Juknis PIP Madrasah 2019 MI MTS MA

Juknis PIP Madrasah 2019 - Berdarsarkan Ketentuan Direktur Jenderal Pendidikan Islam terkait prosedur kegiatan pengelolaan anggaran dana PIP petunjuk teknis. Panduan Tehnis Program Indonesia Pandai (PIP) untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2019 secara resmi telah diterbitkan. Juknis ini tentunya menjadi referensi serta tatacara sebagai panduan kegiatan proses pelaksanaan PIP/KIP jenjang MI MTS MA diseluruh Indonesia.

 Berdarsarkan Ketentuan Direktur Jenderal Pendidikan Islam terkait prosedur kegiatan penge Juknis PIP Madrasah 2019 MI MTS MA
Juknis PIP Madrasah 2019

Juknis pip tahun 2019 kemenag/ Madrasah adalah pedoman kegiatan pelaksanaan Progran Indonesia Pintar (PIP) Bagi siswa Madrasah Tahun 2019. Juknis program PIP Madrasah ini merupakan panduan bagi para pemangku kepentingan terkait pengelolaan dana Bantuan Sosial PIP untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2019.

Keputusan Direktur Jendaral Pendidikan Islam Tahun 2019 Tentang Juknis Program Indonesia Pandai (PIP) untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2019 diterbitkan tentunya untuk mendukung program prioritas Pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan pemerataan akses pendidikan, perlu melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP MI MTS MA ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pandai (KIP) pada anak umur sekolah dari keluarga yang kurang mampu sesuai dengan syarat-syarat atau kriteria yang sudah ditetapkan serta berdasarkan hasil pemadanan elektronik siswa madrasah seperti tercatat dalam system EMIS yang dikelola Kementerian Agama dengan anak/siswa sebagaimana tercatat dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang dikelola oleh Kementerian Sosial dengan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (Kemenko PMK). 


Tujuan Juknis PIP Madrasah MI, MTs, MA 2019

Maksud Juknis PIP MI, MTs, MA: Petunjuk Teknis Proses Program Indonesia Pintar Untuk  Siswa Madrasah Tahun 2019 bertujuan sebagai pedoman untuk beberapa pihak baik di pusat serta daerah yang ikut serta  dalam proses PIP untuk  melakukan pekerjaan serta tanggungjawabnya dengan benar dan terukur. 

Tujuan Juknis PIP MI, MTs, MA: Panduan Teknis (Juknis) Program Indonesia Pintar Untuk Siswa MI, MTs, MA Tahun Anggaran 2019 mempunyai tujuan :

1. Untuk meningkatkan akuntabilitas serta transparansi penyaluran dana pemberian bantuan sosial PIP untuk Siswa MI, MTs, MA T.A 2019.

2. Memperlancar sistem proses Pelaksanaan program PIP Madrasah biar lebih tepat prosedur, tepat waktu serta tepat sasaran. 

Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Berdasarkan Juknis PIP Kemenag Tahun 2019 

Adapaun Panduan Tehnis Proses Program Indonesia Pandai Untuk Siswa Madrasah 2019 tahap MI MTS MA mencakup : 
  • Pengelola serta pemberi dana Pertolongan Sosial 
  • Alokasi Biaya Pertolongan PIP 
  • Bentuk Bantuan 
  • Kriteria Penerima Bantuan 
  • Penetapan Penerima Bantuan 
  • Mekanisme Penukaran KIP Lama Dengan KIP ATM 
  • Tata Kelola Pencairan Dana Bantuan 
  • Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan 
  • Pelaporan, 
  • Pertanggungjawaban
  • Pengaduan
  • Monitoring 


Pertanggung Jawaban Dan Monitoring

A. Pertanggungjawaban Bantuan.
B. Pengaduan.
Pengaduan berkaitan persoalan PIP untuk siswa madrasah bisa di sampaikan lewat cara-cara di bawah ini : 
  1. Situs LAPOR : https :// www. lapor. go. id /. 
  2. Unit Pengaduan lewat KSKK Madrasah dengan terhubung di situs : http :// madrasah. kemenag. go. id/pengaduanpip. 
  3. Untuk lokasi yang ada Sistem Layanan serta Rujukan Terpadu (SLRT), pengaduan bisa di sampaikan lewat Fasilitator di desa/kelurahan, Pusat Kesejahteraan Sosial di desa/kelurahan, serta Sekretariat SLRT diKabupaten/Kota. 

C. Monitoring dan Evaluasi 
  • Monitoring dan evaluasi proses PIP tahun 2019 memiliki tujuan untuk mengetahui sejauhmana output serta outcome program PIP sudah terwujud atau belum. 
  • Adapun sasaran monitoring dan evaluasi pelaksanaan PIP yaitu Madrasah atau sekolah jenang MI, MTs, MA dan Keluarga Penerima Manfaat PIP (Orang tua dan Siswa).

Download Juknis PIP 2018 Kemenag

Untuk lebih jelasnya mengenai Juknis PIP Bagi Siswa Madrasah T.A 2019 terbaru secara komplitnya silakan langsung saja Anda unduh pada tautan dibawah ini:

Download Juknis Pelaksanaan PIP Kemenag/Madrasah 2019 PDF DISINI


Demikian informasi yang dapat Admin bagikan mengenai Juknis PIP Madrasah 2019 MI, MTs, MA. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat.


Sumber https://www.bingkaiguru.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel