2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word

Assalamualaikum. salam sobatku semua, bagaimana ? pasti sehatkan. pertemuan kali ini saya mau mengajarkan "2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word". pertama merubah secara online dan kedua merubahnya dengan aplikasi khusus. bayangkan, sekarang gambar hasil scan sudah bisa di konversi ke dalam teks. tidak perlu repot mencatat buku lagi, tinggal scan atau foto terus jalankan aplikasnya. hebatkan.

Menurut Wikipedia.org, OCR (Optical Character Recognition) adalah mesin,aplikasi yang berfungsi untuk merubah gambar menjadi teks. baik itu berupa dokumen hasil scan, foto, poster dan lain-lain, intinya semua berbentuk gambar hasil cetak. 
 pertemuan kali ini saya mau mengajarkan  2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word

Agar tidak memakan waktu, silahkan pelajari caranya dibawah ini:


Cara Merubah File Jpg Ke Word Secara Online

Cara pertama ini kita akan menggunakan situs penyedia konverter ocr gratis. silahkan kunjungi situs Free-ocr.com

Situs ini tidak hanya mendukung file jpg untuk dirubah ke word, melainkan juga support file format : png, pdf, tiff, tif dan gif. jadi sobat bisa sesuaikan sendiri, seperti apa bentuk dari dokumen yang terlah di scan ataupun di foto.

Pada "Upload a file", klik "Pilih file" - lalu cari gambar yang ingin di ubah ke word. bisa juga gunakan URL, misalnya gambar sudah berada dalam sebuah website, jadi cukup copy URL-nya saja. maksimal file sekali Upload adalah 6MB

Pilih juga Language (bahasa), karena file yang saya upload adalah sebuah novel berbahasa inggris, jadi saya pilih bahasa inggris. sobat bisa memilih bahasa indonesia. klik START. tunggu sampai selesai, kurang lebih 10 detik.
 pertemuan kali ini saya mau mengajarkan  2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word

Berikut file gambar jpg yang akan saya ubah kedalam bentuk word atau teks (txt). pokoknya semuanya kata, kalimat, huruf, dan tanda baca yang ada akan menjadi sesuai keinginan kita.
Catatan : sebelum mengupload, pastikan filenya tidak kabur atau pecah. minimal terlihat seperti dibawah. kalau pecah, kemungkinan hurufnya tidak akan sesuai.
 pertemuan kali ini saya mau mengajarkan  2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word

Seperti inilah hasil akhirnya, sobat bisa langsung drag dan copy semua text tersebut dan masukkan kedalam microsoft word. kalau mau mendownloadnya, silahkan klik "Download as text file" dibagia bawah.
 pertemuan kali ini saya mau mengajarkan  2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word


Merubah File JPG dan PDF ke Word Dengan Aplikasi FreeOCR (Gratis)

Kalau cara diatas dirasa merepotkan, kita juga bisa menggunakan aplikasi/software. jangan khawatir, aplikasi ini bisa di download secara gratis. silahkan download dulu aplikasinya disitus FREEOCR.NET. setelah itu Instal ke komputer sobat.

Saya anggap aplikasinya sudah terinstal. kemudian buka, pada tampilan utamanya akan terlihat seperti dibawah. 

Untuk upload filenya, Klik "Open" kemudian cari difilenya. kalau file format pdf, klik saja pdf. jika sudah terbuka, langsung klik OCR (ada icon lupnya). maka langsung terkonversi ke dalam bentuk teks.
 pertemuan kali ini saya mau mengajarkan  2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word

Seperti inilah hasilnya. dibagian Kiri adalah file gambar jpg, sedangkan bagian kanan adalah hasilnya. bagaimana ? mudahkan. hehe.
 pertemuan kali ini saya mau mengajarkan  2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word

Baiklah, saya rasa semuanya langkah diatas sudah bisa membantu kalian semua. diharapkan menggunakannya untuk hal positif. jangan pakai untuk menduplikat hasil karya orang lain, itu namanya tidak menghargai dan pasti mendapat hukuman.

Sekian dulu tutorial "2 Cara Merubah File JPG Hasil Scan Ke Word", lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. blog ini selalu menghargai kedatangan kalian semua, kawan. terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel