RPP Bahasa Inggris Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017

 berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan RPP Bahasa Inggris Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Congratulation!
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (2 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)

3.1. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Mendeskripsikan fungsi sosial menjaga hubungan interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan guru dan teman yang benar.
3.1.2 Mengidentiifikasi ungkapan struktur teks memulai dan menanggapi terkait interaksi interpersonal yang sedang dipelajari
3.1.3 Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa
4.1.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.2 Menerapkan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat: Menyatakan harapan atau doa secara lisan dan tulisan serta mampu Mengucapkan selamat, secara urut dan runtut dengan bahasa Inggris yang benar dan sesuai konteks Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Congratulation!
a. Fakta
Contoh ungkapan Ungkapan harapan dan doa
• I hope so
• I hope everything is fine
Contoh Ungkapan untuk menyatakan selamat atas keberhasilan atau prestasi tertentu
• Congratulations
• I’m happy for you
• You did it wells
b. Konsep
Fungsi sosial dan struktur teks ungkapan menyatakan harapan dan doa serta ungkapan untuk menyatakan selamat atau keberhasilan/prestasi tertentu
c. Prinsip
Ungkapan menyatakan harapan dan doa serta ungkapan untuk menyatakan selamat atas keberhasilan/prestasi tertentu seperti: I hope so, Congratulations
Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
d. Prosedur
Membuat teks tertulis tentang menyatakan harapan dan doa
Membuat teks tertulis untuk menyatakan selamat atas keberhasilan/prestasi tertentu
2. Materi pembelajaran remedial
Ungkapan a.l. Congratuloations, I hope so, I wish you luck; dll.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
3. Materi pembelajaran pengayaan
Ungkapan menyatakan harapan dan doa serta ungkapan untuk menyatakan selamat atas keberhasilan/prestasi tertentu seperti: I hope so, Congratulations

Baca Juga:

RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Buku lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                 Guru Mata Pelajaran

………………………………          ……………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.

Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel