Soal Sosiologi : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
Tuesday, December 13, 2016
Soal sosiologi bab menyusun laporan dan mengkomunikasikan hasil penelitian yang ada pada artikel di bawah ini tersusun atas beberapa materi sosiologi SMA/MA, antara lain :
a. Garis besar penyusunan laporan
b. Penyusunan laporan hasil penelitian
c. Rumusan simpulan dan saran
d. Diskusi kelas (menyajikan laporan)
e. Pelaksanaan diskusi panel
Ada beberapa jenis soal yang bisa pembaca pilih dalam artikel kali ini, yaitu soal pilihan ganda (multiple choice), soal esai atau uraian, soal tugas, dan soal portofolio. Berikut ini soal sosiologi tentang penyusunan laporan keuangan dan mengkomunikasikan hasil penelitian.
Soal Pilihan Ganda : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
1. Susunan laporan penelitian yang baik dan benar pada bab pendahuluan yaitu ....
a. hasil penelitian, metodologi penelitian, serta pembahasan hasil penelitian
b. tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil penelitian, pembahasan penelitian, simpulan serta saran
c. hasil penelitian, simpulan, serta saran
d. tinjauan pustaka serta hasil penelitian
e. tinjauan pustaka serta hasil penelitian
2. Bab (bagian) metodologi pada laporan hasil penelitian berisi ....
a. metode pengolahan dan analisis data
b. subjek atau objek penelitian
c. instrumen pengumpulan data dan model penelitian
d. teknik pengumpulan data
e. semua benar
3. Saran-saran dalam laporan penelitian harus merupakan ....
a. usulan yang perlu dilengkapi dalam penelitian selanjutnya
b. usulan peneliti untuk mengatasi masalah yang tertuang dalam kesimpulan
c. usulan agar masalah penelitian itu diakui
d. pengalaman peneliti di lapangan
e. semua salah
4. Yang bukan merupakan manfaat yang ingin dihasilkan dalam penyampaian laporan penelitian melalui diskusi yaitu ....
a. mengembangkan motivasi peserta untuk lebih mendalami dan memecahkan masalah yang dihadapi
b. melatih kemampuan peserta
c. membantu peserta menilai kemampuan peneliti atau penulis
d. memperoleh umpan balik dari peserta untuk mengetahui apakah laporan sudah mencapai sasarannya
e. mencari kelemahan penelitian pada waktu melakukan penelitiannya
5. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam editing adalah ....
a. tulisan, kelengkapan isian, makna jawaban, kesesuaian, ilustrasi, dan dokumentasi
b. tulisan, kelengkapan isian, makna jawaban, relevansi jawaban, kesesuaian, dan keseragaman
c. kesesuaian, ilustrasi, catatan situasi responden, keseragaman jawaban, dan catatan harian
d. bahasa, ilustrasi, isian, makna data, hubungan antar-hal, dan keseragaman jawaban
e. dokumentasi, catatan harian, isian, makna data, dan hubungan antar data
6. Pihak-pihak yang diperlukan dalam diskusi laporan ilmiah ialah ....
a. semua benar
b. penyaji laporan hasil penelitian
c. ketua dan sekretaris/notulen
d. peserta diskusi
e. pembimbing
7. Penyaji laporan hasil penelitian berperan sebagai ....
a. pemimpin diskusi
b. penyaji (pemapar) hasil penelitian
c. pendengar peserta melakukan diskusi atas laporan penelitian
d. penyanggah laporan
e. mengarahkan jalannya diskusi
8. Peranan seorang ketua dalam diskusi tentang laporan hasil penelitian ialah ....
a. menjawab setiap pertanyaan dalam diskusi
b. mencatat hasil-hasil diskusi
c. mengarahkan dan mendorong jalannya diskusi
d. melaporkan bahan yang akan didiskusikan
e. mengajukan pertanyaan kepada forum diskusi
9. Batasan konsep mengandung rumusan yang bersifat operasional. Istilah operasional di sini berarti ....
a. semua salah
b. tidak abstrak dan dapat diukur secara empirik
c. mempunyai pengertian yang jelas
d. dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan
e. maksud dan tujuan dari variabel penelitian
10. Pertimbangan memilih masalah menjadi topik penelitian ialah ....
a. masalah sumber konflik
b. masalah mempunyai arti penting bagi ilmu pengetahuan/kehidupan sehari-hari
c. masalah memiliki daya tarik yang kuat bagi peneliti dan masyarakat
d. masalah memungkinkan untuk diteliti
e. kesimpulan hasil penelitian dapat digeneralisasikan
Soal Esai / Uraian : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
1. Jelaskan bagaimana hubungan kesimpulan dengan permasalahan!
2. Jelaskan perbedaan judul dengan masalah penelitian!
3. Sebutkan peranan dan tugas seorang pembimbing diskusi laporan penelitian!
4. Sebutkan manfaat yang dapat diperoleh dari diskusi laporan penelitian!
5. Jika Anda sebagai penyaji laporan, jelaskan yang Anda lakukan jika Anda tidak mampu menjawab pertanyaan peserta diskusi!
6. Sebutkan hal-hal yang ada dalam bab metodologi penelitian beserta fungsinya!
7. Jelaskan sebab laporan hasil penelitian perlu didiskusikan!
8. Sebutkan hal-hal yang diuraikan dalam studi kepustakaan!
9. Sebutkan kesalahan yang dapat terjadi dalam penulisan laporan penelitian
10. Sebutkan peranan setiap unsur-unsur yang terlibat dalam diskusi laporan hasil penelitian!
Soal Tugas : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
Tugas I
Buatlah program pelaksanaan diskusi yang membahas tentang laporan hasil penelitian yang berisi : latar belakang, tujuan dan maksud, penyelenggara, unsur-unsur teknis, waktu serta tempat penyelenggaraan, dan lain-lain!
Tugas II
Para siswa ditugaskan melakukan penelitian sosiologi mengenai masalah-masalah sosial di masyarakat!
1. Penelitian dilakukan oleh siswa sesuai dengan materi pelajaran yang sudah dibahas!
2. Sasaran atau objeknya yaitu masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar!
Tugas III
1. Sebelum melakukan penelitian buatlah rancangan penelitian sebagai persiapan!
2. Lakukan penelitian sesuai dengan rancangan yang telah dipersiapkan!
3. Laporan penelitian disusun sesuai dengan hasil pengumpulan data lapangan!
4. Diskusikan laporan hasil penelitian di depan kelas!
Tugas IV
Jelaskan istilah-istilah di abwah ini!Indeks
1. Diskusi panel
2. The social problem meeting
3. Moderator
4. Pemakalah
Soal Portofolio : Menyusun Laporan dan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
1. Ambillah artikel dari majalah atau koran dengan tema merancang metode penelitian, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian!
2. Bagilah kelas Anda menjadi tiga kelompok, dimana tiap-tiap kelompok membuat satu bagian portofolio!
3. Adapun tugas tiap-tiap kelompok yaitu membicarakan atau menjawab pertanyaan di abwah ini!
Kelompok I
a. Apakah perbedaan batasan konsep dengan rumusan masalah pada penelitian? Berikan contohnya!
b. Kapan dilakukan penelitian sampel dan populasi?
c. Jelaskan penelitian kualitatif, apa perbedaaanya dengan penelitiankah kuantitatif?
d. Jelaskan pemilihan sampel dan rumusan hipotesis dalam penelitian yang tepat!
e. Batasan konsep memuat rumusan yang bersifat operasional. Jelaskan!
f. Mengapa data primer sifatnya lebih pasti dibandingkan dengan data sekunder?
Kelompok II
a. Carilah suatu permasalahan sosial yang menarik untuk diteliti!
b. Jelaskan latar belakang yang mendukung mengapa masalah tersebut relevan untuk dijadikan sebagai topik penelitian.
Kelompok III
a. Sebutkan prosedur dalam penulisan laporan!
b. Sebutkan aturan dalam penulisan laporan!
c. Sebutkan 3 bentuk diskusi dalam penyampaian laporan
d. Bandingkan isi penulisan pada bagian simpulan dan saran!
4. Diskusikanlah hasil laporan kelompok I, II, dan III di depan kelas!
5. Serahkanlah hasil diskusi kelas dan portofolio kepada guru untuk dinilai!
Soal sosiologi tentang menyusun laporan dan mengkomunikasikan atau melaporkan penelitian telah kami sampaikan kepada pembaca. Silahkan buka soal lain yang ada di bawah ini.