5 Perbedaan Iklan, Poster dan Slogan

Assalamualaikum. Pertemuan kali ini, IndoINT akan memberikan materi tentang perbedaan iklan, poster dan slogan. bagi yang masih bingung, silahkan dibaca baik-baik. pasti sobat sudah sering mendengar tiga istilah ini, tapi apakah sudah bisa membedakannya ? hehe.

Sebelum kita membahas perbedaan iklan, poster dan slogan, maka kita harus tahu dulu pengertiannya.

1. Poster adalah kertas berukuan besar yang berisi kata-kata atau gambar, kemudian dipasang pada dinding di tempat umum. biasanya poster dibuat dengan ide yang kreatif agar penampilannya bisa menarik perhatian. baca lebih jelas tentang Ciri-ciri dan macam-macam poster.

2. Iklan adalah Suatu pesan yang berisikan spesifikasi barang / jasa / produk tertentu, yang ditujukan kepada masyarakat. tujuan iklan adalah untuk mendapatkan perhatian masyarakat terhadap produk yang dimiliki. konversi akhirnya adalah mendapatkan pembeli yang banyak.

3. Slogan adalah kalimat singkat dan padat yang memiliki makna yang kuat. slogan biasanya dibuat sangat pendek agar mudah di ingat. tujuan slogan adalah sebagai semboyan, motto, prinsip yang dipakai dalam berbagai kontek, seperti : agama, politik, komersil dll. 
 pasti sobat sudah sering mendengar tiga istilah ini 5 Perbedaan Iklan, Poster dan Slogan

Perbedaan Iklan dan Poster Serta Slogan

Setelah mengetahui pengertian dari iklan, poster dan slogan, berarti kita sudah bisa mengambil kesimpulan. bahwa perbedaan ketiganya adalah sebagai beriktu:

Iklan :

  1. Untuk memberitahu khalayak tentang produk yang ingin dijual
  2. Menonjolkan kualitas barang yang dipromosikan
  3. Kesannya dibuat merayu target untuk tergiur membeli
  4. Bentuk dari iklan bisa berupa Video, MP3 (suara), media cetak 
  5. Dipasang pada semua media : tv, internet, radio, koran, majalah dan lainnya

Poster :

  1. Untuk menyampaikan ide, gagasan atau pesan penting
  2. Mengutamakan penampilan gambar dan kata-kata yang menarik, agar khalayak lebih terkesan
  3. Dipasang pada tempat umum
  4. Bentuk poster itu sendiri adalah berupa kertas berukuran besar
  5. Bukan untuk tujuan menarik pembeli

Slogan :

  1. Bentuknya hanya berupa kata-kata atau kalimat
  2. Dibuat singkat namun tetap memiliki makna dan menarik, serta mudah di ingat
  3. Bisa diselipkan pada poster dan iklan sebagai kalimat ekspresi
  4. Tidak memiliki batasan media, bisa dipasang dimana saja

Kesimpulan

Dari beberapa point diatas, maka kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa:
  • Iklan bisa berisikan slogan didalamnya, begitupun slogan juga bisa menjadi sebuah kalimat pendek namun mengajak konsumen.
  • Poster bisa diselipkan slogan didalamnya, namun bukan untuk tujuan mempromosikan produk penjualan.
  • Slogan bisa ditaruh dimana saja, karena bentuknya hanya berupa kalimat.
6 Jenis desain grafis sebagai peluang usaha
Nah bagaimana sobat ? pasti kalian sudah mengerti. kalau masih ada yang bingung silahkan tuliskan komentarnya dibawah ini. sekian dulu yah, terima kasih sudah berkunjung, Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel