Tahap VerVal Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017
Friday, September 1, 2017
Verifikasi dan validasi (VerVal) berkas calon peserta sertifikasi guru madrasah Tahun 2017 adalah tahap lanjutan dari proses pendaftaran calon peserta sertifikasi guru kemenag tahun 2017.
Pada informasi sebelumnya, pada bulan Juni 2017 sesuai dengan Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor: 261A/Dt.I.II/HM.01/2/6/2017 yang berisikan tentang Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 sudah resmi dibuka pendaftaran melalui akun Simpatika masing-masing PTK.
Maka, sebagai tindak lanjut proses pendaftaran sergur tersebut Ditjen Pendis sudah mengeluarkan sebuah Surat dengan Nomor 480.A/Dt.I.II/KS.01.7/08/2017 yang berisi tentang Proses Verifikasi Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017.
Dengan adanya Surat dari Ditjen Pendidikan Islam Kemenag tersebut, menandai telah dibukanya tahapan berikuutnya dari proses pendaftaran calon peserta Sergur Madrasah Tahun 2017. Maka bapak dan ibu guru harus memperhatikannya dengan baik.
Tahap verval berkas berlangsung mulaii tanggal 30 Agustus s/d 8 September 2017.
Pada tahap verval berkas, PTK harus melakukan login ke dalam akun PTK Simpatika masing-masing. Adapun cara melakukan verifikasi datanya ialah sebagai berikut:
Bagi calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah yang dinyatakan lolos akan tampil sebuah status di menu Sertifikasi Guru, yang isinya adalah "Selamat Anda telah Terpilih sebagai Peserta Sertifikasi Guru tahun 2017 dengan nomor peserta xxxxxxxxx. Silahkan mencetak berkas berikut untuk diserahkan kepada pihak LPTK. Cetak Dokumen A1".
Demikianlah informasi mengenai Tahap VerVal Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.harianmadrasah.com/
Pada informasi sebelumnya, pada bulan Juni 2017 sesuai dengan Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor: 261A/Dt.I.II/HM.01/2/6/2017 yang berisikan tentang Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 sudah resmi dibuka pendaftaran melalui akun Simpatika masing-masing PTK.
Maka, sebagai tindak lanjut proses pendaftaran sergur tersebut Ditjen Pendis sudah mengeluarkan sebuah Surat dengan Nomor 480.A/Dt.I.II/KS.01.7/08/2017 yang berisi tentang Proses Verifikasi Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017.
Artikel Terkait: Cara Mendaftar Segur Kemenag melalui Simpatika
Dengan adanya Surat dari Ditjen Pendidikan Islam Kemenag tersebut, menandai telah dibukanya tahapan berikuutnya dari proses pendaftaran calon peserta Sergur Madrasah Tahun 2017. Maka bapak dan ibu guru harus memperhatikannya dengan baik.
Tahap VerVal Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017
Adapun Tahap VerVal Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 adalah sebagai berikut:1. Tahapan Verval Berkas
Tahap berikutnya yang harus dilakukan oleh guru madrasah yang memperoleh undangan sebagai calon peserta sergur 2017 ialah melakukan verifikasi berkas atau mencetak S34.Tahap verval berkas berlangsung mulaii tanggal 30 Agustus s/d 8 September 2017.
Pada tahap verval berkas, PTK harus melakukan login ke dalam akun PTK Simpatika masing-masing. Adapun cara melakukan verifikasi datanya ialah sebagai berikut:
Mencetak Dokumen S34 oleh PTK
Caranya :- Klik pada menu Sertifikasi Guru
- Akan tampil Halaman Status Sertifikasi Guru, klik pada menu "Ajuan"
- Kemudian akan tampil sebuahl form pengisian Ajuan Sertifikasi guru. Isilah semua data yang diperlukan serta unggah file hasil scan ijazah anda terakhir dan juga SK Pengangkatan sebagai guru
- Cetaklah Surat Ajuan Mengikuti Sertifikasi Pendidik atau dokumen S34
- Serahkan dokumen S34 kepada pihak Admin di tingkat Kab/Kota dengan melampirkan:
- Fc Ijazah D4/S1
- Fc SK Pengangkatan sebagai Pendidik
- Fc SK PNS (bagi Guru PNS)
- Berbagai berkas lainnya dapat disyaratkan oleh pihak Admin Penma masing-masing Kab/Kota
Verifikasi oleh pihak Admin Kab/Kota
- Admin Penma di tingkat Kab/Kota akan melakukan verifikasi terhadap data yang telah diunggah ke Akun Simpatika dan bukti fisik yang sudah dilampirkan (berkas)
- Apabila sudah memenuhi persyaratan, Admin Kab/Kota akan memberikan persetujuan. Begitu juga sebaliknya, apabila ada yang kurang atau salah maka admin akan melakukan penolakan/pembatalan proses ajuan
- Hasil dari verifikasi Admin tingkat Kab/Kota bisa dipantau melalui akun Simpatika masing-masing PTK di dalam menu Sertifikasi Guru
Verifikasi oleh Pihak Admin Kanwil Kemenag
- Admin Kanwil Kemenag akan melakukan verifikasi ulang pada setiap ajuan yang telah disetujui oleh Admin di tingkat Kab/Kota
- Hasil dari verifikasi Admin Kanwil Kemenag bisa anda pantau melalui akun Simpatika masing-masing PTK di dalam menu Sertifikasi Guru
Verifikasi oleh Pihak Admin LPTK yang dituju
- Admin LPTK akan melakukan verifikasi ulang pada setiap ajuan yang telah disetujui oleh pihak Admin Kanwil yang ditujukan kepada LPTK tersebut
- Hasil dari verifikasi Admin LPTK bisa anda pantau akun Simpatika masing-masing PTK di dalam menu Sertifikasi Guru
- Apabila disetujui maka akan tampil nomor peserta Sertifikasi Guru dan juga menu untuk melakukan cetak Dokumen A1
- Selama pada tahap verifikasi ini, setiap PTK yang mengjukan sebagai peserta sertifikasi guru akan berstatus sebagai "Calon Peserta Sertifikasi".
2. Tahapan Pengumuman
Hasil dari verifikasi oleh pihak Admin LPTK sekaligus sebagai pengumuman para peserta sertifikasi guru madrasah bisa anda lihat melalui akun PTK masing-masing mulai tanggal 10 September 2017.Bagi calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah yang dinyatakan lolos akan tampil sebuah status di menu Sertifikasi Guru, yang isinya adalah "Selamat Anda telah Terpilih sebagai Peserta Sertifikasi Guru tahun 2017 dengan nomor peserta xxxxxxxxx. Silahkan mencetak berkas berikut untuk diserahkan kepada pihak LPTK. Cetak Dokumen A1".
Demikianlah informasi mengenai Tahap VerVal Berkas Calon Peserta Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2017 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.harianmadrasah.com/