45 Latihan Soal UTS PKN Kelas 6 Semester 1 + Kunci Jawaban
Sunday, May 6, 2018
Soal UTS PKN SD Kelas 6 Semester 1 (Gasal) dan kunci jawaban. Pada kali ini, kami akan membagikan salah satu soal yang dapat digunakan sebagai latihan dalam mengukur kemampuan siswa (peserta didik), yaitu siswa kelas 6 SD pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Semester 1. Lebih tepatnya yaitu Ulangan Tengah Semester (UTS) Gasal.
Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam mata pelajaran PKN SD kelas 6, ada beberapa kompetensi dasar yang diajarkan, khususnya pada awal semester 1. Kompetensi dasar inilah yang kami gunakan sebagai dasar dalam penyusunan soal UTS PKN kelas 6 SD semester 1.
Beberapa kompetensi tersebut, antara lain : 1) Menerima nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, 2) Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, 3) Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, 4) Menerapkan keputusan bersama berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari.
Ketiga jenis soal ini tentu saja sesuai dengan judulnya, sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Jadi ketika anda menggunakan latihan soal UTS Gasal PKn ini kepada para siswa, anda sudah tenang karena sudah memegang kunci jawaban, baik itu soal pilgan, soal essay, dan soal uraian.
Meskipun begitu, kami sarankan kepada anda untuk menjawab pertanyaan UTS PKN Semester 1 dengan teliti. Siapa tahu ada kunci jawaban soal PKN SD kelas 6 ini ada yang salah. Jika anda menjumpai ada soal UTS PKN ini ada yang rusak, silahkan menghubugi kami melalui kolom komentar.
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini Latihan Soal UTS PKN Kelas 6 Semester 1 beserta Kunci Jawaban dan pembahasan.
a. Mr. Soepomo
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. Mr. Muh. Yamin
2. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan.
2) Rela berkorban demi bangsa dan negara.
3) Bekerja keras untuk kepentingan kelompok.
4) Musyawarah untuk mencapai mufakat.
Beberapa sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila adalah ....
a. 2) dan 4)
b. 1) dan 3)
c. 1) dan 2)
d. 2) dan 3)
3. Nilai kebersamaan yang paling menonjol di kalangan tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara adalah ….
a. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b. pembentukan panitia kecil untuk perumusan Pancasila
c. saling mengajukan usul tentang dasar-dasar bagi negara yang merdeka
d. menerima perubahan rumusan sila pertama dalam Piagam Jakarta
4. Membiasakan semangat persatuan dan kesatuan dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan ….
a. bergotong royong membersihkan lingkungan
b. melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa
c. mencintai produksi dalam negeri
d. berani membela kebenaran dan keadilan
5. Jika keputusan yang diambil tidak sesuai dengan pendapat kita, maka sikap kita sebaiknya ….
a. menerima dengan perasaan dendam
b. menerima dengan ikhlas dan lapang dada
c. menerima namun tidak melaksanakan keputusan
d. menolak hasil keputusan musyawarah
6. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Memotong pembicaraan orang lain.
2) Menghargai pendapat orang lain.
3) Tidak menyimpang dari pembicaraan.
4) Mengutamakan kepentingan bersama.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat adalah ….
a. 2), 3), dan 4)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 2), dan 3)
d. 1), 3), dan 4)
7. Perhatikan beberapa aktivitas berikut!
1) Berdiskusi saat mengerjakan Lembar Kerja Siswa.
2) Bersama teman membersihkan kelas.
3) Bersama teman mengambil buku perpustakaan tanpa izin
4) Bekerja sama saat ulangan di kelas.
Contoh tindakan melaksanakan nilai-nilai kebersamaan di sekolah ditunjukkan nomor ….
a. 3) dan 4)
b. 1) dan 2)
c. 1) dan 3)
d. 2) dan 3)
8. Hakekat keputusan musyawarah merupakan keputusan oleh ....
a. kelompok tertentu
b. beberapa golongan
c. para pemimpin
d. semua peserta
9. Contoh tindakan melaksanakan kebersamaan dalam keluarga adalah ….
a. melaksanakan nasihat orang tua
b. mengantar teman sekelas yang sakit di UKS
c. membantu membersihkan rumah tetangga
d. memboncengkan teman ke sekolah
10. Alasan yang mendorong para pendiri bangsa untuk mengadakan perubahan bunyi sila pertama pada Piagam Jakarta adalah ….
a. masyarakat Indonesia menganut agama yang heterogen
b. tidak disetujui oleh pemerintah Jepang
c. kalimat sila pertama terlalu panjang
d. kurang mewakili masyarakat Indonesia
11. Tokoh nasional yang memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar adalah ….
a. Mr. Muh. Yamin
b. Drs. Moh. Hatta
c. Ir. Soekarno
d. Mr. Supomo
12. Makam Ir. Soekarno terdapat di Provinsi ….
a. Jawa Timur
b. DKI Jakarta
c. Nusa Tenggara Timur
d. Jawa Barat
13. Para perumus Pancasila mengajarkan kepada kita untuk menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat kita. Nilai yang diajarkan adalah ....
a. sopan santun
b. musyawarah
c. kebersamaan
d. kerja keras
14. Dalam melaksanakan keputusan bersama harus dengan perasaan ….
a. dendam
b. ikhlas
c. sedih
d. benci
15. Organisasi politik yang merupakan perintis bangkitnya kesadaran perjuangan bangsa Indonesia adalah ….
a. Tri Koro Dharmo
b. Sarekat Islam
c. Budi Utomo
d. Indische Partij
16. BPUPKI dibentuk pada tanggal ....
a. 2 Juni 1945
b. 2 Maret 1945
c. 1 Maret 1945
d. 1 Juni 1945
17. Perhatikan tabel berikut !
No. Nama Tokoh Asal
1. Ir. Soekarno Blitar
2. Mr. Muh. Yamin Karawang
3. Soepomo Sukoharjo
4. Drs. Moh. Hatta Medan
Pasangan yang tepat dari tokoh di atas ditunjukkan nomor ….
a. 2) dan 4)
b. 2) dan 3)
c. 1) dan 2)
d. 1) dan 3)
18. Pancasila sebagai dasar negara yang diusulkan oleh Ir. Soekarno dapat diterima karena ….
a. Ir. Soekarno sebagai calon presiden pertama Republik Indonesia
b. sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia
c. Ir. Soekarno seorang pemimpin bangsa
d. sesuai dengan kehendak para pemimpin bangsa
19. Ketua Panitia Sembilan adalah ….
a. Mr. Muh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Ahmad Subarjo
d. Drs. Moh Hatta
20. Jepang berusaha meyakinkan bangsa Indonesia tentang kemerdekaan yang dijanjikan dengan cara membentuk ….
a. DPAS
b. MPRS
c. PPKI
d. BPUPKI
21. Perhatikan gagasan mengenai dasar negara berikut !
(1) Perikemanusiaan
(2) Perikebangsaan
(3) Kesejahteraan sosial
(4) Mufakat atau demokrasi
Gagasan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno adalah ….
b. (3) dan (4)
c. (1) dan (3)
d. (1) dan (2)
e. (2) dan (3)
22. Rumusan sila dasar negara dalam Piagam Jakarta yang diganti pada awalnya berbunyi ….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-syariat Islam
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dengan dengan cara menjalankan syariat-syariat Islam
c. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam
d. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi para pemeluknya
23. Nilai kebersamaan dapat diwujudkan dalam bentuk sikap ....
a. melaksanakan hasil keputusan sesuka hati
b. mendengarkan pendapat yang sama
c. menghargai pendapat orang lain
d. memaksakan kehendak kepada orang lain
24. Badan/lembaga yang berperan penting dalam perumusan Pancasila adalah ….
a. BPUPKI
b. MPRS
c. KNIP
d. PPKI
25. Selesai menjalankan tugasnya, BPUPKI kemudian dibubarkan dan kedudukannya digantikan oleh ….
a. KNIP
b. MPRS
c. DPRS
d. PPKI
Soal Essay UTS Gasal PKN Kelas 6
1. Musyawarah karang taruna merupakan penerapan nilai-nilai kebersamaan di lingkungan ….
2. Jika dalam pengambilan keputusan tidak mencapai mufakat maka pengambilan keputusan dilakukan dengan cara ….
3. Tokoh perumus Pancasila yang memiliki keahlian di bidang hukum tata negara adalah ….
4. Bung Hatta lahir di kota ….
5. Ketua BPUPKI adalah ….
6. Anggota BPUPKI berasal dari daerah dan mempunyai latar belakang yang berbeda, namun tetap menggalang rasa … dan ….
7. Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari ….
8. PPKI dalam bahasa Jepang disebut ….
9. Mengutamakan musyawarah untuk mufakat mencerminkan pelaksanaan nilai Pancasila khususnya sila ....
10. Nama Piagam Jakarta adalah ide dari ....
Soal Uraian UTS Gasal PKN Kelas 6
1. Sebutkan tiga contoh perilaku yang menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari !
2. Sebutkan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Soepomo pada sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945 !
3. Sebutkan tiga bentuk penerapan nilai-nilai kebersamaan di lingkungan keluarga !
4. Sebutkan 6 orang anggota Panitia Sembilan ?
5. Salah satu nilai juang para tokoh Perumus Pancasila yang perlu kita teladani adalah mendahulukan kepentingan umum. Berikan tiga contoh tindakan mendahulukan kepentingan umum dalam kehidupan sehari-hari !
1. masyarakat
2. voting atau suara terbanyak
3. Mr. Soepomo
4. Bukittinggi
5. Dr. Radjiman Wedyadiningrat
6. persatuan dan kesatuan
7. Lahirnya Pancasila
8. Dokuritsu Junbi Iinkai
9. keempat
10. Mr. Muh. Yamin
Jawaban Soal Uraian
1. menjaga ketenangan di kelas, menghargai pendapat teman dalam diskusi kelas, bermain tanpa membeda-bedakan teman, menyelesaikan masalah bersama teman dengan musyawarah.
2. 1) Persatuan, 2) Kekeluargaan, 3) Mufakat dan demokrasi 4) Musyawarah, 5) Keadilan rakyat.
3. membantu pekerjaan orang tua, mengadakan musyawarah keluarga, Kerja bakti membersihkan rumah,
4. Ir. Sukarno, Drs. Moh.Hatta, Ahmad Subarjo, A.A. Maramis, Prof.Dr. Supomo, Mr. Muh. Yamin, K.H.Wachid Hasyim, dr.Rajiman Wedyoningrat, dan Abikusno Tjokrosujoso.
5. Menyiapkan air untuk cuci tangan sebelum pelajaran dimulai, Ikut bekerja bakti membersihkan selokan umum di sekitar rumah, Melaksanakan keputusan hasil musyawarah
Buka juga :
1. 60 Soal tentang Sejarah Perumusan Pancasila (Pilihan Ganda, Essay)
2. 55 Soal Perumusan Penetapan Pancasila Dasar Negara + Jawaban
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 B 6 A 11 B 16 C 21 B
2 A 7 B 12 A 17 D 22 D
3 D 8 D 13 C 18 B 23 C
4 A 9 A 14 B 19 B 24 A
5 B 10 A 15 C 20 D 25 D
Latihan soal PKN SD Kelas 6 UTS Semester 1 telah kami sampaikan kepada anda, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga anda puas dengan soal di atas. Jika anda ingi referensi lain terkait soal UTS Gasal SD Kelas 6, silahkan buka Soal PKN SD kelas 6. Sumber https://www.muttaqin.id/
Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam mata pelajaran PKN SD kelas 6, ada beberapa kompetensi dasar yang diajarkan, khususnya pada awal semester 1. Kompetensi dasar inilah yang kami gunakan sebagai dasar dalam penyusunan soal UTS PKN kelas 6 SD semester 1.
Beberapa kompetensi tersebut, antara lain : 1) Menerima nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, 2) Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, 3) Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, 4) Menerapkan keputusan bersama berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari.
Latihan Soal UTS PKN Kelas 6 Semester 1 + Kunci Jawaban
Dikarenakan soal ini digunakan untuk latihan dalam menghadapi UTS Gasal PKN, maka ada 3 jenis soal yang kami sediakan, antara lain soal pilihan ganda (multiple choice) sebanyak 25 soal, soal essay singkat 10 soal, dan soal uraian 5 soal.Ketiga jenis soal ini tentu saja sesuai dengan judulnya, sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Jadi ketika anda menggunakan latihan soal UTS Gasal PKn ini kepada para siswa, anda sudah tenang karena sudah memegang kunci jawaban, baik itu soal pilgan, soal essay, dan soal uraian.
Meskipun begitu, kami sarankan kepada anda untuk menjawab pertanyaan UTS PKN Semester 1 dengan teliti. Siapa tahu ada kunci jawaban soal PKN SD kelas 6 ini ada yang salah. Jika anda menjumpai ada soal UTS PKN ini ada yang rusak, silahkan menghubugi kami melalui kolom komentar.
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini Latihan Soal UTS PKN Kelas 6 Semester 1 beserta Kunci Jawaban dan pembahasan.
Soal Pilihan Ganda UTS Gasal PKN Kelas 6
1. Tokoh berikut ini patut diteladani karena mempunyai kharismatik dan pandai berpidato. Tokoh tersebut bernama .…a. Mr. Soepomo
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. Mr. Muh. Yamin
2. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan.
2) Rela berkorban demi bangsa dan negara.
3) Bekerja keras untuk kepentingan kelompok.
4) Musyawarah untuk mencapai mufakat.
Beberapa sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila adalah ....
a. 2) dan 4)
b. 1) dan 3)
c. 1) dan 2)
d. 2) dan 3)
3. Nilai kebersamaan yang paling menonjol di kalangan tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara adalah ….
a. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b. pembentukan panitia kecil untuk perumusan Pancasila
c. saling mengajukan usul tentang dasar-dasar bagi negara yang merdeka
d. menerima perubahan rumusan sila pertama dalam Piagam Jakarta
4. Membiasakan semangat persatuan dan kesatuan dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan ….
a. bergotong royong membersihkan lingkungan
b. melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa
c. mencintai produksi dalam negeri
d. berani membela kebenaran dan keadilan
5. Jika keputusan yang diambil tidak sesuai dengan pendapat kita, maka sikap kita sebaiknya ….
a. menerima dengan perasaan dendam
b. menerima dengan ikhlas dan lapang dada
c. menerima namun tidak melaksanakan keputusan
d. menolak hasil keputusan musyawarah
6. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Memotong pembicaraan orang lain.
2) Menghargai pendapat orang lain.
3) Tidak menyimpang dari pembicaraan.
4) Mengutamakan kepentingan bersama.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat adalah ….
a. 2), 3), dan 4)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 2), dan 3)
d. 1), 3), dan 4)
7. Perhatikan beberapa aktivitas berikut!
1) Berdiskusi saat mengerjakan Lembar Kerja Siswa.
2) Bersama teman membersihkan kelas.
3) Bersama teman mengambil buku perpustakaan tanpa izin
4) Bekerja sama saat ulangan di kelas.
Contoh tindakan melaksanakan nilai-nilai kebersamaan di sekolah ditunjukkan nomor ….
a. 3) dan 4)
b. 1) dan 2)
c. 1) dan 3)
d. 2) dan 3)
8. Hakekat keputusan musyawarah merupakan keputusan oleh ....
a. kelompok tertentu
b. beberapa golongan
c. para pemimpin
d. semua peserta
9. Contoh tindakan melaksanakan kebersamaan dalam keluarga adalah ….
a. melaksanakan nasihat orang tua
b. mengantar teman sekelas yang sakit di UKS
c. membantu membersihkan rumah tetangga
d. memboncengkan teman ke sekolah
10. Alasan yang mendorong para pendiri bangsa untuk mengadakan perubahan bunyi sila pertama pada Piagam Jakarta adalah ….
a. masyarakat Indonesia menganut agama yang heterogen
b. tidak disetujui oleh pemerintah Jepang
c. kalimat sila pertama terlalu panjang
d. kurang mewakili masyarakat Indonesia
11. Tokoh nasional yang memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar adalah ….
a. Mr. Muh. Yamin
b. Drs. Moh. Hatta
c. Ir. Soekarno
d. Mr. Supomo
12. Makam Ir. Soekarno terdapat di Provinsi ….
a. Jawa Timur
b. DKI Jakarta
c. Nusa Tenggara Timur
d. Jawa Barat
13. Para perumus Pancasila mengajarkan kepada kita untuk menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat kita. Nilai yang diajarkan adalah ....
a. sopan santun
b. musyawarah
c. kebersamaan
d. kerja keras
14. Dalam melaksanakan keputusan bersama harus dengan perasaan ….
a. dendam
b. ikhlas
c. sedih
d. benci
15. Organisasi politik yang merupakan perintis bangkitnya kesadaran perjuangan bangsa Indonesia adalah ….
a. Tri Koro Dharmo
b. Sarekat Islam
c. Budi Utomo
d. Indische Partij
16. BPUPKI dibentuk pada tanggal ....
a. 2 Juni 1945
b. 2 Maret 1945
c. 1 Maret 1945
d. 1 Juni 1945
17. Perhatikan tabel berikut !
No. Nama Tokoh Asal
1. Ir. Soekarno Blitar
2. Mr. Muh. Yamin Karawang
3. Soepomo Sukoharjo
4. Drs. Moh. Hatta Medan
Pasangan yang tepat dari tokoh di atas ditunjukkan nomor ….
a. 2) dan 4)
b. 2) dan 3)
c. 1) dan 2)
d. 1) dan 3)
18. Pancasila sebagai dasar negara yang diusulkan oleh Ir. Soekarno dapat diterima karena ….
a. Ir. Soekarno sebagai calon presiden pertama Republik Indonesia
b. sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia
c. Ir. Soekarno seorang pemimpin bangsa
d. sesuai dengan kehendak para pemimpin bangsa
19. Ketua Panitia Sembilan adalah ….
a. Mr. Muh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Ahmad Subarjo
d. Drs. Moh Hatta
20. Jepang berusaha meyakinkan bangsa Indonesia tentang kemerdekaan yang dijanjikan dengan cara membentuk ….
a. DPAS
b. MPRS
c. PPKI
d. BPUPKI
21. Perhatikan gagasan mengenai dasar negara berikut !
(1) Perikemanusiaan
(2) Perikebangsaan
(3) Kesejahteraan sosial
(4) Mufakat atau demokrasi
Gagasan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno adalah ….
b. (3) dan (4)
c. (1) dan (3)
d. (1) dan (2)
e. (2) dan (3)
22. Rumusan sila dasar negara dalam Piagam Jakarta yang diganti pada awalnya berbunyi ….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-syariat Islam
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dengan dengan cara menjalankan syariat-syariat Islam
c. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam
d. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi para pemeluknya
23. Nilai kebersamaan dapat diwujudkan dalam bentuk sikap ....
a. melaksanakan hasil keputusan sesuka hati
b. mendengarkan pendapat yang sama
c. menghargai pendapat orang lain
d. memaksakan kehendak kepada orang lain
24. Badan/lembaga yang berperan penting dalam perumusan Pancasila adalah ….
a. BPUPKI
b. MPRS
c. KNIP
d. PPKI
25. Selesai menjalankan tugasnya, BPUPKI kemudian dibubarkan dan kedudukannya digantikan oleh ….
a. KNIP
b. MPRS
c. DPRS
d. PPKI
Soal Essay UTS Gasal PKN Kelas 6
1. Musyawarah karang taruna merupakan penerapan nilai-nilai kebersamaan di lingkungan ….
2. Jika dalam pengambilan keputusan tidak mencapai mufakat maka pengambilan keputusan dilakukan dengan cara ….
3. Tokoh perumus Pancasila yang memiliki keahlian di bidang hukum tata negara adalah ….
4. Bung Hatta lahir di kota ….
5. Ketua BPUPKI adalah ….
6. Anggota BPUPKI berasal dari daerah dan mempunyai latar belakang yang berbeda, namun tetap menggalang rasa … dan ….
7. Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari ….
8. PPKI dalam bahasa Jepang disebut ….
9. Mengutamakan musyawarah untuk mufakat mencerminkan pelaksanaan nilai Pancasila khususnya sila ....
10. Nama Piagam Jakarta adalah ide dari ....
Soal Uraian UTS Gasal PKN Kelas 6
1. Sebutkan tiga contoh perilaku yang menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari !
2. Sebutkan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Soepomo pada sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945 !
3. Sebutkan tiga bentuk penerapan nilai-nilai kebersamaan di lingkungan keluarga !
4. Sebutkan 6 orang anggota Panitia Sembilan ?
5. Salah satu nilai juang para tokoh Perumus Pancasila yang perlu kita teladani adalah mendahulukan kepentingan umum. Berikan tiga contoh tindakan mendahulukan kepentingan umum dalam kehidupan sehari-hari !
Kunci Jawaban Soal UTS Gasal PKN Kelas 6 Semester 1
Jawaban Soal Essay1. masyarakat
2. voting atau suara terbanyak
3. Mr. Soepomo
4. Bukittinggi
5. Dr. Radjiman Wedyadiningrat
6. persatuan dan kesatuan
7. Lahirnya Pancasila
8. Dokuritsu Junbi Iinkai
9. keempat
10. Mr. Muh. Yamin
Jawaban Soal Uraian
1. menjaga ketenangan di kelas, menghargai pendapat teman dalam diskusi kelas, bermain tanpa membeda-bedakan teman, menyelesaikan masalah bersama teman dengan musyawarah.
2. 1) Persatuan, 2) Kekeluargaan, 3) Mufakat dan demokrasi 4) Musyawarah, 5) Keadilan rakyat.
3. membantu pekerjaan orang tua, mengadakan musyawarah keluarga, Kerja bakti membersihkan rumah,
4. Ir. Sukarno, Drs. Moh.Hatta, Ahmad Subarjo, A.A. Maramis, Prof.Dr. Supomo, Mr. Muh. Yamin, K.H.Wachid Hasyim, dr.Rajiman Wedyoningrat, dan Abikusno Tjokrosujoso.
5. Menyiapkan air untuk cuci tangan sebelum pelajaran dimulai, Ikut bekerja bakti membersihkan selokan umum di sekitar rumah, Melaksanakan keputusan hasil musyawarah
Buka juga :
1. 60 Soal tentang Sejarah Perumusan Pancasila (Pilihan Ganda, Essay)
2. 55 Soal Perumusan Penetapan Pancasila Dasar Negara + Jawaban
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 B 6 A 11 B 16 C 21 B
2 A 7 B 12 A 17 D 22 D
3 D 8 D 13 C 18 B 23 C
4 A 9 A 14 B 19 B 24 A
5 B 10 A 15 C 20 D 25 D
Latihan soal PKN SD Kelas 6 UTS Semester 1 telah kami sampaikan kepada anda, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga anda puas dengan soal di atas. Jika anda ingi referensi lain terkait soal UTS Gasal SD Kelas 6, silahkan buka Soal PKN SD kelas 6. Sumber https://www.muttaqin.id/