BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 3 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018

BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 3 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018

Proses  pembelajaran  pada  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah  (untuk  pelaksanaan Kurikulum 2013) diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 yang dipayungi dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses beserta lampirannya. Dalam lampiran Peraturan  Menteri  tersebut  dinyatakan  tentang  konsep  dasar  mengenai  proses pembelajaran  yaitu  bahwa  peserta  didik  dipandang  sebagai  subjek  yang  memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Sejalan dengan pandangan tersebut, pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan  yang  diberikan  kepada  peserta  didik  untuk  mengkonstruksi  pengetahuan dalam  proses  kognitifnya.  Selanjutnya,  agar  benar-benar  memahami  dan  dapat menerapkan  pengetahuan,  peserta  didik  perlu  didorong  untuk  bekerja  memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkan ide- idenya.


Salah satu sarana untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu diperlukan Buku Siswa. Hal ini disebabkan karena Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat  dikembangkan  lebih  lanjut  oleh  guru.  Guru  dan  peserta  didik  dapat mengembangkan  dan  atau  menambah  kegiatan  sesuai  dengan  kondisi  dan kemampuan  sekolah,  guru,  dan  peserta  didik.  Pengembangan  dan  atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta  didik  terhadap  pengetahuan  yang  dipelajari,  keterampilan  yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.

Materi  pembelajaran  pada  Buku  Siswa  dan  Buku  Guru  memiliki  muatan sebagai berikut.
a. Cakupan KD pada Buku Teks Pelajaran. KD-KD  pada  setiap  bab  Buku  Siswa  maupun  Buku  Guru  tergambar  dengan  jelas baik  secara  ekplisit  maupun  implisit. KD  yang  dimaksud meliputi  KD  pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
b. Keluasan, kedalaman, kekinian, dan keakuratan materi pembelajaran dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru sesuai dengan cakupan KD.
c. Contoh    materi  pembelajaran  pengetahuan  faktual,  konseptual,  prosedural,  dan metakognitif dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru.
d. Kelayakan kegiatan pembelajaran dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru.  Buku Siswa dan Buku Guru dinyatakan layak jika materi pembelajaran memuat KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
e. Kelayakan penilaian dalam tiap bab Buku Siswa dan Guru. Buku  Siswa  dan Buku Guru  dinyatakan  layak  jika  terdapat  penilaian  untuk mengukur KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.

Seperti kita ketahui, bahwa tujuan guru mengajar adalah untuk menyampaikan informasi atau materi ajar dan juga untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa.Oleh karena itu agarguru dapat menyampaikan materi secara baik maka guru dituntut memiliki kemampuan menjelaskan informasi secara baik pula. Sementara itu agar guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa maka guru dituntut untuk memiliki kemampuan bertanya yang baik pula. Dengan adanya Buku Guru dan Buku Siswa diharapkan dapat menjadi pendukung utama dalam membantu guru menjelaskan sebuah konsep dan juga dapat menjadi pemicu untuk penemuan konsep itu sendiri melalui pertanyaan yang bermakna.

Untuk membantu Bapak/Ibu Guru SD yang akan melaksanakan Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 berikut ini admin sharekan Link Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Berikut Link Download Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
BG Pendidikan Agama SD Kelas 3: [PAI],
BS Pedidikan Agama SD Kelas 3: [PAI],

Demikian info tentang Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, semoga bermanfaat. Terima kasih.




Sumber https://majubersma.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel