Kumpulan Soal HOTS Model PISA atau TIMSS (Literasi Matematika)
Sementara itu, studi TIMSS diselenggarakan oleh International Association for the Evaluation of Education Achievement (IEA) yaitu sebuah asosiasi internasional untuk menilai prestasi dalam pendidikan yang berpusat di Lynch School of Education, Boston College, USA.
Dalam UN SMA/sederajat mulai tahun 2015 ada perbedaan pola soal, yaitu 10 persen soal UN mengadopsi soal dengan standar internasional Programme for International Student Assessment (PISA) atau Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS).
Soal PISA/TIMSS selalu berorientasi kepada pemecahan masalah, tidak sekadar hafalan "Soal-soal PISA memakai nalar tinggi". Tingkat kesulitan soal dalam UN 2014 terdiri dari 20 persen soal susah, 70 persen soal sedang, dan 10 persen soal mudah. Tahun 2015 mulai mengadopsi soal-soal yang dipakai dalam PISA dan TIMSS sekaligus untuk mengukur kemampuan, kompetensi kita dibandingkan soal-soal dari luar negeri.
Tapi standar PISA itu tetap masuk kisi-kisi. Tahun 2015 jumlah soal UN yang mengadopsi PISA/TIMSS masih sedikit yaitu hanya dua soal dari total 40-50 soal UN. Selain memuat soal seperti soal PISA atau TIMSS, sebagian soal UN juga dibuat oleh Perguruan Tinggi yakni 10 persen dari total soal. Tahun 2016 jumlah soal UN yang mengadopsi PISA atau TIMSS di tingkatkan menjadi delapan-sepuluh soal dari total 40-50 soal UN (20%).
Coba kita diskusikan salah satau contoh soal PISA atau TIMSS yang sudah pernah diujikan pada Ujian Nasional pada tahun 2014;
Di Zedland ada dua media massa koran yang sedang mencari orang untuk bekerja sebagai penjual koran. Iklan di bawah ini menunjukkan bagaimana mereka membayar gaji penjual koran.
Joko memutuskan untuk melamar menjadi penjual koran. Ia perlu memilih bekerja pada Media Zedland atau Harian Zedland. Grafik manakah di bawah ini yang menggambarkan bagaimana koran membayar penjual-penjualnya?
Misalkan pendapatan per minggunya sebagai $f(x)$ dimana $x$ adalah banyaknya koran yang terjual pada minggu tersebut.
Untuk koran Media Zedland, sesuai iklannya yang berbunyi:
“$0,2$ zed per koran sampai $240$ koran yang terjual per minggu, ditambah $0,40$ zed per koran selebihnya yang terjual”
Fungsi pendapatan $f(x)$ nya adalah:
$\left\{\begin{matrix}
f(x)=0,2x & ;\ x \leq 240 \\
f(x)=0,2(240)+0,4(x-240) & ;\ x > 240
\end{matrix}\right.$
Grafiknya berupa gabungan dua garis lurus yang berbeda kemiringannya.
Dari pilihan jawaban grafik untuk Media Zedland (garis putus-putus), $A$, $B$ dan $E$ salah, karena hanya terdiri satu garis lurus saja, hingga tinggal dua alternatif jawaban tersisa yaitu $C$ atau $D$.
Untuk Harian Zedland, sesuai iklannya yang berbunyi:
“$60$ Zed per minggu, ditambah bonus $0,05$ zed per koran yang terjual.”
Fungsi pendapatan $f(x)$ nya adalah:
$f(x) = 0,05x + 60$
Grafiknya linear, satu garis lurus. Pilihan $C$ dan $D$, yang memenuhi berupa satu garis lurus adalah $C$.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$
Sebagai tambahan, berikut bisa di download untuk dipelajari dan bisa dibuatkan pembasannya menurut pemahaman kita masing-masing dan kalau cocok untuk kita diskusikan mari kita diskusikan.
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [1] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [2] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [3] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [4] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [5] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [6] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [7] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [8] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [9] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [10] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [11] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [12] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [13] - [Download]
- Tipe soal HOTS PISA dan TIMSS [14] - [Download]
- Final OECD Programe For International Student Assessment 2014 [Download]
- Mathematics Teaching and Learning Strategies in PISA - [Download]
- Assesing Mathematical Literacy [The PISA Experience] - [Download]
- Learning Mathematics For Live [A few Perspective From PISA] - [Download]
- Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten UNCERTAIN Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP [Download]
- Soal Kontes Literasi Matematika (KLM) 2011 Oleh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia [Download]
- Soal Kontes Literasi Matematika (KLM) 2013 (Penyisihan) Oleh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia [Download]
- Soal Kontes Literasi Matematika (KLM) 2013 (Semi Final) Oleh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia [Download]
- Soal Kontes Literasi Matematika (KLM) 2013 (Final) Oleh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia [Download]
Jangan Lupa Untuk Berbagi ๐Share is Caring ๐ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE๐
Video pilihan khusus untuk Anda ๐ Catatan Penting Untuk Para Pendidik, Orang Tua dan Siswa;