Ketentuan Pelaksanaan OSN SD Tahun 2017 Bidang IPA (Tujuan, Materi, Teknik Pelaksanaan, dan Kriteria Penilaian)

a. Tujuan

Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan agar siswa mampu memahami dan menganalisa fenomena alam di sekitar kita.

b. Materi

1)   Keterampilan dan metode ilmiah;
2)   Pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik, dan habitat;
3)   Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme);
4)   Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka;
5)   Isu, perkembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, lingkungan dan teknologi;
6)   Benda, yang mencakup sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, dan gas;
7)   Energi dan perubahannya, yang mencakup gaya, panas, cahaya, bunyi, listrik, magnet, dan penerapan sains;
8)   Tata surya dan galaksi: proses terbentuknya planet, struktur planet, iklim, rotasi dan revolusi benda langit, bintang dan galaksi.

c. Teknis Pelaksanaan

1)   Penjelasan teknis akan diberikan oleh panitia pelaksana OSN-SD tahun 2017 sebelum pelaksanaan tes berlangsung dan harus diikuti oleh Pembina dan Ketua Tim. Penjelasan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada para Pembina dan Ketua Tim mengenai hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan tes.
2)   Semua peserta OSN-SD tahun 2017 diwajibkan mengikuti seluruh tes yang telah disediakan, yaitu tes teori dan eksperimen.
3)   Tes akan dilaksanakan dalam dua hari dengan rincian sebagai berikut:
a)   Hari pertama, peserta menyelesaikan soal Tes I dalam bentuk pilihan ganda (30 soal) dan isian singkat (10 soal), serta Tes II dalam bentuk uraian (12 soal).
b)   Hari kedua, peserta melakukan eksperimen dan menganalisis hasil yang diperoleh.
4)   Skema penilaian dibuat oleh tim juri dan disosialisasikan/didiskusikan dengan Pembina masing-masing provinsi.
5)   Jawaban peserta digandakan 1 rangkap:
a)   Asli untuk Tim Juri dan diserahkan ke panitia setelah dinilai
b)   Satu copy untuk Tim Pembina
6)   Tim juri dan tim pembina bidang IPA melakukan penilaian terhadap jawaban peserta OSN-SD dengan skema penilaian yang telah ditentukan.
7)   Pembina bidang IPA diberi kesempatan untuk menanggapi penilaian tim juri dalam forum moderasi. Tanggapan terhadap jawaban didasarkan pada kaidah keilmuan yang ada dan lazim digunakan dalam forum-forum ilmiah. Tanggapan di luar forum ini tidak akan diperhatikan dan tidak mempengaruhi penilaian. Peserta moderasi adalah seorang pembina bidang IPA.

d. Kriteria Penilaian

Nilai total peserta diperoleh dengan menjumlahkan presentase nilai tes teori dan eksperimen dengan komposisi sebagai berikut:

1.   Tes I memiliki bobot 30%.
2.   Tes II memiliki bobot 30%.
3.   Eksperimen memiliki bobot 40%.

Sumber : Juknis OSN SD Tahun 2017


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel