Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP
Tuesday, February 7, 2017
Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP ini disusun sebagai acuan bagi para peserta didik jenjang SMA dan SMK sederajat dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional.
Related
Baca juga: Kisi-kisi USBN PAI SMA/SMK K13 2017
Data kisi-kisi ini berasal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Apabila anda ingin mengunduhnya, silahkan langsung saja kunjungi websitenya.
Supaya lebih jelasnya berikut ini KKisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP Tahun 2017:
Level Kognitif
Pengetahuan dan Pemahaman, Meliputi:
- Menyebutkan
- Mengidentifikasi
- Menjelaskan
- Menentukan
- Mengkategorikan
- Mengelompokkan
- Menguraikan
Lingkup Materi
1. Al-Qur’an
Peserta didik bisa memahami dan menguasai ayat al-Qur’an pilihan dan hadits tentang:- Q.S. al-Baqarah: 30, al-Mukminun: 12-14, Q.S az-Zariyat: 56 dan al-Haj: 5 yang membahas tentang tugas manusia
- Q.S. Ali Imran: 159, Q.S. asy-Syura: 38 yang membahas tentang demokrasi
- Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S. Fatir: 32 yang membahas tentang kompetisi dalam kebaikan
- Q.S. ar-Rum: 41-42, Q.S. al-A’raf: 56-58 dan Q.S. Shad: 27 yang membahas tentang menjaga kelestarian lingkungan
- Menjelaskan arti Q.S. al-Mujadalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10 yang membahas tentang etos kerja
- Q.S. Yunus 101 dan Q.S. al-Baqarah: 164 yang membahas tentang pengembangan Iptek
2. Aqidah
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Beriman terhadap 10 sifat Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna
- Iman kepada para malaikat Allah SWT
- Iman kepada kitab-kitab Allah
- Iman kepada para rasul Allah
- Iman Kepada Hari Akhir
- Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
3. Akhlaq
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Perilaku husnudzhan (berbaik sangka) dalam kehidupan sehari-hari
- Menghindari perilaku (sifat) hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi di dalam kehidupan sehari-hari
- Menghargai karya yang dibuat orang lain
- Larangan terhadap pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Perilaku adil, ridha dan amal shaleh di dalam kehidupan sehari-hari
- Menghindari sifat yang tidak baik meliputi isyraf, tabdzir, ghibah dan fitnah
4. Fiqh
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum agama islam dan sebagai hukum taklifi
- Ketentuan mengenai haji, zakat dan wakaf
- Ketentuan mengenai transaksi ekonomi dalam agama islam
- Pengurusan terhadap jenazah
- Ketentuan mengenai khutbah, tabligh dan dakwah
- Ketentuan mengenai pernikahan di dalam agama islam
- Ketentuan mengenai waris di dalam agama islam
5. Sejarah dan Peradaban Islam
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Makkah
- Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Madinah
- Perkembangan agama islam ketika pada masa kejayaannya
- Perkembangan agama islam ketika pada masa era modern
- Perkembangan agama islam di negara Indonesia
Level Kognitif
Penerapan (Aplikasi), Meliputi:
- Membedakan
- Menerapkan
- Memberi contoh
- Menghubungkan
- Menginterpretasi
- Membandingkan
Lingkup Materi
1. Al-Qur’an
Peserta didik bisa menerapkan ayat al-Quran pilihan dan hadits tentang:- Q.S. al-Baqarah: 30, al-Mukminun: 12-14, Q.S az-Zariyat: 56 dan al-Haj: 5 yang membahas tentang tugas manusia
- Q.S. Ali Imran: 159, Q.S. asy-Syura: 38 yang membahas tentang demokrasi
- Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S. Fatir: 32 yang membahas tentang kompetisi dalam kebaikan
- Q.S. ar-Rum: 41-42, Q.S. al-A’raf: 56-58 dan Q.S. Shad: 27 yang membahas tentang menjaga kelestarian lingkungan
- Menjelaskan arti Q.S. al-Mujadalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10 yang membahas tentang etos kerja
- Q.S. Yunus 101 dan Q.S. al-Baqarah: 164 yang membahas tentang pengembangan Iptek
2. Aqidah
Peserta didik bisa menerapkan tentang:- Beriman terhadap 10 sifat Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna
- Iman kepada para malaikat Allah SWT
- Iman kepada kitab-kitab Allah
- Iman kepada para rasul Allah
- Iman Kepada Hari Akhir
- Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
3. Akhlaq
Peserta didik bisa menerapkan tentang:- Perilaku husnudzhan (berbaik sangka) dalam kehidupan sehari-hari
- Menghindari perilaku (sifat) hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi di dalam kehidupan sehari-hari
- Menghargai karya yang dibuat orang lain
- Larangan terhadap pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Perilaku adil, ridha dan amal shaleh di dalam kehidupan sehari-hari
- Menghindari sifat yang tidak baik meliputi isyraf, tabdzir, ghibah dan fitnah
4. Fiqh
Peserta didik bisa menerapkan tentang:- Kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum agama islam dan sebagai hukum taklifi
- Ketentuan mengenai haji, zakat dan wakaf
- Ketentuan mengenai transaksi ekonomi dalam agama islam
- Pengurusan terhadap jenazah
- Ketentuan mengenai khutbah, tabligh dan dakwah
- Ketentuan mengenai pernikahan di dalam agama islam
- Ketentuan mengenai waris di dalam agama islam
5. Sejarah dan Peradaban Islam
Peserta didik bisa menerapkan tentang:- Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Makkah
- Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Madinah
- Perkembangan agama islam ketika pada masa kejayaannya
- Perkembangan agama islam ketika pada masa era modern
- Perkembangan agama islam di negara Indonesia
Level Kognitif
Penalaran, meliputi:
- Menganalisis
- Mengevaluasi
- Menyimpulkan
- Memecahkan masalah
- Memprediksi
- Mensintesis
Lingkup Materi
1. Al-Qur’an
Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:- Q.S. al-Baqarah: 30, al-Mukminun: 12-14, Q.S az-Zariyat: 56 dan al-Haj: 5 yang membahas tentang tugas manusia
- Q.S. Ali Imran: 159, Q.S. asy-Syura: 38 yang membahas tentang demokrasi
- Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S. Fatir: 32 yang membahas tentang kompetisi dalam kebaikan
- Q.S. ar-Rum: 41-42, Q.S. al-A’raf: 56-58 dan Q.S. Shad: 27 yang membahas tentang menjaga kelestarian lingkungan
- Menjelaskan arti Q.S. al-Mujadalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10 yang membahas tentang etos kerja
- Q.S. Yunus 101 dan Q.S. al-Baqarah: 164 yang membahas tentang pengembangan Iptek
2. Aqidah
Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:- Beriman terhadap 10 sifat Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna
- Iman kepada para malaikat Allah SWT
- Iman kepada kitab-kitab Allah
- Iman kepada para rasul Allah
- Iman Kepada Hari Akhir
- Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
3. Akhlaq
Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:- Perilaku husnudzhan (berbaik sangka) dalam kehidupan sehari-hari
- Menghindari perilaku (sifat) hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi di dalam kehidupan sehari-hari
- Menghargai karya yang dibuat orang lain
- Larangan terhadap pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Perilaku adil, ridha dan amal shaleh di dalam kehidupan sehari-hari
- Menghindari sifat yang tidak baik meliputi isyraf, tabdzir, ghibah dan fitnah
4. Fiqh
Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:- Kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum agama islam dan sebagai hukum taklifi
- Ketentuan mengenai haji, zakat dan wakaf
- Ketentuan mengenai transaksi ekonomi dalam agama islam
- Pengurusan terhadap jenazah
- Ketentuan mengenai khutbah, tabligh dan dakwah
- Ketentuan mengenai pernikahan di dalam agama islam
- Ketentuan mengenai waris di dalam agama islam
5. Sejarah dan Peradaban Islam
Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:- Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Makkah
- Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Madinah
- Perkembangan agama islam ketika pada masa kejayaannya
- Perkembangan agama islam ketika pada masa era modern
- Perkembangan agama islam di negara Indonesia
Sumber https://www.panduandapodik.id/