Perangkat Instrumen Akraditasi Paud SD SMP SMA SMK Terbaru Tahun 2019

Perangkat Akraditasi Sekolah 2019 - Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan, sistem, dan Instrumen atau akreditasi sekolah sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa melakukan evaluasi dan inovasi untuk memenuhi empat gatra akreditasi yang bermutu yaitu perangkat, asesor, manajemen, dan hasil-hasil yang bermutu.
 senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan Perangkat Instrumen Akraditasi Paud SD SMP SMA SMK  Terbaru Tahun 2019
Perangkat Akraditasi Sekolah 2019 SD SMP SMA SMK

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 002/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI, Nomor 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/MTs, Nomor 004/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA dan Nomor 005/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMK mulai tahun 2017 BAN-S/M akan memberlakukan Perangkat Akreditasi 2017 untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.

Perangkat Instrumen Akraditasi Sekolah PAUD SD SMP SMA SMK  Terbaru Tahun 2019

Perangkat Akreditasi terbaru 2019 merupakan perubahan atas Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendiknas nomor 11/2009), SMP/MTs (Permendiknas Nomor 12/2009), SMA/MA (Permendiknas Nomor 52/2008), dan SMK (Permendiknas Nomor 13/2009). Perubahan tersebut diberlakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, adanya Standar Nasional Pendidikan yang baru, terutama terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 dan penguatan pendidikan karakter.

Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2019 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya.

Berikut Penetapan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Kriteria Dan Perangkat Akraditasi Sekolah SD SMP SMA SMK diantaranya yaitu
  • Instrumen akraditasi
  • Petunjuk teknis pengisisan instrumen akraditasi 2019
  • Instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung
  • Teknik penskoran dan pemeringkatan hasil akrasitasi.

Petunjuk Umum Instumen Akreditasi Terbaru 2019

Periksalah kelengkapan perangkat Akreditasi SD/MI yang terdiri atas:
  1. Instrumen Akreditasi Terbaru;
  2. Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi BANSM terbaru.
  3. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi Sekolah.
  4. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SD/MI.
Keempat dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan ins-trumen Saudara harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi.

Isilah instrumen akreditas sekolah dengan cara memberi tanda ceklis (√) pada kotak opsi jawaban “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang meliputi 8 (delapan) komponen standar nasional pendidikan:

Jawablah semua butir secara obyektif dan jujur sesuai dengan keadaan sebenarnya yang ada di SD/MI Saudara.

Siapkanlah seluruh bukti fisik yang dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi Sekolah yang akan digunakan oleh Tim Asesor pada saat melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi.

Sebelum mengisi Instrumen Akreditasi, isilah terlebih dahulu (a) pernyataan kepala sekolah; dan (b) data identitas sekolah..

Untuk lebih jelasnya mengenai Kriteria dan perangkat instrumen akraditasi Sekolah SD SMP SMA SMK  Terbaru tahun 2019 dapat anda unduh dibawah ini.

Download Instrumen Akreditasi 2019 Terbaru Untuk Semua Jenjang


Berikut Instrumen Akraditas 2019 SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK terbaru lengkap untuk semua jenjang yang dapat anda download.

Download Instrumen Akreditasi PAUD BAN-PNF Terbaru





Demikian informasi yng dapat admin bagikan mengenai Insrumen Akraditasi Sekolah SD SMP SMA SMK  Terbaru Tahun 2019


Sumber https://www.bingkaiguru.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel