Pertimbangan Dalam Memilihan Media Pembelajaran
Monday, August 14, 2017
Penggunaan media maupun alat-alat modern di dalam pembelajaran bukan berarti mengganti cara mengajar yang baik, melainkan melengkapi dan membantu para guru dalam menyampaikan materi atau informasi kepada siswa. Dengan menggunakan media diharapkan terjadinya komunikasi yang komunikatif, siswa mudah memahami maksud dari materi yang disampaikan guru di depan kelas, kemudian sebaliknya guru juga mudah dalam mengkomunikasikan pengetahuan kepada siswa, melalui media guru dapat membuat contoh-contoh, interprestasi-interprestasi sehingga siswa mendapat kesamaan arti sesama mereka.
Agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung efektif dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, diperlukan adanya dukungan media pembelajaran. Pemilihan media terbaik untuk tujuan pembelajaran tertentu bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, berbagai pendapat yang dikemukakan para ahli kadang-kadng berbeda satu sama lain karena titik tolak pandangan yang berbeda.
Dalam pemilihan media Gagne, dkk (1988) menyarankan perlunya mempertimbangkan hal-hal berikut.
a. Variabel Tugas
Dalam pemilihan media, guru harus menentukan jenis kemampuan yang diharapkan dari siswa sebagai hasil pembelajaran. Disarankan untuk menentukan jenis stimulus yang diinginkan sebelum melakuakan pemilihan media.
b. Variabel Siswa
Karakteristik siswa perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media, walaupun belum ada kesepakatan karakteristik mana yang penting. Namun guru menyadari bahwa setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda.
c. Lingkungan Belajar
Pertimbangan ini lebih bersifat administratif. Berbagai hal yang termasuk di dalamnya adalah: besarnya biaya, ukuran ruang kelas, ketersediaan perlengkapan penunjang, dan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran
d. Lingkungan Pengembangan
Jelas akan menjadi sia-sia untuk merencanakan penyajian yang baik apabila sumber-sumber seperti ketersediaan waaktu dan pengembangan personel tidak mendukung untuk kegiatan tersebut.
e. Ekonomi dan Budaya
Dalam pemilihan media harus mempertimbangkan apakah media tersebut dapat diterima oleh si pemakai dan sesuai dengan sumber dana dan peralatan yang tersedia
f. Faktor-Faktor Praktis
Hal-hal yang termasuk dalam faktor praktis antara lain: besarnya siswa dalam satu ruangan, jarak antara penglihatan dan pendengaran pengguna media, seberapa mudah media mampu mempengaruhi respon siswa, pengalaman guru dalam menggunakan media, dll
Pertimbangan yang lebih singkat dalam pemilihan media adalah:
a. Tujuan yang ingin dicapai.
Media dipilih berdasarkan tujuan pembelajarn yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah koqnitif, afektif, psikomotorik.
b. Kesesuaian media dengan materi Ajar
Tepat dan berguna bagi pemahaman bahan ajar yang dipelajari
c. Karakteristik Siswa
Kemampuan daya pikir dan daya tangkap peserta didik dan besar kecilnya kelemahan peserta didik perlu dipertimbangkan
d. Gaya belajar siswa
Pemilihan ini didasarkan pada kondisi psikologis siswa bahwa siswa belajar dipengaruhi oleh gaya belajar siswa.
e. Kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk mempertinggi kualitas pembelajaran.
a. Guru, perlu memiliki pemahaman terhadap media pembelajaran antara lain jenis dan manfaat media pembelajaran, criteria memilih dan menggunakan media pembelajaran, menggunakan media sebagai alat Bantu mengajar dan tindak lanjut penggunaan media dalam proses belajar.
b. Guru harus terampil membuat media pembelajaran sederhana untuk keperluan pembelajaran
c. Guru harus mampu menilai keefektifan penggunaan media dalam proses pembelajaran. Menilai keefektifan media pembelajaran penting agar guru dapat menentukan apakah penggunaaan media mutlak diperlukan atau tidak. Apabila penggunaan media pembelajaran tidak mempengaruhi proses dan kualitas pembelajaran, sebaiknya guru tidak memaksakan penggunaanya.
Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/