMK  Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Pemrograman Dasar SMK 2019

1. Tokoh matematika yang biasa dijuluki “Bapak Algoritma” adalah ….
A. Blaise Pascal
B. Al Khawarizmi
C. George Babbage
D. Mark Zuckerberg
E. Mark Twain
Jawaban : B

2. Pemrograman dalam teknologi informasi memiliki pelbagai bidang. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman adalah pemrograman
A. sistem operasi
B. desain grafis
C. web
D. basis data
E. game 

Jawaban : B

3. Structured Query Language adalah bahasa pemrograman untuk
A. web
B. domain
C. basis data
D. sistem operasi
E. routing 

Jawaban : C

4. Operator relasional (perbandingan) yang digunakan untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu ...
A. !=
B. <=
C. >=
D. <
E. > 

Jawaban : A

5. Berikut yang merupakan perintah keluaran adalah ….
A. input
B. get
C. print
D. switch
E. case 

Jawaban : C

6. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk percabangan adalah ...

Jawaban : B

7. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut: Judul : Algoritma Membandingkan dua buah nilai
Kamus :
A, B: integer Algoritma :
input (A,B) if (A>B) then
output(“Bilangan terbesar A”) else
if (A<B) then output(“Bilangan terbesar B”)
else
Output(“Bilangan A dan B sama”) endif
endif
Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi dengan nilai 10 maka outputnya adalah ...
A. Bilangan terbesar B
B. Bilangan terbesar A
C. Bilangan A dan B sama
D. Bilangan terkecil A
E. Bilangan terkecil B 

Jawaban : B

8. Tampilan program di atas menggunakan komponen …. 



A. toolbar
B. menubar
C. combobox
D. textfield
E. textarea 

Jawaban : C

9. Perhatikan struktur percabangan berikut : if (x > 0)
cout << "x is positive"; else if (x < 0)
cout << "x is negative"; else
cout << "x is 0";
Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outpunya adalah ...
A. x is positive
B. x is negative
C. x is 0
D. Tidak ada output
E. x is 15 

Jawaban : A

10. Komponen program grafis di atas disebut …. 


A. radio button
B. button
C. toggle button
D. list
E. chek box 

Jawaban : A

11. Perhatikan algoritma perulangan berikut :
Judul : Algoritma Deret Bilangan
KAMUS:
jml, a : integer
ALGORITMA:
jml ß 0
For (a ß 1; a <= 5; a ß a + 1)
jml ß jml + a
EndFor
output(jml)
Apakah output yang akan tampil ...
A. 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
B. 1,2,3,4,5,6,7
C. 1,2,3,4,5
D. 1,2,3
E. 1,2 

Jawaban : C

12. Setiap objek dalam Object Oriented Programming memiliki dua komponen yaitu ….
A. input dan output
B. text dan grafis
C. desain dan koding
D. page dan insert
E. properties dan method
Jawaban : E

13. Hubungan class dan objek pada Object Oriented Programmig adalah ….
A. class identik dengan objek
B. class adalah turunan objek
C. objek adalah turunan class
D. objek adalah cetak biru dari class
E. class adalah cetak biru dari objek 

Jawaban : C

14. Untuk membentuk sebuah objek (instansiasi) umumnya digunakan keyword ….
A. view
B. review
C. special
D. new
E. section 

Jawaban : D

15. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut :
Susun algoritma untuk menampilkan angka 1 sampai dengan100 secara menaik
A. for (i=0;i<=100;i++)
Output (“nilai”,i)
B. while (i=1;i<100;i++)
Output (“nilai”,i)
C. for (i=1;i<=100;i++)
Output (“nilai”,i)
D. for (i=1;i<99;i++)
Output (“nilai”,i)
E. do i=1;
while i<100;
i--;
Output (“nilai”,i) 

Jawaban : C

16. Aplikasi-aplikasi berikut yang bukan editor IDE bahasa pemrograman Java adalah ….
A. Delphi
B. BlueJ
C. Netbeans
D. Eclipse
E. JBuilder 

Jawaban : A

17. Manakah penulisan deklarasi array berikut ini yang benar ...
A. [50]skor int;
B. [50]int skor;
C. ikor int[50];
D. int 50[skor];
E. int skor[50]; 

Jawaban : E

18. Sebelum digunakan baris-baris program diperiksa dan dilengkapi agar dapat dimengerti komputer. Proses pemeriksaan dan pelengkapan ini disebut ….
A. compile
B. refactor
C. instantiation
D. new object
E. messaging
Jawaban : B

19. Penjelasan dari deklarasi fungsi berikut : double maks (double x, double y) yang paling tepat adalah ...
A. fungsi maks( ) mempunyai sebuah argumen bertipe double.
B. fungsi mak( ) mempunyai dua buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe Long.
C. fungsi maks( ) mempunyai dua buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe Double.
D. fungsi maks( ) mempunyai tiga buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe int.
E. semua jawaban benar 

Jawaban : C

20. Pada penulisan program, tak jarang programmer menuliskan comment. Comment pada pemrograman dapat didefiniskan sebagai ….
A. tulisan pada baris-baris program yang tidak dieksekusi oleh aplikasi
B. tulisan pada baris-baris program yang dieksekusi oleh aplikasi
C. tulisan yang ditandai dengan sintaks sifat program seperti public, private
D. tulisan yang paling awal dieksekusi oleh apikasi
E. tulisan instruksi untuk melaksanakan fungsi 

Jawaban : A

21. Bilangan bulat pada bahasa Java, sebaiknya menggunakan variabel
A. Double
B. Word
C. Integer
D. Float
E. Double 

Jawaban : C

22. Potongan sebuah program disajikan berikut int a=5;
int b=7; int c=a+b
Pada program tersebut a,b,dan c disebut ….
A. faktor
B. instruksi
C. proses
D. variabel
E. fungsi 

Jawaban : D

23. Perhatikan potongan instruksi dalam Basic 256 

berikut angka1=1
angka2=22
angka3=333
angka4=4444 print angka1; 

print angka2;
print angka3;
print angka4;
Hasil yang disajikan adalah
A. 1
22
333
4444
B. 122
333
444
C. 122
3334444
D. 122333
4444
E. 1223334444 

Jawaban : E

24. Lampu lalu lintas mengatur pemakai lalu lintas, dengan menyalakan lampu merah untuk berhenti, lampu hijau untuk berjalan dan lampu kuning untuk persiapan. Prosedur paling tepat untuk keadaan ini adalah ….
A. switch to
B. if then
C. on goto
D. case of
E. while do 

Jawaban : B

25. 




Perhatikan kode program di atas, manakah hasil yang tepat jika kita memasukkan angka 4 sebagai nilai suku
A. 0
1
1
2
B. 2
1
1
0
C. 1
1
2
3
D. 0
1
1
4
E. 0
1
2

Jawaban : A

26. Instruksi Gosub menginstruksikan program utama mengakses subprogram. Apabila subprogram selesai bekerja, alur program dikembalikan ke program utama. Instruksi yang diberikan pada subprogram adalah ….
A. back
B. set
C. else
D. return
E. select 

Jawaban : D

27. Penulisan pemanggilan fungsi dalam Bahasa Java yang tepat adalah ….
A. @stemba
B. //stemba
C. stemba()
D. /*stemba*/
E. stemba{} 

Jawaban : C

28. Sebuah akun email dapat diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang tepat digunakan untuk kondisi ini adalah ....
A. OR
B. AND
C. NOT
D. NOR
E. NAND 

Jawaban : B

29. Sebuah sistem server dapat diakses apabila hanya pin atau hanya keyword saja yang sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang tepat digunakan untuk kondisi ini adalah ….
A. NOT
B. NOR
C. NAND
D. EXOR
E. EXNOR 

Jawaban : C

30. Sebuah akun email dapat diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan prosedur pemrograman sebagai berikut : user$=”joesti”
input “nama pengguna = “,nama$ if nama$ ……… user$ then print “login Anda salah” ….….
Koding pada baris ke-3 dilengkapi dengan instruksi
A. =
B. >
C. <
D. !=
E. <> 

Jawaban : D

31. Sebuah akun email dapat diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan kode program sebagai berikut :
user$=”joesti” pass$=”stemba”
input “nama pengguna = “,nama$ input “password = “,sandi$
if ……………… then
print “Selamat Datang,”+nama else
print “Maaf, Anda dilarang mengakses” endif
Koding pada baris ke-5 dilengkapi dengan instruksi
A. user$ =nama$ and pass$=sandi$
B. user$ =nama$ or pass$=sandi$
C. user$ =nama$ not pass$=sandi$
D. user$ =nama$ xor pass$=sandi$
E. user$ >>nama$ and pass$>>sandi$ 

Jawaban : A

32. Siswa kelas XII TKJ melaksanakan pemasan jelang pelajaran olah raga. Mereka berlari mengelilingi lapangan sepakbola sebanyak tiga kali putaran.
Prosedur perulangan yang tepat untuk kegiatan ini adalah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of 

Jawaban : B

33. “Ikhlash, tolong tengok tempat minum sapi di kandang”, kata Bunda
“Bila tak penuh, ambil air dari sumur sebelah kandang. Isi sampai penuh, ya” lanjut Bunda "Ya, Bunda”, jawab Ikhlash
Prosedur pemrograman paling tepat untuk kegiatan Ikhlash nanti adalah ….
A. for next
B. do until
C. while do
D. case of
E. repeat do 

Jawaban : C

34. Jemparingan adalah sebuah kompetisi memanah tradisional warisan kerajaan Mataram. Pada even ini setiap pemanah harus berbusana adat Jawa Mataram. Masing-masing diberi tiga anak panah untuk memanah sasaran berupa bandul putih dengan warna merah di atasnya yang digantung dengan tali sebagai sasaran tembaknya. Ada bunyi lonceng yang menandai jika anak panah itu tertancap pada bandul tersebut. Lomba dinyatakan usai bila sasaran terkena anak panah yang dilesatkan dari jarak 30 meter.
Prosedur paling tepat untuk menggambarkan kegiatan tersebut adalah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of 

Jawaban : C

35. Variabel-variaberl berikut yang menunjukkan variabel array adalah ….
A. stemba(7)
B. stemba{7}
C. stemba#7
D. stemba[7]
E. stemba@7 

Jawaban : D

36. Hasil yang disajikan kode program berikut adalah
#array
dim a(5)
a[0]=100
a[1]=75
a[2]=a[0]-a[1]
a[3]=a[0]+a[1]
print "a[4]= "+a[4]
A. 175
B. 100
C. 75
D. 25
E. 0 

Jawaban : E

37. Diketahui operasi matriks sebagai berikut :

Prosedur awal pemrograman untuk menyelesaikan matriks tersebut adalah ….
A. dim A(2,2) dim B(3,2) dim C(3,2)
B. dim A(2,2) dim B(2,3) dim C(3,2)
C. dim A(2,2) dim B(2,3) dim C(2,3)
D. dim A(2,2) dim B(3,2) dim C(3,3)
E. dim A(2,3) dim B(3,2) dim C(3,2) 

Jawaban : A

38. Hasil yang disajikan program berikut adalah …. dim a(3)
a[0]=10
a[1]=15
a[2]=a[0]
a[0]=a[1] print a[0] print a[1]
print a[2]
A. 10
15
15
B. 10
10
15
C. 10
10
10
D. 15
10
10
E. 15
15
10 

Jawaban : E

39. Hasil yang disajikan program berikut adalah dim a$(4)
a$[0]='merah' a$[1]='kuning' a$[2]='hijau' a$[3]=a$[1] a$[0]=a$[2] print a$[0] print a$[1] print a$[2] print a$[3]
A. hijau kuning hijau kuning
B. merah kuning hijau hijau
C. hijau kuning merah kuning
D. kuning
hijau
merah
kuning
E. kuning hijau kuning hijau 

Jawaban : A

40. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut :
Susun algoritma untuk menampilkan angka 9 sampai dengan 1 dengan cara menurun dengan selisih tiap tingkatnya 0.5
A. A. For (f=10;f>=0;f-=0,5)
Output (“nilai”,f)
B. B. For (f=10;f<=0;f-=2)
Output (“nilai”,f)
C. C. For (f=10;f>=0;f-=1)
Output (“nilai”,f)
D. D. For (f=10;f<0;f-=1)
Output (“nilai”,f)
E. E. For (f=9;f>=0;f-=0,5)
Output (“nilai”,f)


Jawaban : E


Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar SMK 2019 PDF, DOWNLOAD
Demikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar SMK 2019 yang admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat

Sumber https://www.soalprediksi.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel