Diskusi (Pengertian, Syarat, Manfaat, Perangkat)
Monday, May 2, 2016
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi bahasa indonesia tentang diskusi meliputi pengertian, syarat tercapainya diskusi, manfaat, dan perangkatdalam diskusi.
Diskusi
1. Pengertian Diskusi
Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.
2. Syarat tercapainya diskusi
Diskusi akan tercapai apabila:
a. ada anggota kelompok yang terlibat dalam dikusi,
b. topik yang akan dibicarakan,
c. interaksi,
d. tujuan bersama yang hendak dicapai,
e. berlangsung secara sistematis.
3. Manfaat Dikusi
Selain mendapatkan pemecahan masalah yang dihadapi, juga mempunyai manfaat sebagai berikut:
a. menumbuhkan sikap demokratis,
b. menumbuhkan kebiasaan kerjasama,
c. meningkatkan kualitas moral,
d. membiasakan berfikir kritis dan terbuka,
e. meningkatkan kemampuan berkomunikai dalam bahasa lisan.
4. Perangkat Diskusi
Adapun perangkat dalam diskusi adalah sebagai berikut:
1. Moderator (Pemimpin Diskusi), tugas dan fungsinya :
- Berunding dengan peserta mengenai masalah yang akan di diskusikan maupun tatacara
berdiskusi,
- Menyiapkan rangkuman pokok masalah yang akan didiskusikan,
- Membuka diskusi,
- Mengatur jalannya diskusi secara adil,
- Membuat rangkuman dan menyimpulkan hasil diskusi,
- Menutup diskusi,
berdiskusi,
- Menyiapkan rangkuman pokok masalah yang akan didiskusikan,
- Membuka diskusi,
- Mengatur jalannya diskusi secara adil,
- Membuat rangkuman dan menyimpulkan hasil diskusi,
- Menutup diskusi,
2. Panelis (Narasumber), tugas dan fungsinya :
- Menyiapkan dan menguraikan bahan atau materi yang akan didiskusikan,
- Menyampaikan materi yang telah disiapkan kepada peserta diskusi,
- Menjawab tanggapan-tanggapan para peserta berkenaan dengan materi diskusi yang telah
disampaikan.
- Menyampaikan materi yang telah disiapkan kepada peserta diskusi,
- Menjawab tanggapan-tanggapan para peserta berkenaan dengan materi diskusi yang telah
disampaikan.
3. Notulis (Skretaris), tugas dan fungsinya :
- Mencatat hal-hal penting selama jalannya diskusi, misalnya yang berkaitan dengan pendapat, usulan, dan keputusan hasil diskusi.
4. Peserta Diskusi, tugas dan fungsinya :
- Mempersiapkan materi yang berkenaan dengan masalah yang didiskusikan sebelum diskusi berlangsung,
- Ikut serta dalam pembicaraan dengan semangat kerjasama dan rasa persaudaraan yang tinggi,
- Bertanggung jawab terhadap proses dan hasil diskusi.
5. Mengajukan Pertanyaan dalam Diskusi
- Ikut serta dalam pembicaraan dengan semangat kerjasama dan rasa persaudaraan yang tinggi,
- Bertanggung jawab terhadap proses dan hasil diskusi.
5. Mengajukan Pertanyaan dalam Diskusi
Dalam mengajukan pertanyaan dalam diskusi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, diantaranya:
a. Disampaikan penanya setelah mendapat kesempatan dari moderator;
b. Diajukan secara singkat dan jelas;
c. Diberi acuan yang jelas sehingga penyaji dapat menjawab secara tepat;
d. Mempunyai fokus yang jelas dan tidak mempunyai pengertian yang ganda;
e. Jika lebih dari satu pertanyaan, hendaknya disampaikan secara urut dan logis.
Dalam mengajukan pertanyaan, ada tiga unsur yang harus terdapat dalam pertanyaan yang kita ajukan. Untuk mengetahuinya, perhatikan di bawah ini!
Pertanyaan = (Pengantar Pertanyaan) + (Pendapat) + (Fokus Pertanyaan)
Contoh:
“Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia, Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan, Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan untuk mengatasi hal tersebut?”
Analisis:
a. Pengantar : Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia,
b. Pendapat : Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan,
c. Pertanyaan : Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan
untuk mengatasi hal tersebut?
a. Disampaikan penanya setelah mendapat kesempatan dari moderator;
b. Diajukan secara singkat dan jelas;
c. Diberi acuan yang jelas sehingga penyaji dapat menjawab secara tepat;
d. Mempunyai fokus yang jelas dan tidak mempunyai pengertian yang ganda;
e. Jika lebih dari satu pertanyaan, hendaknya disampaikan secara urut dan logis.
Dalam mengajukan pertanyaan, ada tiga unsur yang harus terdapat dalam pertanyaan yang kita ajukan. Untuk mengetahuinya, perhatikan di bawah ini!
Pertanyaan = (Pengantar Pertanyaan) + (Pendapat) + (Fokus Pertanyaan)
Contoh:
“Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia, Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan, Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan untuk mengatasi hal tersebut?”
Analisis:
a. Pengantar : Ujian Nasional masih menjadi permasalahan di Indonesia,
b. Pendapat : Menurut saya hal ini masih perlu kita perhatikan,
c. Pertanyaan : Lantas bagaimana pendapat Bapak sebagai Menteri Pendidikan
untuk mengatasi hal tersebut?
Contoh Soal:
1. Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli
mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu disebut….
a. Diskusi Panel c. Lokakarya
b. Diskusi Kelompok d. Simposium
Jawaban: D
Pembahasan:
a. Diskusi panel adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
b. Diskusi kelompok adalah diskusi yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil.
c. Lokakarya atau yang sering disebut dengan sanggar kerja adalah pertemuan yang membahas suatu karya.
d. Simposium adalah Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
2. Berikut ini yang termasuk istilah dalam diskusi yang berarti anjuran atau pendapat yang dikemukakan di depan rapat adalah….
a. Interupsi c. Usul
b. Saran d. Opini
Jawaban: C
Pembahasan:
Menurut Ahmad A.K. Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa:
a. Interupsi ialah potongan pembicaraan, pidato, dan sebagainya.
b. Saran ialah nasihat, pendapat atau usulan yang baik dan perlu sebagai pertimbangan atau arahan.
c. Usul ialah anjuran atau pendapat yang dikemukakan di depan rapat.
d. Opini ialah pandangan seseorang terhadap suatu masalah.
Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Dalam diskusi, kita mengenal adanya moderator. Tugas dari seorang moderator adalah, kecuali….
a. Berunding dengan peserta mengenai masalah yang
akan di diskusikan maupun tatacara berdiskusi,
b. Menyiapkan rangkuman pokok masalah yang akan
didiskusikan,
c. Menegur, memilih dan mengeluarkan peserta diskusi
yang ribut.
d. Membuka dan menutup sebuah diskusi.
2. Kalimat yang tepat untuk menolak gagasan seorang penyaji adalah….
a. Saya kira pendapat Saudara cukup baik, tapi dananya dari siapa?
b. Saya kurang setuju, pendapat itu terlalu susah dilaksanakan.
c. Saya setuju asal semua setuju.
d. Pendapat Saudara bagus, tapi tidak dapat dilakukan.
3. Kalimat yang tidak dapat digunakan sebagai penghalus dalam menolak pendapat adalah….
a. Pernyataanmu tidak logis…….
b. Masalah itu perlu ditinjau kembali …….
c. Hal yang dikemukakan itu dapat diterima asalkan….
d. Maaf, pendapat itu belum sesuai dengan pokok diskusi…
4. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan
tanggapan. kecuali …..
a. Tanggapan harus sesuai dengan masalah
b. Tanggapan disertai dengan alasan logis.
c. Tanggapan disesuaikan pemahaman individualis.
d. Tanggapan disampaikan dengan komunikatif.
5. Kalimat yang tepat untuk menanggapi gagasan penyaji makalah dalam sebuah diskusi adalah….
a. “Saudara moderator, alasan yang dikemukakan Saudara
penyaji tadi perlu ditinjau kembali,”
b. “Saudara moderator, saya sangat setuju dengan apa
yang dikemukakan Saudara penyaji.”
c. “Saya tidak sependapat dengan saudara penyaji,”
d. “Marilah hal ini kita rundingkan bersama-sama.”
6. Syarat terlaksananya suatu diskusi, kecuali…
a. adanya jadwal rutin diskusi
b. adanya peserta diskusi
c. adanya masalah yang dibicarakan
d. adanya tujuan yang jelas
7. Yang bukan termasuk hal untuk menentukan masalah dalam diskusi adalah….
a. menarik para peserta
b. mengandung tingkat kerumitan bagi peserta
c. memiliki kejelasan
d. sesuai dengan kapasitas pengetahuan peserta
8. Orde baru tumbang, Namun hal ini ternyata tidak sertamerta menunjukan bahwa kebenaran telah datang. Reformasi yang bergerak dari nurani murni mahasiswa dengan cepat mengalami pergeseran makna dan fungsi. Tiba di tangan elit politik dan penguasa baru, refolusi menjadi jargon politik. Maknanya pun aus. Semakin lama kata itu semakin kehilangan darah.
Masalah diskusi yang relevan dengan cuplikan wacana di atas adalah….
a. Dukungan elit politik mulai lesu terhadap semangat reformasi mahasiswa.
b. Kegagalan reformasi di tengah elit politik dan para mahasiswa.
c. Kekuasaan Orde baru berhsil ditentang oleh demontrasi mahasiswa.
d. Reformasi dari nurani mahasiswa bergeser maknanya menjadi jargon elit politik.
9. Kalimat untuk menyampaikan pertanyaan yang kompleks dari penggalan wacana nomor 8 adalah….
a. Tiba ditangan elit politik dan penguasa baru, revolusi menjadi jargon politik. Menurut saya ini adalah hal yang menarik diketahui latar belakangnya. Jadi, dapatkan Saudara penyaji menjelaskan darimana hal tersebut bisa terjadi?
b. Mengapa orde baru bisa tumbang karena adanya reformasi? Tolong Saudara penyaji beritahukan kepada kami, agar kami tidak salah persepsi!
c. Benarkah reformasi yang bergerak dari nurani murni mahasiswa dengan cepat mengalami pergeseran makna dan fungsi?, sertakan alasan Anda!
d. Saudara penyaji, dapatkah anda menjelaskan pendapat anda tentang Semakin lama kata itu semakin kehilangan darah.
10.Berikut ini yang bukan termasuk ucapan dari moderator adalah…
a. “Demikianlah pemaparan materi yang telah disampaikan oleh Narasumber, ini berarti kita akan memulai untuk masuk ke bagian tanya jawab.”
b. “Menyikapi permasalahan yang Bapak ajukan, menurut pendapat saya. Ini merupakan solusi yang kurang pas untuk digunakan. Hal ini dikarenakan minimnya dana yang ada di sekolah ini.”
c. “Demikianlah diskusi yang bertema Waspada Wabah Demam berdarah ini kita laksanakan. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi peserta diskusi.”
d. “Baiklah, tiga pertanyaan sudah kami peroleh dari peserta diskusi. Untuk menyingkat waktu saya perkenankan Narasumber itu menjawabnya.”
Esay
1. Tuliskan pengertian diskusi sebanyak dua definisi (1 definisi dari sumber buku/ pakar, 1 definisi dengan kalimatmu sendiri)!
2. Jelaskan manfaat dari diskusi itu?
3. Sebutkan dan jelaskan petugas yang terlibat dalam diskusi dan jelaskan tugasnya!
4. Buatlah tiga buah kalimat pembuka diskusi, jika kamu ditunjuk untuk menjadi moderator!
5. Buatlah tiga buah kalimat pertanyaan yang akan kamu ajukan dalam sebuah diskusi
yang bertema “Pendidikan di Indonesia”!
1. Tuliskan pengertian diskusi sebanyak dua definisi (1 definisi dari sumber buku/ pakar, 1 definisi dengan kalimatmu sendiri)!
2. Jelaskan manfaat dari diskusi itu?
3. Sebutkan dan jelaskan petugas yang terlibat dalam diskusi dan jelaskan tugasnya!
4. Buatlah tiga buah kalimat pembuka diskusi, jika kamu ditunjuk untuk menjadi moderator!
5. Buatlah tiga buah kalimat pertanyaan yang akan kamu ajukan dalam sebuah diskusi
yang bertema “Pendidikan di Indonesia”!
Demikian materi bahasa indonesia tentang diskusi meliputi pengertian, syarat tercapainya diskusi, manfaat, dan pelaksana dalam diskusi. Semoga bermanfaat...
Sumber https://www.artikelmateri.com/