Pengertian Warna Komplementer dan Kontras

Assalamualaikum. Setelah sebelumnya kita sudah membahasa beberapa pengertian warna, kali ini saya akan lanjutkan dengan Pengertian Warna Komplementer dan kontras serta contohnya. sebenarnya warna komplementer disebut juga warna kontras, akan tetapi ada sedikit perbedaan diantara keduanya kalau dilihat dari segi hubungan atau relasi. penasaran ? silahkan lanjutkan.
kita sudah membahasa beberapa pengertian warna Pengertian Warna Komplementer dan Kontras

Dalam kehidupan pastilah sangat banyak perbedaan antara satu dan lainnya. misalnya hubungan persahabatan, dimana Si A memiliki sifat keras dan pemarah sedangkan Si B orangnya baik. perbedaan antara dua orang tersebut sudah jelas, namun karena perjalanan waktu mereka tetap bisa saling bersahabat karena saling melengkapi kekurangan. begitupun pada roda warna, terdapat perbedaan namun bisa saling melengkapi.


Apa itu Warna Komplementer  & Kontras?

Warna komplementer adalah kombinasi warna yang berbeda dan saling melengkapi atau saling mengisi untuk menciptakan keharmonisan warna. contohnya warna merah dan hijau, kedua warna tersebut jika disandingkan akan terlihat begitu berbeda. namun keduanya akan saling mengisi hingga menciptakan nuansa tertentu dipandangan kita. Orange dan Biru, orange sebagai warna dasar sedangkan biru sebagai komplementernya.

Terus mengapa dikatakan warna konstras itu sama dengan komplementer ? Okeh, saya jelaskan lagi yah.

Warna Kontras adalah warna yang memiliki kesan berbeda antara warna satu dengan lainnya. misalnya warna merah dan hijau, biru dan orange, kuning dan ungu. perbedaanya memang terlihat jelas karena diambil dari garis lurus merah ke hijau pada Roda Warna Brewster. tinggi dan rendah, cantik dan jelek pasti terlihat jelas perbedaanya. 

Disebut warna kontras, karena ketika 2 warna atau lebih berdampingan menimbulkan kesan perbedaan di setiap warnanya. seperti warna panas dan warna dingin. jadi ketika melihat satu warna, itu belum bisa disebut kontras, kecuali memiliki pasangan yang berlawanan.

kita sudah membahasa beberapa pengertian warna Pengertian Warna Komplementer dan Kontras
Warna yang berlawanan pada lingkaran warna brewster

Merah
dengan Hijau
Kuning dengan Ungu
Biru dengan Orange

Untuk membuat suatu warna komplementer atau kontras, maka cukup mengambil garis lurus dari warna pertama. misalnya Kuning menuju ke ungu dan seterusnya. sebenarnya, pelajaran tidak berhenti sampai disini. soalnya masih ada Warna split komplementer, triad, dan tetrad komplementer sebagai turunan dari komplementer. silahkan dibaca yah.
Kesimpulannya adalah warna komplementer dan warna kontras itu sama. tergantung bagaimana hubungan antara warna yang dipadukan. jika bentuknya adalah kerjasama antara warna maka disebut komplementer. kalau melihat dari segi perbandingan warna maka disebut warna kontras.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel