Juknis BOP PAUD 2019 Terbaru Format PDF

Juknis BOP PAUD 2019 Terbaru Format PDF - Sesuai dengan adanya Peraturan pemerintah Permendikbud Nomor 4 Tahun 2019 adalah untuk memberikan acuan/pedoman bagi Pemerintah Daerah, Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK Non Fisik BOP PAUD. Nah pada kesempatan kali ini Admin akan mencoba memberikan informasi tentang Juknis BOP PAUD/TK terbaru tahun pelajaran 2019.

 Sesuai dengan adanya Peraturan pemerintah Permendikbud Nomor  Juknis BOP PAUD 2019 Terbaru Format PDF


Petunjuk teknis penggunaan DAK non Fisik BOP PAUD atau yang sering kita sebut sebagai juknis penggunaan dana bop paud ini, diterbitkan untuk memberikan acuan/pedoman bagi pemerintah daerah, satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK) dan satuan pendidikan non Formal dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK non Fisik BOP PAUD/TK.

Tujuan Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD adalah pemanfaatan tepat sasaran dan pertanggungjawaban keuangan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan.

Juknis BOP PAUD 2019 Terbaru Format PDF


Prinsip dalam pelaksanaan penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD sesuai juknis meliputi :

Efesien, adalah wajib diusahakan dengan menggunakan dana-dana dan daya yang ada untuk menghasilkan sasaran yang ditetapkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Efektif yaitu diharuskan sesuai dengn kebutuhan yang telah ditetapkan dan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

Harus Transparan adalah menjamin adanya keterbukaan yang memungkinkan masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai pengelolaan DAK Non Fisik BOP PAUD.

Adil, yaitu semua anak baik laki-laki maupun perempuan memperoleh hak yang sama dalam memperoleh layanan pendidikan anak usia dini.

Akuntabel, yaitu pelaksanaan kegiatan dapat dipertanggung jawabkan. Kepatutan, yaitu penjabaran program/kegiatan harus dilaksanakan secara realitistis dan proporsional, dan. Manfaat, yaitu pelaksanaan program/kegiatan yang sejalan dengan proritas nasional yang menjadi urusan daerah dalam kerangka pelaksanaan desentralisasi dan secara riil dirasakan manfaatnya dan berdaya guna bagi Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal.

Tujuan Pemberian Dana BOP


Untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bermutu, Pemerintah mengalokasikan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini yang adil dan lebih bermutu, Pemerintah mengalokasikan dana bantuan biaya operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun 2019


Untuk pengalokasian besaran penggunaan DAK Non Fisik PAUD dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah harus menggunakan perhitungan yang sesuai juknis, berikut perhitunagnya:
  • Untuk jumlah peserta didik yang dilayani Satuan PAUD/TK dan Satuan Pendidikan Non Formal yang telah tercatat/terdaftar di DAPODIK PAUD dan DIKMAS Per Akhir Bulan Juli Tahun Anggaran sebelumnya.
  • Besaran Biaya BOP PAUD sebesar Rp. 600.000, (Enam Ratus Ribu Rupiah) per peserta didik per tahun.


Sesuai dengan diterapkanya peraturan Permendikbud RI Nomor 4 Tahun 2019 pada juknis bop 2019 terbaru ini, sebagai  komponen Penggunaan DAK NonFisik BOP PAUD di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Non Formal harus didasarkan pada RKAS yang telah disusun dengan memperhatikan kegiatan-kegiatan persentase sebagai berikut :


  • Kegiatan Pembelajaran dan Bermain (Minimal 50%)
  • Kegiatan Pendukung (Minimal 35%)
  • Kegiatan Lainnya (Minimal 15%)


Untuk lebih jelasnya mengenai juknis penggunaan dana BOP PAUD 2019 Kemendikbud, silakan dapat anda unduh dibawa ini:

Download Juknis BOP Paud 2019 PDF Terbaru


Baca  Artikel Terkait lainya :

Demikian informasi mengenai Juknis BOP PAUD 2019 Terbaru Format PDF ini, dapat bermanfaat. 

Sumber https://www.bingkaiguru.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel