Macam-macam Jenis Gerakan Pada Lompat Tinggi dan Lompat Jauh

Lompat yang sering dilombakan adalah lompat tinggi dan lompat jauh. Keduanya memiliki perbedaan. Lompat tinggi dapat menghasilkan lompatan setinggi-tingginya. 

Adapun lompat jauh akan menghasilkan lompatan sejauh-jauhnya.

Atletik adalah event asli dari Olimpiade pertama di tahun 776 sebelum Masehi dimana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Ada beberapa perlombaan yang digelar selama era klasik Eropa:

•  Panhellenik Games

    The Pythian Games (dimulai 6 sebelum Masehi) digelar di Argolid setiap dua tahun.
    The Isthmian Games (dimulai 523 sebelum Masehi) digelar di Isthmus dari Corinth setiap dua tahun.

•  The Roman Games

Berasal dari akar Yunani murni. Roman Games memakai perlombaan lari dan melempar. Bukannya berlomba kereta kuda dan bergulat seperti di Yunani, olahraga Etruscan memakai pertempuran galiatoral, yang juga sama-sama 527 sebelum Masehi digelar di Delphi tiap empat tahun.

Masyarakat lain yang menggemari kontes atletik, yaitu bangsa Kelt, Teutonik, dan Goth. Namun, olahraga ini sering dihubungkan dengan pelatihan tempur. Di masa abad pertengahan anak seorang bangsawan akan dilatih dalam berlari, bertarung dan bergulat, serta tambahan berkuda, memanah dan pelatihan senjata.

a. Lompat Tinggi


Lompat tinggi memiliki beberapa gaya, yaitu gaya flop, gaya perut, dan gaya gunting. Teknik dasar lompat tinggi meliputi 4 macam. Berikut adalah teknik dasar dalam lompat tinggi.

1) Awalan

Awalan dilakukan dengan mengambil langkah panjang. Jarak awalan dilakukan kira-kira 7 sampai 9 langkah.

2) Menumpu

Gerak menumpu dilakukan dengan kaki terkuat. Saat melakukan gerakan ini, kaki tumpuan sedikit ditekuk. Gerak badan condong ke belakang. Dilanjutkan dengan gerak menolak dengan ayunan kaki yang lain. Perlu kamu perhatikan, tempat menumpu hanya berjarak satu lengan dari mistar.

3) Melompat

Melompat dilakukan dengan gaya tertentu. Gerak gaya gunting dilakukan saat melewati mistar.

4) Mendarat

Mendarat dilakukan di tempat khusus. Tempat melakukan pendaratan adalah matras. Matras dapat diganti dengan pasir.

b. Lompat Jauh

Lompat jauh juga memiliki beberapa gaya lompatan. Gaya-gaya dalam lompat jauh di antaranya adalah gaya jongkok, gaya berjalan di udara, dan gaya menggantung. Teknik dasar lompat jauh meliputi awalan, tolakan, melayang di udara, dan mendarat.

1) Awalan

Awalan dilakukan dengan berlari lambat. Kecepatan semakin dipercepat saat mendekati tempat tolakan.

2) Tolakan

Menolak dilakukan ke arah depan. Tolakan dilakukan dengan kaki terkuat.

3) Melayang di udara

Gerakan melayang di udara diikuti dengan gerakan kaki. Kaki tumpu digerakkan, hingga sejajar kaki yang lain. Posisi di udara menyerupai sikap jongkok.

4) Mendarat

Sikap mendarat yang baik dilakukan dengan kedua kaki. Kaki mendarat secara bersamaan dengan lutut menekuk. Permainan bola besar banyak macamnya. Contoh permainan bola besar antara lain sepak bola, bola voli, dan bola basket. Kali ini kita akan membahas sepak bola dan bola voli. 


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel