Although Vs. In spite of/Despite (Perbedaan-Penggunaan-Contoh)

Although, In spite of/Despite Walupun mempunyai arti yang sama, antara Although dan In spite of/Despite memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Although, In spite of/Despite memiliki arti meskipun, walaupun, dan sekalipun. Dimakah letak perbedaan penggunaan antara although dan in spite of/despite? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kembali menghadirkan materi grammar bahasa Inggris yang membahas perbedaan penggunaan antara although dan in spite of/despite. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Despite memiliki perbedaan dalam penggunaannya Although Vs. In spite of/Despite (Perbedaan-Penggunaan-Contoh)
Although Vs. In spite of/Despite | www.IndoINT.us

A. Although

Although/though/even though memiliki makna dan penggunaan yang sama. Although/though/even though digunakan sebelum klasua (yang mengandun subjek dan kata kerja). Perhatikan contoh berikut!

  • Although it rained a lot, we enjoyed our holiday. (Meskipun banyak turun hujan, kita menikmati liburan kita.)
  • I didn’t get the job even though I had the qualification. (Saya tidak mendapatkan pekerjaan itu meskipun saya memiliki kualifikasinya.)

Dari contoh di atas kita bisa melihat penggunaan although dan even though. Keduanya digunakan sebagai preposition (kata depan) untuk mengungkapkan makna meskipun. Keduanya juga digunakan sebeum klausa (yang mengandung subjek dan kata kerja), misalnya although diikuti oleh klausa it rained a lot; dan even though diikuti oleh klausa I had the qualificantion.

B. In spite/Despite

In spite of/despite memiliki makna dan penggunaan yang sama. Jika penggunaan although diikuti oleh klausa, penggunaan in spite of/despite diikuto oleh noun (kata benda)/pronoun (kata ganti)/gerund(kata kerja bentuk –ing). Perhatikan contoh berikut!

  • In spite of (despite) the traffic, I arrived on time. (Meskipun macet, saya datang tepat waktu.)
  • She wasn’t well, but in spite of (despite) of this she went to work. (Dia sedang tidak sehat, tetapi walaupun sedang sakit dia pergi bekerja.)
  • In spite of (despite) having headache, I enjoyed the film. (Meskipun sedang sakit kepaka, saya masih menikmati film tersebut.)

Dari ketiga contoh in spite of/despite di atas, kita bisa melihat penggunaannya yang selalu di ikuti oleh noun (kata benda), preposition (kata ganti), ataupun gerund (kata kerja bentuk –ing). Perhatikan seksama perbedaanya dengan penggunaan although berikut.

  • Although it rained a lot, we enjoyed our holiday.
  • In spite of (despite) the rain, we enjoyed our holiday.
  • Although the traffic was bad, I arrived on time.
  • In spite of (despite) the traffic I arrived on time.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara Although dan In spite of/Despite, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik beurpa penulisan maupun isi dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya jua ya. Terima kasih banyak.


Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel