Petunjuk Teknis / Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Ajaran 2016/2017

Dalam rangka pelaksanaan misi pendidikan Islam Tahun 2015-2019 Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menetapkan program pembangunan dan pengembangan

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia sebagai model pendidikan madrasah nasional yang istimewa berdasarkan pasal 134 Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, berwawasan Islam rahmatan lil ‘alamin, berkualitas, dan berkarakter kebangsaan Indonesia.

Salah satu kegiatan rutin dan penting dilakukan dalam pembangunan dan pengembangan MAN Insan Cendekia adalah proses penerimaan peserta didik (PPDB) untuk menjaring peserta didik yang berpotensi. Penyelenggaraan penerimaan peserta didik (PPDB) MAN Insan Cendekia dilakukan secara nasional dan bertujuan memberikan akses kepada generasi bangsa lulusan SMP/MTs Negeri dan Swasta untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berdaya saing.

Beberapa indikator yang digunakan dalam PPDB MAN IC yaitu potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik serta tes akademik yang meliputi tes bidang studi: Matematika, IPA/IPS, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Kuota peserta didik MAN Insan Cendekia yang berjumlah 17 lembaga pendidikan pada PPDB tahun ini adalah para peserta didik lulusan MTs/SMP Negeri dan Swasta sebanyak 1728 peserta didik. Tahap persiapan, proses pendaftaran, seleksi dan pendaftaran ulang pada PPDB MAN Insan Cendekia dalam Juknis ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Petunjuk Teknis ini diharapkan dapat menjadi acuan, dasar dan guidance bagi seluruh pelaksana PPDB MAN Insan Cendekia dalam menyelenggarakan PPDB yang selektif, berkualitas dan akuntabel. Untuk itu, kepada seluruh pelaksana PPDB MAN Insan Cendekia agar memahami dan memperhatikan serta mempedomani Petunjuk Teknis PPDB MAN Insan Cendekia ini dengan sebaik-baiknya. (Jakarta, 22 Februari 2016 : Direktur Jenderal Pendidikan Islam : Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA.)

Download selengkapnya Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia, silahkan klik di tautan berikut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel