Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar
Monday, July 24, 2017
Tips dan Informasi Seputar Pendidikan, pembelajaran, kurikulum, pendidikan, rpp, perangkat pembelajaran, Buku Pelajaran, Guru Pembelajar, Pendidikan karakter, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah
PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Baca Juga :
>> Buku Pedoman Bimbingan Konseling untuk SD, SMP, SMA, SMK
>> PENERAPAN GIZI SEIMBANG KANTIN SEHAT DI SEKOLAH
>> Prinsip Penerapan Penumbuhan Budi Pekerti
KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA
JENIS-JENIS KOMUNIKASI :
MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
BEBERAPA CIRI GURU KREATIF
Guru kreatif yaitu guru yang selalu bertanya pada diri sendiri tentang :
10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF
<< Baca Sebelumnya | Baca Selanjutnya >> Sumber https://www.pediapendidikan.com/
Belajar dan Pembelajaran, Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar
PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
- PEMBELAJARAN ADALAH MEMOTIVASI DAN MEMBE-RIKAN FASILITAS KEPADA SISWA
- PEPATAH KHONG FU TSU : “Saya dengar, maka saya lupa; Saya lihat, maka saya ingat, dan saya lakukan, maka saya paham”.
- SEMAKIN BANYAK ALAT DRIA ATAU INDRA DIAK-TIFKAN DALAM BEL.&PEMBEL. SEMAKIN BANYAK INFORMASI TERSERAP.
- BELAJAR DALAM BANYAK HAL ADALAH MERUPAKAN SUATU PENGALAMAN
- MATERI AKAN LEBIH MUDAH DIKUASAI APABILA SISWA TERLIBAT SECARA EMOSIONAL DALAM KEGI ATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
- BELAJAR DIPENGARUHI OLEH MOTIVASI BAIK DARI DALAM (INTRINSIK) MAUPUN LUAR (EKTRINSIK).
- SEMUA MANUSIA TERMASUK SISWA INGIN DIHARGAI DAN DIPUJI.
- SETIAP OTAK MANUSIA ADALAH UNIK, OLEH KARENANYA SETIAP SISWA MEMI-LIKI KESAMAAN DAN PERBEDAAN UNTUK MEMAHAMI PELAJARAN
- OTAK AKAN LEBIH MUDAH MEREKAM IN-PUT JIKA DALAM KEADAAN SANTAI ATAU RILEKS DIBANDING DALAM KEDAAN TE-GANG.
Baca Juga :
>> Buku Pedoman Bimbingan Konseling untuk SD, SMP, SMA, SMK
>> PENERAPAN GIZI SEIMBANG KANTIN SEHAT DI SEKOLAH
>> Prinsip Penerapan Penumbuhan Budi Pekerti
KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA
- To tell atau Menjelaskan
- To sell atau Menjual Gagasan
- To learn atau Belajar
- To decide atau memutuskan
JENIS-JENIS KOMUNIKASI :
- Komunikasi Verbal
- Komunikasi Non-Verbal
- Komunikasi Antar Pribadi
- Komunikasi Intrapribadi
- Komunikasi Organisasi
- Komunikasi Antar Budaya
MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
- Penyampaian materi dapat diseragamkan
- Proses instruksional lebih menarik
- Proses belajar lebih interaktif
- Jumlah waktu pembelajaran dapat dikurangi
- Kualitas belajar dapat ditingkatkan
- Proses belajar dapat terjadi kapan dan dimana saja
- Meningkatkan sikap positif siswa terhadap proses dan bahan ajar
- Peran pembelajar dapat berubah ke arah positif dan produktif.
KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
- Media menyajikan informasi yang sesuai dengan tujuan dan materi
- Sesuai dengan karakteristik kelas terma-suk jumlah siswa
- Sesuai dengan kegiatan belajar dan pem-belajaran yang dirancang
- Sesuai dengan tempat penyelenggaraan belajar dan pembelajaran
- Memuat informasi yang dapat memicu terjadinya proses pembelajaran interaktif
- Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya.
- Sebaiknya dapat dioperasikan sendiri oleh guru atau tenaga operator.
- Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana.
- Biaya yang diperlukan untuk penga-daan dan pengoperasian serta pera-watan masih dalam skema kemam-puan anggaran sekolah
PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
- Menggunakan ketrampilan bertanya
- Memberikan penguatan
- Melakukan variasi pembelajaran
- Menjelaskan dengan bahasa siswa
- Membuka dan menutup pelajaran
- Membimbing diskusi kelompok
- Mengelola kelas secara baik
- Mengajar kelompok kecil dan perorangan
BEBERAPA CIRI GURU KREATIF
Guru kreatif yaitu guru yang selalu bertanya pada diri sendiri tentang :
- Apakah saya sudah menjadi guru yang baik ?
- Apakah saya sudah mendidik dengan benar ?
- Apakah anak didik saya mengerti pelajaran yang saya sampaikan ?
- Ia selalu melakukan introspeksi diri
- Ia selalu merasa kurang dalam proses pembelajarannya
- Ia tidak pernah puas dengan apa yang telah ia lakukan
- Selalu ada inovasi baru yang ia ciptakan dalam proses pembelajaran
- Ia selalu memperbaiki proses pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Ia selalu belajar sesuatu yang baru
- Ia merasa tertarik untuk memperbaiki cara mengajarnya.
10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF
<< Baca Sebelumnya | Baca Selanjutnya >> Sumber https://www.pediapendidikan.com/