DOWNLOAD BUKU SISWA KELAS 2 SD KURIKULUM 2013 REVISI 2016-2017
Saturday, July 8, 2017
BUKU GURU DAN BUKU SISWA SD KELAS 1 2 4 DAN 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2016-2017 |
Keberhasilan implementasi kurikulum 2013 sangat berpengaruh pada semangat untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dari para guru. Semangat ini mampu memberikan dukungan baik dalam aktivitas maupun kreativitas dengan memberdayakan semua kompetensi yang ada pada guru, termasuk keinginan untuk memahami dan menggunakan buku dalam kurikulum 2013. Buku yang digunakan dalam kurikulum 2013 ini adalah buku guru dan buku siswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Buku guru ini merupakan buku panduan yang digunakan guru sebagai buku pegangan yang dapat membantu guru dalam memahami dan menggunakan buku siswa serta memberikan panduan kepada guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Sedangkan buku siswa merupakan buku teks pelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran dan menjadi pegangan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Buku guru dan buku siswa menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Peran guru sangat penting untuk menuntun guru meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Selain itu guru dapat pula memperkaya diri dengan kreasi dalam bentuk kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan kompetensi yang diharapkan. Melalui buku guru ini, diharapkan guru mendapatkan kemudahan dalam pemahaman tentang cara membelajarkan, menilai, melakukan remedi, melakukan pengayaan, serta interaksi antar guru, siswa, dan orangtua. Buku guru mata pelajaran untuk setiap mata pelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dalam memfasilitasi siswa untuk belajar secara aktif, efisien dan efektif, sehingga mampu mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang diharapkan
Buku Siswa yang diperuntukkan bagi siswa dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya dirancang dan dilengkapi dengan aktivitas atau contoh cerita yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan tujuan agar pembelajaran kontekstual dapat dilaksanakan. Siswa diharapkan dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba,berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, rasa keiingintahuan, inisiatif, dan kreativitas sehingga menjadi siswa aktif
Proses pembelajaran siswa aktif merupakan proses pembelajaran yang mengedepankan pentingnya siswa mencari tahu melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Proses pembelajaran semacam ini menghendaki kesabaran guru dalam mengarahkan siswa sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu buku siswa disusun sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, yakni memberikan keberanian kepada siswa dan guru untuk mencari sumber belajar lain sebagai pendukung dan terbentang luas di sekitarnya.
Buku siswa dimkasudkan untuk membantu siswa dalam mempelajaridan memahami konsep setiap mata pelajaran sesuai kompetensi dasar yang diharapkan. Buku ini disusun secara runtut mengikuti struktur kompetensi dasar. Pembagian tema dimaksudkan agar siswa dapat dengan mudah memahami dan mengaitkan konsep-konsep yang terdapat pada masing-masing bab. Pembahasan pada setiap bab dalam buku siswa, diantaranya ada aktivitas individu atau kelompok yang harus diamati / dicermati / ditemukan / dikerjakan / dilengkapi / dideskripsikan / dilaporkan siswa. Aktivitas tersebut dapat dalam bentukpernyataan, pertanyaan, studi kasus, kegiatan pengamatan, atau percobaan sederhana. Hal ini diharapkan dapat memupuk keingintahuan siswa tentang topik yang akan dibahas. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan penjelasan singkat topik tersebut yang disertai ilustrasi dan penerapan dalam kehidupan agar siswa mampu berpikir kritis.
Download Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 1 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 1 (Klik Disini)
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 2 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 3 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 3 (Klik Disini)
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 4 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 4 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Buku Kelas 2 (Klik Disini)
Demikian Informasi tentang Link Download Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017, semoga bermanfaat. Serta dapat membantu Bapak/Ibu guru SD yang sedang mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran.
====================================================
====================================================
loading...