RPP PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Monday, February 5, 2018
RPP PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017. RPP PJOK K13 Revisi untyuk semester 2 (dua) atau genap untuk SD/MI, pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan guru penjas dalam proses belajar mengajar tahap rencana pelaksanaan pembelajaran RPP Penjas Kurikulum 2013 ini terdiri dari bebeerapa tema yang bisa kami sebutkan sebagai berikut ini:
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : V/Genap
Tema : Aktivitas Gerak Berirama
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 16 JP (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendalaman cerita, pendalaman cerita kitab suci, diskusi dan mendaraskan mazmur, peserta didik dapat :
Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar langkah kaki
Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar ayunan lengan
Memperagakan kombinasi gerak dasar langkah kaki
Memperagakan kombinasi gerak dasar ayunan lengan
Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
4.7 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
Baca Juga
RPP PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama
3.7.2 Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama
4.7.1 Melakukan kombinasi gerak dasar langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama
4.7.2 Melakukan kombinasi gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Guru mengajak peserta didik untuk berkenalan satu dengan yang lain, sehingga guru dapat mengenal peserta didik. Demikian juga peserta didik bias saling mengenal peserta didik lainnya. (Kegiatan ini disesuaikan dengan situasi)
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali atau menyegarkan ingatan mereka, mengenai materi pelajaran PJOK pada kelas sebelumnya, untuk menjembatani materi sebelumnya dengan materi yang baru.
Baca Juga
RPP PJOK SMP Kurikulum 2013 Revisi
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Gerak dasar langkah biasa
Gerak dasar langkah rapat
Gerak dasar langkah keseimbangan
Gerak dasar langkah depan
Gerak dasar langkah tiga
Gerak dasar langkah silang
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan.
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Sumber https://www.datasekolah.co.id/
- RPP Senam Menggunakan Alat
- RPP Aktivitas Gerak Berirama
- RPP Renang Gaya Dada
- RPP Kebersihan Alat Reproduksi
- RPP Bahaya Merokok, Minuman Keras dan Narkotika
Contoh RPP PJOK Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Satuan Pendidikan : SDNMata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : V/Genap
Tema : Aktivitas Gerak Berirama
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 16 JP (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendalaman cerita, pendalaman cerita kitab suci, diskusi dan mendaraskan mazmur, peserta didik dapat :
Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar langkah kaki
Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar ayunan lengan
Memperagakan kombinasi gerak dasar langkah kaki
Memperagakan kombinasi gerak dasar ayunan lengan
Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
4.7 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
Baca Juga
RPP PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama
3.7.2 Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama
4.7.1 Melakukan kombinasi gerak dasar langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama
4.7.2 Melakukan kombinasi gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama
Download RPP PJOK Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013
Kegiatan PendahuluanGuru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Guru mengajak peserta didik untuk berkenalan satu dengan yang lain, sehingga guru dapat mengenal peserta didik. Demikian juga peserta didik bias saling mengenal peserta didik lainnya. (Kegiatan ini disesuaikan dengan situasi)
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali atau menyegarkan ingatan mereka, mengenai materi pelajaran PJOK pada kelas sebelumnya, untuk menjembatani materi sebelumnya dengan materi yang baru.
Baca Juga
RPP PJOK SMP Kurikulum 2013 Revisi
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Gerak dasar langkah biasa
Gerak dasar langkah rapat
Gerak dasar langkah keseimbangan
Gerak dasar langkah depan
Gerak dasar langkah tiga
Gerak dasar langkah silang
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan.
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Sumber https://www.datasekolah.co.id/