Penjelasan Pronouns (Kata Ganti): Pengertian, Jenis, & Fungsi

Penjelasan Pronouns (Kata Ganti) - Saya yakin kawan semua sudah tidak asing lagi dengan namanya pronoun (kata ganti). Karena pronoun (kata ganti) biasa digunakan untuk menggantikan Noun (kata benda) untuk menghindari pengulangan kata yang sama. Apakah pembahasan pronoun hanya sebatas itu? Tentu tidak. Pada kesempatan kali ini, akan membahas tuntas mengenai apa itu pronouns (kata ganti) dan jenis-jenis beserta fungsinya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Pronoun


Banyak sebenarnya yang akan kita bahas mengenai pronoun (kata ganti) tapi kita mulai dari pengertian pronoun (kata ganti) itu sendiri.

Kata 'prnoun' berasal dari bahasa Latin 'pronomen' yang berarti 'for a noun' (untuk kata benda)'. Pronoun juga bisa diartikan sebagai sub bagian dari noun (kata benda) yang menggantikan noun (kata benda) yang muncul terlebih dahulu. Tetapi tidak hanya sebagai 'subtitutor' dari noun yang jelas (definite noun), pronoun juga bisa merujuk pada 'indifinite quantity' (kwantitas yang tidak jelas). Sedangkan fungsi pronoun sendiri ialah untuk menjelaskan siapa dan apa yang sedang dibicarakan dengan menghindari pengulangan yang membingungkan.



 Saya yakin kawan semua sudah tidak asing lagi dengan namanya pronoun  Penjelasan Pronouns (Kata Ganti): Pengertian, Jenis, & Fungsi
Penjelasan Pronouns (Kata Ganti): Pengertian, Jenis, & Fungsi

B. Jenis-jenis Pronoun


Seperti yang tertera pada pengertian pronoun di atas, kita bisa simpulkan bahwa pronoun dibagi menjadi dua; definite pronoun (kata ganti benda tentu) dan indefinite pronoun (kata ganti benda tidak tentu).

1. Definite Pronoun 

a. Personal Pronoun
Personal Pronoun atau yang biasa disebut kata ganti orang atau benda adalah jenis pronoun yang tergolong definite pronoun. Dari Personal Pronoun, terdapat 5 sub pembagian yang dibagi berdasarkan fungsi dan posisi pronoun dalam sebuah kalimat. Kelima sub bagian personal pronoun tersebut adalah:
  • Subjective Pronouns : Fungsinya adalah sebagai kata ganti subjek atau pelaku dengan posisi sebelum kata kerja (verb). Misalkan: "He reads a novel".
  • Objective Pronouns : Fungsinya adalah sebagai kata ganti objek dengan posisi setelah verb (kata kerja). Misalkan: "I like icecream. I like it."
  • Possesive Adjectives : Fungsinya adalah sebagai kata ganti kepemilikan dengan posisi sebagai kata sifat (adjective) yang menerangkan kata benda (noun). Misalkan : "This is my pen".
  • Possesive Pronouns : Fungsinya adalah sebagai kata ganti kepemilikan dengan posisi sebagai kata benda (noun). Misalkan : "That is your pen. This is mine".
  • Reflexive Pronoun : Fungsinya adalah sebagai kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada objek yang mencerminkan kembali (reflects back) subjek atau pelaku. Misalkan: "I see myself on the mirror."

BACA LEBIH LANJUT:
  1. Personal Pronouns
  2. Possesive Pronouns
  3. Reflexive Pronouns

b. Demonstrative Pronoun
Demonstrative pronouns atau yang biasa yang disebut kata ganti penunjuk adalah jenis pronoun yang tergolong definite pronoun, yang mana kita dapat mengetahui sesuatu atau benda yang digantikan dengan jelas. Demonstrative pronouns digunakan sebagai kata tunjuk seperti 'ini' dan 'itu' dalam bahasa Indonesia. Tapi dalam bahasa Inggris, demonstrative pronouns (kata ganti tunjuk) tidak hanya dipengaruhi oleh jarak benda dari pembicara, ini/this (dekat) dan itu/that (jauh), tapi juga dipengaruhi oleh jumlah benda. Terdapat 4 macam jenis demonstrative pronousn dalam bahasa Inggris, yaitu:
  • This : Digunakan sebagai kata ganti tunjuk untuk benda tunggal (satu) yang jaraknya dekat dari pembicara.
  • That : Digunakan sebagai kata ganti tunjuk utnuk benda tunggal (satu) yang jaraknya jauh Dari pembicara.
  • These : Digunakan sebagai kata ganti tunjuk untuk benda jamak (lebih dari satu) yang jaraknya dekat dari pembicara.
  • Those : Digunakan sebagai kata ganti tunjuk untuk benda jamak (lebih dari satu) yang jaraknya jauh dari pembicara.

Penjelasan lebih lanjut tentang desmonstrative pronouns bisa kita lihat di sini.

2. Indefinte Pronoun
Indefinite Pronoun adalah kata ganti yang merujuk pada orang (person) atau benda (thing) yang tidak jelas baik kualitas (ciri atau bentuk) maupun kuantitas (jumlah). Indefinite Pronoun terbagi menjadi dua yaitu: Indefinite Person or Thing (merujuk pada ketidak jelasan ciri atau bentuk dari orang atau benda) dan Indefinite Quantity (merujuk pada ketidak jelasan jumlah). Oleh karena itu terdapat dua katagori untuk Indifinite Pronouns, yaitu:

a. Indifinite person or thing

Indifinite Person or Thing merujuk pada ketidak jelasan baik ciri atau bentuk dari orang atau benda yang dijadikan sebagai kata ganti umum. Indifinite Person or thing adalah: Someone, somebody, something, everyone, everybody, everything, anyone, anybody, anything, onone, onbody, nothing.

b. Indifinite quantity

Indefinite Quantity adalah jumlah yang digunakan untuk menggantikan orang (person) atau benda (thing), misalkan: All, another, any, both, each, either, few, least, less, little, a lot (of), lots (of), many, more, dan lain-lain.

BACA JUGA: Indefinite Pronouns

Sebagai mana kita ketahui, pronoun (kata ganti) yang dipaparkan di atas merupakan kata ganti yang menyatakan kata benda (noun). Selain pembagian pronoun (kata ganti) seperti di atas, terdapat satu pronoun yaitu Relative Pronoun yang digunakan tidak untuk menggantikan tetapi untuk menjelaskan, memberi informasi lebih atau mendeskripsikan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti). Baca lebih lanjut tentang relative pronouns di sini.

Semoga artikel di atas tentang Pronouns (Kata Ganti) bisa berguna dan menambah wawasan teman-teman semua tentang bahasa Inggris. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan atau penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun dari teman-teman sekalian. Jangan lupa juga untuk share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima Kasih... ^^English is Fun^^


Referensi:
  • Azar, Betty Schrampfer. 2002.English Grammar : Third Edition. New York: Longman. 
  • Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc. 
  • Murphy, Raymond. 2003. English Grammar in Use. New York: Cambridge University Press. 
  • Swan, Michael. 2005. Practical English Usage. New York: Oxford.

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel