Apa itu Preposition? Pengertian & Jenis-jenis

PREPOSITION Dalam belajar bahasa Inggris, khususnya grammar, kita mengal istilah 'Parts of Speech'. Parts of Speech merupakan bagian-bagian pembentuk kalimat, phrase, atau klausa yang terbagi dalam beberapa jenis. Kita tentunya masih ingat dengan artikel Apa itu Parts of Speech' bukan? (Jika belum, baca di sini). Ada beberapa jenis parts of speech; Nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjuctions, prepositions, dan pronouns. Nah, pada kesempatan kali ini mencoba membahas apa itu preposition. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Preposition

Sepertihalnya conjuction, preposition (atau dalam bahasa Indonesia disebut Kata Depan) merupakan jenis kata penghubung. Conjunction digunakan menghubungkan kata/phrasa/klausa dengan sifat menambahkan, kontras, pilihan, dan sebab-akibat (BACA: Apa itu Conjuction?). Preposition juga digunakan untuk menghubungkan kata. Letak perbedaannya adalah preposition digunakan untuk menghubungkan antara noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) dengan jenis kata lainnya yang terbatas hanya untuk mendeskripsikan hubungan tempat (time) dan waktu (time). Jadi, dapat disimpulkan Preposition adalah salah satu jenis Parts of Speech yang digunakan untuk menghubungkan antara nouns (kata benda) atau pronouns (kata ganti) dengan kata lainnya dalam satu kalimat untuk menggambarkan tempat (place) dan waktu (time).

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut!

  1. The cat was under the chair. (Kucing itu ada di bawah kursi.)
  2. We only stay here for a month. (Kita hanya tinggal di sini untuk satu bulan.)
  3. I sat beside her. (Saya duduk disampingnya.)

Dari contoh no. 1 kita bisa melihat preposition 'under' menghubungkan kata benda 'the chair' dengan kata lain dalam satu kalimat untuk menggambarkan keterangan posisi atau tempat. Di contoh no. 2 kita bisa melihat preposition 'for' yang menghubungkan antara kata benda 'a month' dengan sisa kalimat tersebut untuk mendeskripsikan keterangan waktu.

B. Jenis-jenis Preposition

Secara garis besar, terdapat dua jenis preposition; common and compound.

Common preposition merupakan jenis preposition yang terdiri dari satu kata. Beberapa dari jenis preposition ini adalah sebagai berikut:

 atau klausa yang terbagi dalam beberapa jenis Apa itu Preposition? Pengertian & Jenis-jenis

Compound preposition adalah beberapa kata (2-3 kata) yang tergabung menjadi satu dan berfungsi sebagai preposition. Berikut adalah beberapa contohnya:

 atau klausa yang terbagi dalam beberapa jenis Apa itu Preposition? Pengertian & Jenis-jenis

C. Masalah dalam Belajar Preposition

Bagi English foreign language learner seperti kita, belajar preposition merupakan hal yang tergolong sulit. Kenapa? Pertama, satu preposition bisa digunakan dalam beberapa fungsi, misalkan saja preposition 'at'. Preposition 'at' dapat digunakan untuk menggambarkan waktu dan tempat. Kedua, beberapa preposition juga memiliki fungsi yang hampir sama dan sulit dibedakan, contohnya antara preposition in, on, dan at (in the morning, on Monday morning, at nigt). Ketiga, banyak nouns, verbs, dan adjectives yang menggunakan preposition tertentu saja, misalnya; reason for, arrive at, angry with, dan lain sebagainya (bisa dilihat di kamus).

Demikian penjelasan tentang Apa itu Preposition, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca sekalian tentang Grammar Bahasa Inggris. Apabila dari penjelasan di atas terdapat suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa bagikan (share) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih banyak...

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel