JUKNIS FLSSN SD TAHUN 2017

Berikut ini Admin sharekan Petunjuk Teknis (Juknis) FLSSN SD Tahun 2017 atau Petunjuk Teknis (Juknis) Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2017 versi Kementerian Pendidiakan dan Kebudayaan (Kemdikbud) agar penyusunan Juknis FLSSN tingkat kabupaten/kota dapat menyesuaikan.


Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) FLSSN SD Tahun 2017, Tema Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2017 adalah: “Kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa menguatkan karakter, menggugah daya cipta, serta membentuk kelembutan hati”.

PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) FLSSN SD TAHUN 2017


Peserta FLSSN SD 2017 berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) FLSN SD Tahun 2017 adalah
a. Peserta  FLS2N-SD  adalah Warga  Negara Indonesia  (WNI)  yang  pada  tahun pelajaran 2017/2018 masih berstatus siswa SD/MI dan atau yang sederajat;
b. Peserta  FLS2N-SD  adalah  juara  I  (pertama)  pada  setiap  jenis  lomba  sejak tingkat kecamatan,  kabupaten/kota, provinsi  yang  ditetapkan  dengan  Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan;
c. Peserta FLS2N-SD berusia maksimal kelahiran 1 Januari 2005;
d. Peserta FLS2N-SD belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N-SD tingkat nasional dan juara internasional.

Jenis Lomba dalam FLSSN 2017 adalah
1.    Menyanyi Tunggal
2.    Seni Tari
3.    Pantomim
4.    Baca Puisi

 Ketentuan Lomba FLSSN SD Tahun 2017

A.  Menyanyi Tunggal
Menyanyi  Tunggal  adalah  menyanyi  seorang  diri  dengan atau  tanpa iringan  musik.  Lomba Menyanyi Tunggal merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat  dalam  seni  olah  vokal.  Diharapkan dalam  lomba  ini akan  mengembangkan karakter  siswa  yang  memiliki kreativitas,  percaya  diri,  saling  menghargai,  kejujuran dan dapat bekerja sama.

1. Tujuan Menyanyi Tunggal
a)  Meningkatkan kemampuan dan kreativitas peserta didik di bidang seni suara (menyanyi);
b)  Meningkatkan apresiasi peserta didik terhadap bidang seni suara;
c)  Menyalurkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang seni suara;
d)  Memupuk mental peserta didik dalam hal kepercayaan diri,  
e)  Mengembangkan  sikap  saling  menghargai,  jujur,  dan  mampu untuk  bekerja sama.

2. Materi Lomba. Menyanyi Tunggal
a)    Lagu pilihan wajib:
1) “Kembali ke Sekolah” by Sherina Munaf. ciptaan  Elfa S/Vera Sylvina;
2) “Bendera” by Coklat. ciptaan Erros Candra;
3) “Wa E Wa E O” (Kita Bisa) ciptaan Yovie Widiyanto;
4) “Balon Udara” by Sherina Munaf. ciptaan  Elfa S/Dewayani.

b)  Lagu  pilihan  bebas adalah  lagu  daerah  yang  dipilih  dan  dipersiapkan  oleh  peserta  sesuai  dengan  daerahnya  masing-masing  yang  liriknya  sesuai  usia peserta. 
c)   Lagu wajib adalah “Andai Aku Besar Nanti” ciptaan  Elfa S/Vera Sylvina.

B.  Lomba Seni Tari
Lomba Seni Tari pada FLS2N adalah tari ciptaan baru yang berangkat dari kreativitas sesuai dengan tingkatan usia dan psikologi anak, baik secara gerak, tema, kostum, tata rias serta  memunculkan nilai-nilai lokal, dan spirit budaya setempat.  Bentuk  akhir  dari  karya  seni  tari  yang  disajikan  yaitu,  tema  dalam  karya  tari dapat tergambar  dengan  jelas,  mengandung  kekuatan  tradisi  lokal dan  kekayaan  budaya lokal yang terlihat dari ragam-ragam gerak, nuansa musik, kostum, properti, adegan atau peristiwa yang terjadi di panggung. 

1.  Tujuan Bidang Lomba Seni Tari     
1.  Memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas seni dalam bidang seni tari
 2.  Mengembangkan  imajinasi, kepercayaan  diri  dan kepribadian  siswa  secara optimal melalui seni tari. 
3.  Meningkatkan  apresiasi  dan  pemahaman  siswa  terhadap  nilai-nilai  budaya bangsa melalui seni tari. 
4.  Menumbuhkan pengetahuan siswa terhadap pendidikan seni tari baik secara bentuk, isi dan makna, sesuai dengan nilai budaya lokal dan nasional. 
5.  Membina rasa tanggung jawab dan kerjasama antara siswa dan guru dalam proses kreativitas seni tari. 

2.  Ketentuan Lomba
1.  Peserta mempersiapkan satu karya tari;
2.  Materi yang ditampilkan adalah karya tari  yang berakar pada budaya lokal masing-masing peserta  (budaya Indonesia);
3.  Menyerahkan  sinopsis (penjelasan  singkat  tentang  karya  tari) pada  saat technical meeting;
4.  Durasi karya 5 s.d. 7 menit;
5.  Jumlah penari 3 orang;
6.  Setiap  kelompok  boleh  terdiri  dari  laki-laki  atau  perempuan  atau  campuran (laki-laki dan perempuan);
7.  Musik  iringan  menggunakan  CD  atau  musik  hidup  ataupun  gabungan keduanya disiapkan oleh masing-masing peserta;
8.  Kostum  tari,  tata  rias  dan  penunjang  lainnya disiapkan  oleh  peserta,  dan disesuaikan dengan tema dan usia peserta;
9.  Properti  tari  (benda  atau  alat  yang  digunakan  penari),  tidak  diperkenankan menggunakan properti benda tajam, kecuali berupa imitasi yang terbuat dari bahan lunak dan aman yang mendukung tema karya tari.

3.  Tema Karya Tari
Mengangkat  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  dunia  anak-anak  dan kekhasan/keunikan daerah setempat tentang:
1.  Cinta alam lingkungan;
2.  Kepedulian sosial;
3.  Kebersamaan dalam perbedaan;
4.  Permaianan anak-anak. 

C.  LOMBA BACA PUISI
Lomba Baca  Puisi adalah membaca  karya puisi yang  ditampilkan  di  depan  publik (panggung) yang dieskpresikan dengan suara dan gerak tubuh sesuai dengan makna puisi tersebut, dalam lomba ini peserta harus membaca bukan menghapal.  

1.  Tujuan 
a)  Membina,  meningkatkan  kreativitas,  dan  memotivasi  peserta  didik  untuk mengekspresikan  diri  melalui  kegiatan  sesuai  dengan  minat,  bakat,  dan kemampuannya; 
b)  Menanamkan  apresiasi  seni  dan  sastra,  khususnya  dalam  bidang  puisi, berkaitan dengan nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
c)  Mendorong pembelajaran  sastra  khususnya  puisi,  demi terbentuknya kemampuan  siswa untuk  menjadi  kreatif dan melembutkan hati sebagai bagian dari pendidikan karakter peserta didik.

2.  Materi Lomba
Puisi Wajib: IBU karya Mustofa Bisri
IBU
(Mustofa Bisri)

Kaulah gua 
teduh

tempatku bertapa bersamamu 
Sekian lama
Kaulah kawah 
dari mana aku meluncur dengan perkasa
Kaulah bumi 
yang tergelar lembut bagiku
melepas lelah dan nestapa
gunung yang menjaga mimpiku
siang dan malam
mata air yang tak brenti mengalir
membasahi dahagaku
telaga tempatku bermain
berenang dan menyelam

Kaulah, ibu, laut dan langit
yang menjaga lurus horisonku
Kaulah, ibu, mentari dan rembulan
yang mengawal perjalananku
mencari jejak sorga
di telapak kakimu

(Tuhan, 
aku bersaksi
ibuku telah melaksanakan amanatMu
menyampaikan kasihsayangMu
maka kasihilah ibuku

seperti Kau mengasihi 
kekasih-kekasihMu
Amin).
1414 H

Puisi Pilihan: 
Sepuluh (10) judul puisi pilihan dalam babak penyisihan:
1.  Monginsidi (karya Subagio Sastrowardoyo)
2.  Orang Picak dan Anaknya (karya Adri Darmadji Woko)
3.  Sersan Nurcholis (karya Taufiq Ismail)
4.  Nyanyian Kemerdekaan (karya Ahmadun Yosi Hervanda)
5.  Negeri Kabut (karya Oei Sien Tjwan)
6.  Selamat Pagi Indonesia (karya Sapardi Djoko Damono)
7.  10 November (karya Toto Sudarto Bachtiar)
8.  Sajak Bagi Negaraku (karya Kriapur) 
9.  Sajak 17 Agustus (karya Yudhistira Ardi Nugraha)
10.  Sajak karya pribadi (ditulis oleh peserta) 

D.  PANTOMIM
Pantomim adalah seni pertunjukan imajinatif yang memvisualisasikan suatu objek atau benda tanpa kata-kata serta dapat menyampaikan rasa dan pesan melalui gerak tubuh dan  mimik  wajah.  Lomba  Pantomim  lebih  menitikberatkan  pada  kreativitas perkembangan karakter,  olah gerak, dan  ekspresi  anak  yang  bermuatan  lokal  serta menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa.

1. Tujuan
a)  Melalui pantomim dapat membentuk karakter dan mental peserta didik menjadi pribadi yang cakap, sportif dan kreatif.
b) Mengasah daya imajinasi untuk meningkatkan fokus, daya cipta/kreasi serta kepercayaan diri yang berakhlak mulia.
c)  Meningkatkan motorik peserta didik melalui tehnik olah gerak yang sehat dan kuat.
d)  Menumbuh kembangkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
e)  Wadah  pengembangan  minat  dan  bakat  dalam  bidang  seni  khususnya  seni pantomim peserta didik di tingkat nasional maupun internasional.
f)  Meningkatkan wawasan dan kemampuan olah vokal/verbal pada anak melalui momen presentasi karya.

2. Materi Lomba
a)  Materi pantomim yang ditampilkan berakar pada budaya bangsa Indonesia dan tidak  menyinggung  PARAS  (Pornografi,  Agama,  Ras,  Antar golongan,  dan Suku)
b)  Cinta kasih (keluarga, teman, ciptaan Tuhan, negara).
c) Pesan sosial (budaya, sopan santun, saling menghormati, kedisiplinan).
d)  Lingkungan sekitar (alam, tradisi, gotong royong, persahabatan).


Selengkapnya Silahkan Download Petunjuk Teknis (Juknis) FLSSN SD Tahun 2017 (Klik Disini)


NB.
Untuk  Petunjuk Teknis (Juknis) OSN SD Tahun 2017 (Klik Disini)
loading...

= Baca Juga =




Sumber https://guroe.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel