Perubahan Istilah Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi Yang Harus Guru Tahu
Sunday, August 13, 2017
Perubahan Istilah Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi Yang Harus Guru Tahu - Mungkin semua guru di seluruh Indonesia sudah tahu kalau ada pemerintahan baru maka akan ada peraturan baru dan dan akan melahirkan istilah-istilah baru. Sebenarnya, kegiatannya itu-itu saja tapi hanya berganti nama. Contoh istilah BSM (Bea Siswa Misksin), sekarang diganti menjadi Program Indonesia Pintar (PIP). Sebenarnya ya itu-itu saja, baik nominal maupun cara pencariannya sama-sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya.
Nah, dalam kurikulum 2013 edisi revisi juga seperti itu. Perubahan, tidak hanya terjadi pada materi dan urutan KI, KD, tapi juga pada istilah-istilah pemebelajaran. Selama ini kita kenal dengan istilah-istilah UTS (Ulangan Tengah Semester), UAS (Ulangan Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) dan istilah-istilah lainnya. Dalam kurikulum 2013 istilah-istilah ini berganti nama.
Baca Juga : Panduan Penilaian Kurikulum 2013
Agar guru tidak bingung dan tidak salah dalam menyebutkan atau menulis istilah, silakan catat beberapa perubahan istilah pembelajaran dalam kurikulum 2013 edisi revisi berikut ini .
> KENAIKAN KELAS LIHAT KBM ( 60 )
a. Semester Ganjil = 55
b. Semester Genap = 65
120 : 2 = 60 Tuntas
Siswa dinyatakan TIDAK NAIK KELAS jika :
Nah, dalam kurikulum 2013 edisi revisi juga seperti itu. Perubahan, tidak hanya terjadi pada materi dan urutan KI, KD, tapi juga pada istilah-istilah pemebelajaran. Selama ini kita kenal dengan istilah-istilah UTS (Ulangan Tengah Semester), UAS (Ulangan Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) dan istilah-istilah lainnya. Dalam kurikulum 2013 istilah-istilah ini berganti nama.
Baca Juga : Panduan Penilaian Kurikulum 2013
Agar guru tidak bingung dan tidak salah dalam menyebutkan atau menulis istilah, silakan catat beberapa perubahan istilah pembelajaran dalam kurikulum 2013 edisi revisi berikut ini .
- Istilah KKM berubah istilah drngan KBM ( Ketuntasan Belajar Minimal )
- Istilah UH berubah istilah dengan PH ( Penilaian Harian ).
- Istilah UTS berubah istilah dgn PTS ( Penilaian Tengah Semester )
- Istilah UAS berubah istilah dgn PAS ( Penilaian Akhir Semester ) Gasal/Genap
- Istilah UKK berubah PAT ( Penilaian Akhir Tahun )
> KENAIKAN KELAS LIHAT KBM ( 60 )
a. Semester Ganjil = 55
b. Semester Genap = 65
120 : 2 = 60 Tuntas
Siswa dinyatakan TIDAK NAIK KELAS jika :
1. Terdapat 3 nilai Mapel yang KBMnya tidak TUNTAS.
2. Nilai Pengetahuan Ki.3 harus Tuntas.
3. Nilai Ketrampilan Ki.4 harus Tuntas.
4. Ki.1 dan Ki.2 harus BAIK.
KKM ( KBM ) semua mapel sama.
Baca Juga : Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Lengkap
2. Nilai Pengetahuan Ki.3 harus Tuntas.
3. Nilai Ketrampilan Ki.4 harus Tuntas.
4. Ki.1 dan Ki.2 harus BAIK.
KKM ( KBM ) semua mapel sama.
Baca Juga : Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Lengkap
Ki 1 dan Ki 2 Observasi guru dalam jurnal yang ditulis yang KURANG dan yang AMAT BAIK
1) Sikap dikatakan Tuntas, jika predikat minimal B (baik)
2) Pengetahuan dan Keterampilan , dikatakan Tuntas jika predikat Minimal C.
3) K-13: Sebuah mapel dikatakan Tuntas , jika Pengetahuan dan keterampilan Tuntas.
4) 2006: Sebuah mapel dikatakan tuntas jika pengetahuan dan keterampilan (jika ada keterampilan), dan sikap tuntas.
5) Tidak perlu bingung dg Prefikat C pada mapel Pengetahuan dan Keterampilan, krn C berarti sdh Tuntas.
6) Predikat untuk Pengetahuan dan Keterampilan, didasarkan pd KKM masing2 sekolah.
Contoh:
1) Sikap dikatakan Tuntas, jika predikat minimal B (baik)
2) Pengetahuan dan Keterampilan , dikatakan Tuntas jika predikat Minimal C.
3) K-13: Sebuah mapel dikatakan Tuntas , jika Pengetahuan dan keterampilan Tuntas.
4) 2006: Sebuah mapel dikatakan tuntas jika pengetahuan dan keterampilan (jika ada keterampilan), dan sikap tuntas.
5) Tidak perlu bingung dg Prefikat C pada mapel Pengetahuan dan Keterampilan, krn C berarti sdh Tuntas.
6) Predikat untuk Pengetahuan dan Keterampilan, didasarkan pd KKM masing2 sekolah.
Contoh:
jika KBM 75,
maka
< 75. = D (tidak tuntas)
75-82. = C (tuntas dg cukup)
83 - 90. = B (tuntas dg baik)
91-100. = A (tuntas dengan sangat baik)
7) Jadi jangan menaik-naikkan nilai untuk mengejar B, atau menurunkan KBM dari yg sdh ditetapkan masing2 sekolah.
8) Predikat pengetahuan dan keterampilan tidak berpengaruh pada SNMPTN.
maka
< 75. = D (tidak tuntas)
75-82. = C (tuntas dg cukup)
83 - 90. = B (tuntas dg baik)
91-100. = A (tuntas dengan sangat baik)
7) Jadi jangan menaik-naikkan nilai untuk mengejar B, atau menurunkan KBM dari yg sdh ditetapkan masing2 sekolah.
8) Predikat pengetahuan dan keterampilan tidak berpengaruh pada SNMPTN.
Selengkapnya tentang penilaian kurikulum 2013, silakan baca :
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Demikian daftar istilah pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang sudah berubah dari kurikulum sebelumnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam menjalankan tugas sebagai guru.
Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/
Demikian daftar istilah pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang sudah berubah dari kurikulum sebelumnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam menjalankan tugas sebagai guru.