BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 6 (VI) KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018
Thursday, May 31, 2018
BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 6 (VI) KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018 |
Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Proses pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah (untuk pelaksanaan Kurikulum 2013) diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 yang dipayungi dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses beserta lampirannya. Dalam lampiran Peraturan Menteri tersebut dinyatakan tentang konsep dasar mengenai proses pembelajaran yaitu bahwa peserta didik dipandang sebagai subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Sejalan dengan pandangan tersebut, pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam proses kognitifnya. Selanjutnya, agar benar-benar memahami dan dapat menerapkan pengetahuan, peserta didik perlu didorong untuk bekerja memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkan ide- idenya.
Salah satu sarana untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu diperlukan Buku Siswa. Hal ini disebabkan karena Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan peserta didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
Materi pembelajaran pada Buku Siswa dan Buku Guru memiliki muatan sebagai berikut.
a. Cakupan KD pada Buku Teks Pelajaran. KD-KD pada setiap bab Buku Siswa maupun Buku Guru tergambar dengan jelas baik secara ekplisit maupun implisit. KD yang dimaksud meliputi KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
b. Keluasan, kedalaman, kekinian, dan keakuratan materi pembelajaran dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru sesuai dengan cakupan KD.
c. Contoh materi pembelajaran pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru.
d. Kelayakan kegiatan pembelajaran dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru. Buku Siswa dan Buku Guru dinyatakan layak jika materi pembelajaran memuat KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
e. Kelayakan penilaian dalam tiap bab Buku Siswa dan Guru. Buku Siswa dan Buku Guru dinyatakan layak jika terdapat penilaian untuk mengukur KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
Seperti kita ketahui, bahwa tujuan guru mengajar adalah untuk menyampaikan informasi atau materi ajar dan juga untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa.Oleh karena itu agarguru dapat menyampaikan materi secara baik maka guru dituntut memiliki kemampuan menjelaskan informasi secara baik pula. Sementara itu agar guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa maka guru dituntut untuk memiliki kemampuan bertanya yang baik pula. Dengan adanya Buku Guru dan Buku Siswa diharapkan dapat menjadi pendukung utama dalam membantu guru menjelaskan sebuah konsep dan juga dapat menjadi pemicu untuk penemuan konsep itu sendiri melalui pertanyaan yang bermakna.
Untuk membantu Bapak/Ibu Guru SD yang akan melaksanakan Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 berikut ini admin sharekan Link Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Berikut Link Download Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
BG Pendidikan Agama SD Kelas 6: [PAI],
BS Pendidikan Agama SD Kelas 6: [PAI],
Demikian info tentang Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, semoga bermanfaat. Terima kasih.