Rangkuman Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2

Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas 3 lengkap yang terdiri dai semester 1 dan 2. Rangkuman materi IPA ini di ambil dari setiap BAB pada mata pelajaran IPA SD Kelas 3 berdasarkan kurikulum KTSP 2006. Rangkuman atau ringkasan ini bertujuan untuk mempermudah mengingat kembali setiap materi yang di pelajari di sekolah dari setiap BAB nya.
Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas  Rangkuman Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diharapkan setiap siswa lebih giat dan semangat belajar IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
  • Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
  • Makhluk hidup memiliki ciri-ciri antara lain: bergerak, tumbuh,berkembang biak, dan menanggapi rangsang.
  • Gerak pada makhluk hidup tidak sama. Hal ini tergantung cara dan tempat hidupnya.
  • Manusia dan hewan dapat bergerak berpindah tempat. Ini disebut gerak aktif.
  • Gerakan pada tumbuhan tidak mengakibatkan tumbuhan berpindah tempat. Ini disebut gerak pasif.
  • Makhluk hidup tumbuh artinya bertambah besar.
  • Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. 
    • Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan.
    • Hewan berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan.
    • Tumbuhan berkembang biak dengan cara alami (biji dan tunas), atau secara buatan (cangkok, setek, dan okulasi)
  • Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah agar dapat melestarikan jenisnya.
  • Makhluk hidup dapat menanggapi rangsang 
    • Manusia dan hewan menanggapi rangsang dengan alat indera.
    • Tumbuhan menanggapi rangsangan cahaya matahari. Ada tumbuhan yang peka terhadap rangsangan sentuhan, misalnya tumbuhan putri malu.
  • Semua makhluk hidup memiliki kebutuhan yang sama. Kebutuhan itu antara lain: air, makanan, udara, dan cahaya.
  • Hewan dan manusia memerlukan air untuk minum. Tumbuhan memerlukan air untuk memasak makanan. Makanan itu digunakan sebagai tenaga.
  • Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.Makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan. Ada pula yang berasal dari hewan lain.
  • Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas.
  • Tumbuhan banyak terdapat di sekitar kita. Ada tumbuhan berbunga dan ada yang tidak berbunga.
  • Bagian-bagian tumbuhan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  • Berdasarkan tempat hidupnya, hewan dibedakan menjadi tiga kelompok. Yaitu hewan darat, hewan air, dan hewan yang dapat hidup di darat dan di air.
BAB II Perubahan Pada Makhluk Hidup
  • Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan.
  • Pertumbuhan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya tidak sama.
  • Pertumbuhan ditandai oleh perubahan tinggi, besar, dan berat.
  • Pertumbuhan yang sehat karena makan cukup dan teratur.
  • Kartu Menuju Sehat (KMS) berguna untuk mengetahui tingkat pertumbuhan anak.
  • Agar bayi tumbuh sehat, perlu ASI, makanan tambahan, imunisasi, dan penimbangan secara teratur.
  • Pertumbuhan tanaman juga memerlukan perawatan secara teratur.
  • Perawatan tanaman dengan cara penyiraman, pemupukan, dan pemberantasan hama.
  • Hewan memerlukan makanan yang cukup dan teratur untuk pertumbuhan.
BAB III Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat
  • Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
  • Lingkungan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup yang tinggal.
  • Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan lingkungan yang sehat.
  • Lingkungan yang sehat adalah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya bersih (tidak tercemar).
  • Lingkungan yang tidak sehat adalah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya telah tercemar.
  • Pencemaran udara disebabkan oleh:
    • buangan industri;
    • kendaraan bermotor;
    • bau yang tidak sedap.
  • Pencemaran air disebabkan oleh limbah industri dan rumah tangga. Limbah tersebut mengalir lewat selokan dan sungai.
  • Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah plastik dan bahanbahan kimia yang lain.
  • Agar lingkungan yang sehat dapat tercipta, maka kebersihan lingkungan harus tetap dijaga.
BAB IV Sifat-Sifat Benda
  • Di sekitar kita terdapat benda padat, benda cair, dan benda gas.
  • Benda padat memiliki bentuk dan ukuran yang tetap. Meskipun dipindahkan dari suatu tempat ke tempat yang lain.
  • Kekerasan dan kerapatan tiap-tiap benda padat tidak sama.
  • Benda cair memiliki bentuk yang berubah-ubah. Bentuknya mengikuti bentuk wadahnya, namun isinya tetap.
  • Benda cair selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
  • Air dan sirup merupakan benda cair. Air merupakan zat tunggal. Sedangkan sirup merupakan campuran.
  • Benda gas misalnya udara, dan asap kendaraan bermotor.
  • Benda gas selalu mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
  • Benda gas bentuk dan ukurannya (volumenya) selalu berubahubah
BAB V Perubahan Sifat Benda
  • Benda dapat mengalami perubahan. Perubahan terjadi karena pemanasan, pendinginan, dibakar, dan dibiarkan di udara terbuka.
  • Perubahan benda berupa:
    • perubahan bentuk,
    • perubahan ukuran,
    • perubahan warna,
    • perubahan rasa, dan
    • perubahan wujud.
  • Akibat perubahan, keadaan benda berbeda dengan keadaan sebelumnya. Misalnya: Lilin semula padat, setelah dipanaskan berubah menjadi cair.
BAB VI Benda dan Kegunaannya
  • Di sekitar kita terdapat berbagai macam benda. Benda-benda itu terbuat dari bahan yang berbeda-beda.
  • Setiap benda mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. 3. Kegunaan benda sesuai dengan bahan pembuatnya.Misalnya:
    • kertas untuk tempat menulis;
    • kulit hewan untuk membuat sepatu, tas, dan jaket.
  • Penggunaan benda yang tidak sesuai dengan peruntukannya, benda itu cepat rusak.
BAB VII Gerak Benda
  • Ada beberapa jenis gerak benda. Misalnya menggelinding, jatuh, melambung, memantul, dan berputar.
  • Gerak benda dipengaruhi beberapa faktor. Antara lain banyaknya energi, bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.
  • Benda yang permukaannya licin lebih mudah bergerak.
  • Bola mudah bergerak karena bentuknya bulat.
  • Gerak benda dimanfaatkan untuk memudahkan usaha atau pekerjaan.
BAB VIII Energi dan Sumber Energi
  • Kebutuhan energi setiap orang tidak sama. Kebutuhan energi tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan.
  • Energi memiliki bermacam-macam bentuk. Misalnya: energi gerak, energi otot, energi kimia, energi panas, energi cahaya, energi listrik, dan energi bunyi.
  • Uap merupakan salah satu bentuk energi. Energi yang dihasilkan disebut energi uap.
  • Sumber-sumber energi misalnya makanan, sinar matahari, bahan bakar, listrik, angin, air, kayu bakar, dan batu baterai.
  • Kita harus hemat menggunakan energi. Karena sumber energi kita terbatas.
  • Menghemat energi listrik dapat dilakukan dengan cara:
  • menggunakan lampu redup ketika mulai tidur, mematikan lampu jika tidak dipakai, mematikan televisi saat tidak ditonton, dan segera mematikan lampu listrik ketika hari mulai pagi.
BABX Kenampakan Permukaan Bumi
  • Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat ditempati manusia.
  • Permukaan bumi tidak rata.
  • Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan.
  • Daratan adalah bagian permukaan bumi yang lebih tinggi dari permukaan air laut.
  • Benua adalah daratan yang sangat luas.
  • Pulau adalah daratan yang lebih sempit dari benua. Gugusan pulau disebut kepulauan.
  • Samudera adalah laut yang sangat dalam dan luas.
  • Selat adalah laut sempit yang dibatasi oleh dua daratan.
  • Palung adalah dasar laut yang curam dan dalam.
  • Laut yang menjorok ke darat disebut teluk.
  • Daratan yang menjorok ke laut disebut tanjung atau semenanjung.
  • Bentuk bumi adalah bulat pepat seperti bola.
BAB XI Cuaca dan Pengaruhnya bagi
  • Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada jangka waktu tertentu.
  • Meramal cuaca dengan cara mengamati unsur-unsur cuaca. Unsur-unsur cuaca adalah suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, curah hujan, keadaan awan, dan keadaan angin.
  • Ramalan cuaca bermanfaat bagi petani, nelayan, dan lalu lintas udara (penerbangan).
  • Cuaca mempengaruhi kegiatan manusia. Juga mempengaruhi pakaian yang dikenakan.
BAB XII Pelestarian Alam
  • Manusia memanfaatkan sumber daya alam.
  • Sumber daya alam meliputi:
    • sumber daya alam hewani,
    • sumber daya alam nabati (tumbuhan),
    • dan sumber daya alam benda tak hidup.
  • Sumber daya alam hewani dimanfaatkan untuk:
    • bahan pangan,
    • bahan pakaian,
    • penghasil bahan kerajinan,
    • ddan dimanfaatkan tenaganya.
  • Sumber daya alam nabati (tumbuhan) dimanfaatkan untuk:
    • bahan pangan,
    • bahan pakaian,
    • bahan bangunan,
    • bahan pembuatan perabotan rumah tangga,
    • penghasil oksigen.
  • Sumber daya alam benda tak hidup meliputi:: air, bahan tambang, batuan dan sebagainya.
  • Sumber daya alam terbatas jumlahnya.Karena itu pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti dengan usaha pelestariannya.
Lihat juga : Buku Paket SD Kelas 3 Kurikulum KTSP 2006 Lengkap
Semoga ringkasan materi IPA SD/MI kelas 3 lengkap berdasarkan kurikulum KTSP 2006 dapat memberikan manfaat yang baik dalam dunia pendidikan. Baca juga : Rangkuman PKn Kelas 3 SD/MI. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel