RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
Wednesday, October 24, 2018
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : It’s English Time
Alokasi Waktu : 16 JP (8 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4. 1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan meminta perhatian
3.1.2 Menyebutkan ungkapan meminta perhatian
3.1.3 Merespon ungkapan meminta perhatian
3.1.4 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan mengecek pemahaman
3.1.5 Menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman
3.1.6 Merespon ungkapan mengecek pemahaman
3.1.7 Mengidentifikasi fungsi social dan unsurkebahasaan dari ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.8 Menyebutkan ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.9 Merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.10 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari meminta dan mengungkapkan pendapat
3.1.11 Menyebutkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat
3.1.12 Merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat 3.1.1 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian.
3.1.2 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman
3.1.3 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik.
3.1.4 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks untuk mendapat perhatian secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks untuk mendapatkan perhatian
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mendapatkan perhatian
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks untuk mengecek pemahaman secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks untuk mengecek pemahaman
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mengecek pemahaman
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks tindakan menghargai kinerja yang baik secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks tindakan menghargai kinerja yang baik
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks tindakan menghargai kinerja yang baik
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks mengungkapkan pendapat yang baik secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks mengungkapkan pendapat
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mengungkapkan pendapat
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017
RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2. Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3. Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is it clear?, Great, I think so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4. Topik
Interaksi antara siswa dan guru di dalam dan di luar kelas yang tindakanmeminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kamus Bahasa Inggris
4. Modul/bahan ajar,
5. Internet,
6. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… …………………........
NIP/NRK. NIP/NRK.
Sumber http://silabusk13.blogspot.com/
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : It’s English Time
Alokasi Waktu : 16 JP (8 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4. 1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan meminta perhatian
3.1.2 Menyebutkan ungkapan meminta perhatian
3.1.3 Merespon ungkapan meminta perhatian
3.1.4 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan mengecek pemahaman
3.1.5 Menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman
3.1.6 Merespon ungkapan mengecek pemahaman
3.1.7 Mengidentifikasi fungsi social dan unsurkebahasaan dari ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.8 Menyebutkan ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.9 Merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.10 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari meminta dan mengungkapkan pendapat
3.1.11 Menyebutkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat
3.1.12 Merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat 3.1.1 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian.
3.1.2 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman
3.1.3 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik.
3.1.4 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks untuk mendapat perhatian secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks untuk mendapatkan perhatian
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mendapatkan perhatian
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks untuk mengecek pemahaman secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks untuk mengecek pemahaman
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mengecek pemahaman
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks tindakan menghargai kinerja yang baik secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks tindakan menghargai kinerja yang baik
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks tindakan menghargai kinerja yang baik
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks mengungkapkan pendapat yang baik secara lisan maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks mengungkapkan pendapat
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mengungkapkan pendapat
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Baca Juga:
RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017
RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2. Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3. Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is it clear?, Great, I think so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4. Topik
Interaksi antara siswa dan guru di dalam dan di luar kelas yang tindakanmeminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kamus Bahasa Inggris
4. Modul/bahan ajar,
5. Internet,
6. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… …………………........
NIP/NRK. NIP/NRK.