Penggunaan 'A' dan 'An' dalam Kalimat Bahasa Inggris

Indefinite Article 'A' dan 'An' Dalam suatu phrasa atau kalimat Bahasa Inggris, tentunya kita sering menjumpai kata 'A' dan 'An'. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, kata 'A' dan 'An' diartikan sebagai ‘sebuah’, ‘suatu’, atau ‘seekor’. Yup, karena kata 'A' dan 'An' hanya digunakan untuk menunjukan kata benda (noun) yang hanya berjumlah satu (tunggal). Hanya digunakan untuk kata benda (noun) tunggal merupakan salah satu ciri penggunaan kata 'A' dan 'An'. Nah, pada kesempatan kali ini  akan mencoba menjelaskan tentang kapan kita menggunakan kata 'A' dan 'An' dan kapan kita seharusnya tidak menggunakannya tentunya disertai dengan contoh. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Dalam suatu phrasa atau kalimat Bahasa Inggris Penggunaan 'A' dan 'An' dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penggunaan “A” dan “An” dalam Kalimat Bahasa Inggris

A. Pengertian 'A' dan 'An'

Dalam bahasa Inggris 'A' dan 'An' termasuk kedalam Indefinite Article, indefinite berarti tidak tentu, belum jelas, sedangkan article berarti kata sandang. 'A' dan 'An' sebagai indefinite article bisa diartikan sebagai kata sandang yang digunakan pada kata benda tunggal yang belum tentu atau belum jelas. Perhatikan kedua contoh berikut:
  • I need a pen and a book to write.
  • The pen and the book on the table are mine.

‘A pen’ dan ‘a book’ pada contoh pertama merupakan contoh penggunaan indefinite article 'A' dan 'An'. Pada contoh tersebut ‘a pen’ dan ‘a book’ masih belum jelas pulpen atau buku yang mana, milik siapa, dan yang berada dimana. Karena ketidak tentuan dan kebelum jelasan pulpen atau buku tersebut, indefinite article “A” dan “An” pun digunakana.

Bandingkan dengan ‘the pen’ dan ‘the book’ pada contoh kedua. ‘The pen’ dan ‘the book’ pada contoh kedua merujuk pada kata benda yaitu pulpen atau buku yang sudah tentu dan sudah jelas baik keberadaan dan kepemilikannya. ‘The pen’ dan ‘the book’ pada contoh kedua merujuk pada pulpen dan buku yang berada di atas meja dan merupakan milik dari saya.

BACA JUGA:
  1. Penggunaan 'The'
  2. Jenis-jenis Noun (Kata Benda)

B. Kapan Menggunakan 'A' dan 'An'

1. 'A' digunakan di depan kata benda yang bisa dihitung (countable noun) yang diawali dengan huruf konsonan dan huruf vokal yang berbunyi konsonan, misalnya: a book, a girl, a man, a car, a pen, a boy, a knife, a woman, a university, etc. ‘Book’ merupakan kata benda yang diawali dengan huruf konsonan (huruf mati) yaitu ‘B’, oleh karena itu 'A' digunakan. Sedangkan kata ‘university’ merupakan kata benda yang diawali dengan huruf vokal (huruf hidup) yaitu ‘U’ tetapi berbunyi konsonan yaitu ‘Ju:nivesiti’, oleh karena itu 'A' digunakan.

2. 'An' digunakan di depan kata benda yang bisa dihitung (countable noun) yang diawali dengan huruf vocal dan huruf konsonan yang berbunyi vokal, misalnya: an apple, an umbrella, an avocado, an actor, an island, an elephant, an onion, an hour, etc. ‘Apple’ merupakan kata benda yang diawali dengan huruf vokal (huruf hidup) yaitu ‘A’, oleh karena itu 'An' digunakan. Sedangkan kata ‘hour’ merupakan kata benda dengan huruf konsonan (huruf mati) yaitu ‘H’ tetapi berbunyi vokal yaitu ‘auer’, oleh karena itu'An' digunakan.

3. 'A' atau 'An' digunakan di depan kata benda tunggal yang tidak merujuk pada orang atau benda tertenu. Misalnya:
  • I met a girl yesterday.
  • We live in an apartment.

4. 'A' atau 'An' digunakan untuk orang atau benda yang belum jelas orang atau benda mana yang dimaksud. Misalnya:
  • I met a Japanese girl yesterday. (Seorang gadis Jepang, tapi tidak jelas gadis Jepang yang mana)
  • We need to take a bus to get there. (Sebuah bus, tapi belum jelas bus yang mana)

5. 'A' atau 'An' digunakan untuk menyatakan harga, kecepatan, dan rasio. Misalnya:
  • Oranges are Rp. 10.000 a kilo.
  • He can run ten miles an hour.
  • I go to school five times a week.

C. Kapan Tidak Menggunakan 'A' dan 'An'

1. 'A' atau 'An' tidak digunakan di depan kata benda yang tidak bisa dihitung (uncountable noun) seperti water, wine, ink, sugar, tea, sands, dll. Misalnya:
  • I need water. Bukan I need a water.
  • I want to buy sugar. Bukan I want to buy a sugar.

2. 'A' atau 'An' tidak digunakan di depan kata benda jamak (berjumlah lebih dari satu/banyak). Misalnya:
  • I need bananas. Bukan I need a bananas.
  • I want to buy oranges. Bukan I want to buy an oranges.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Grammar di atas tentang Penggunaan 'A' dan 'An' dalam Bahasa Inggris, semoga bisa bermanfaat dan . Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari tulisan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa untuk like dan share ke teman-teman lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel