Penggunaan Preposition At, On, In (Tempat)

Preposition Selain digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu, prepositon at, on, in juga dapat digunakan untuk menunjukkan posisi dari suatu benda/tempat/orang. Namun, apakah perbedaan penggunaan antara at, on, in sebagai fungsinya sebagai preposition untuk menunjukkan keterangan tempat. Nah, pada kesempatan kali ini Belajar Bahasa Inggris mencoba menghadirkan penjelasan beserta contoh penggunaanya berikut. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Selain digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu Penggunaan Preposition At, On, In (Tempat)
Penggunaan Preposition At, On, In (Tempat) | IndoINT.us

Perbedaan penggunaan preposition at, on, dan in sebenarnya bisa kita pelajari dengan mudah asal kita tahu konsep dimensi. Sebagaimana kita ketahui, ada istilah satu dimensi, dua dimensi, dan tiga dimensi. Satu dimensi diibaratkan sebagai satu titik. Dua dimensi diibarkan dua titik yang terhubung yang membentuk garis. Tiga dimensi diibaratkan lebih dari dua titik yang saling terhubung. Nah, preposition at digunakan untuk menunjukkan posisi pada suatu titik tertentu (satu dimensi). Sedangkan preposition on digunakan untuk menunjukkan posisi pada suatu garis (dua deminesi). Preposition in digunakan untuk menunjukkan posisi pada suatu wilayah (tiga dimensi). Perhatikan contoh dan penjelasannya berikut!

Preposition At

  • I put the broom at the corner of the classroom.
  • I hang the photo at the wall.
  • I write my name at the bottom of the paper.


Contoh preposition at di atas menunjukkan penggunaan at pada satu titik/poin tertentu dari suatu tempat wilayah (satu dimensi). At the corner of the classroom menunjukkan suatu titik di pojok kelas. At th wall menunjukkan posisi dari suatu titik di dinding. Dan at the bottom of the paper menunjukkan suatu posisi di titik bawah kertas.

Preposition On

  • London is on the river Thames.
  • Portsmouth is on the south of England.
  • His village is on the way to London.


Contoh preposition on di atas menunjukkan suatu posisi di suatu garis (dua dimensi). Garis yang dimaksud di atas adalah river (sungai), coast (pantai), dan way (jalan) yang menghubungkan satu titik dengan satu titik yang lain. On the river Themes munjukkan London terletak di jalur sungai Thames. Sedangkan on the south coast of England menunjukkan bahwa posisi Porthsmouth terletak di bagian selatan garis pantai Inggris. On the way to London menunjukkan bahwa desa tersebut terletak di jalan yang menuju kota London.

Preposition In

  • I was born and raised in Cirebon.
  • He lived in the forest for three days.
  • I don't think she is in her office.


Preposition In digunakan untuk posisi/tempat yang meiliki sisi batas (tiga dimensi). Perhatikan contoh di atas, Cirebon, forest, dan office merupakan tempat yang memiliki sisi batas atau tiga dimensi.

Walaupun ruang dimensi dapat membedakan penggunaan preposition at, on, in dalam kaitannya dengan keterangan tempat, namun tidak semuanya. Ada beberapa penggunaan preposition at, on, in untuk keterangan tempat yang tidak mengikuti aturan dimensi seperti yang dijelaskan di atas. Mesti diingat bahwa bahasa adalah sistem tidak tepat (arbitrary system), jadi tidak memilki pola yang tetap dan pasti dalam mempelajari suatu bahasa. 

BACA JUGA:

Itulah penjelasan Prepositon At, On, In (Tempat) beserta contoh-contoh penggunaanya. Semoga teman-teman sekalian dapat lebih paham dan mengerti tentang perbedaan penggunaan di antaranya. Apabila ada kesalahan penulisan atau penjelsan, kritik dan saran teman-teman sekalian akan sangat membantu. Terima kasih...


Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel