Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)

Surat Resmi Bahasa Inggris Surat merupakan salah satu media kumunikasi yang bertujuan menyampaikan informasi mengenai sesuatu kepada pihak/instansi/orang lain melalui media kertas. Terdapat juga media surat lainnya yaitu dengan melalui internet atau yang sering kita kenal dengan email (surat elektronik). Surat memiliki berbagai jenis namun intinya ada dua macam; yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan penjelasan tentang Surat Resmi dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Surat merupakan salah satu media kumunikasi yang bertujuan menyampaikan informasi mengena Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)
Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)

A. Pengertian Surat Resmi Bahasa Inggris

Secara sederhana, surat resmi dapat diartikan sebagai surat yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat resmi kepada suatu instansi, perusahaan, maupun perseorangan. Surat resmi dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan infromasi yang bersifat formal kepada suatu instansi, perusahaan, maupun perseorangan.

B. Fungsi Surat Resmi Bahasa Inggris

Surat resmi biasanya digunakan untuk beberapa keperluan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk melamar pekerjaan
2. Untuk memberikan komplain
3. Untuk memesan barang
4. Untuk meminta sesuatu; pertemuan .
5. Untuk meminta informasi
6. Untuk mengundang seseorang

C. Format Penulisan Surat Resmi Bahasa Inggris

Untuk format penulisan surat resmi bahasa Inggris, perhatikan gambar berikut:

 Surat merupakan salah satu media kumunikasi yang bertujuan menyampaikan informasi mengena Surat Resmi Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, & Format Penulisan)
Format Penulisan Surat Resmi Bahasa Inggris

Umumnya, Surat resmi menggunakan format seperti tertera pada gambar di atas. Dimana:

1. Your Address (Alamat Penulis)
Ini adalah bagian alamat penulis. Penerima dapat lebih muda untuk menemukan alamt penulis jika mengirim surat balasan.

2. Date (Tanggal) 
Ini adalah bagian tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal adalah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012

3. Inside Address (Alamat Tujuan)
Bagian ini berisi nama peneriam surat (perusahaan atau perseorangan) dengan disertai alamatnya. 

4. Salutation (Salam Pembuka)
Dalam bagian ini, istilah yang digunakan adalah “Dear Mr./Mrs./Ms. (nama terakhir peneriam)”, misalkan “Dear Mr. Fathoni”. Tetapi jika nama penerimanya tidak dikethui, tulis nama departementnya, misalkan “Dear Director of Department of Human Resource”. Beri jarak antara salam pembuka dengan isi.

5. Body (Isi Surat)
Isi surat merupakan tempat dimana kamu menuliskan hal yang ingin disampaikan. Paragraph di isi surat harus menggunakan spasi tunggal (single space) dan tanpa adanya jarak pemisah antara masing-masing paragrap. Beri jarak antara bagian akhir isi dengan penutup.

Isi surat biasanya terdiri dari tiga paragraf, yang tiap-tiap paragrafnya memiliki fungsi masing-masing.
  • Paragraf 1 (paragraf pembuka) bisanya berisi dengan alasan mengapa kamu menulis surat resmi tersebut.
  • Paragraf 2 (paragraf isi) berisi tentang poin utama dari surat tersebut.
  • Paragraf 3 (Paragraf penutup) berisi tentang ucapan terima kasih.


6.  Closing (Penutup)
Bagian ini sebagai penanda bahwa surat anda telah selesai, biasanya diakhiri dengan penulisan “Sincerely”, “Sincerely yours”, “Thank you”, dan lain sebaginya. Catat, Terdapat sebuah koma di akhir penutup dan hanya huruf pertama yang menggunakan huruf kapital. Beri jarak 3-4 baris antara penutup dengan nama, yang nantinya diguankan untuk tempat tanda tangan.

7. Signature (Tanda Tangan)
Bagian ini adalah tanda tangan penulis, biasanya mengunakan tinta warna hitam atu biru.

8. Printed Name (Nama Pengirim)
Bagian ini adalah nama penulis surat tersebut, dan jika anda menginginkan, anda bisa memberikan jabatan atau posisi dibagian bahwah setelah penulisan nama. Beri jarak antara penulisan nama dengan lampiran.

BACA JUGA:

Demikian penjelasan tentang Surat Resmi Bahasa Inggris (Business Letter) baik dari segi penulisan, tujuan, fungsi, dan format penulisan. Semoga dari apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan dari artikel ini, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke lainnya juga ya. Terima kasih...

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel